5 Kasus Hukum yang Menghebohkan Indonesia

5 Kasus Hukum yang Menghebohkan Indonesia

31567
BERBAGI
5 Kasus Hukum
5 Kasus Hukum

KotakNews.com – Sejak berdiri tahun 1945, Indonesia adalah negara yang berasaskan pada hukum. Dengan dasar Pancasila, berbagai hukum dikembangkan sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. Seluruh hukum yang mengatur jalannya pemerintahan di Indonesia ini kemudian dituangkan dalam sebuah Undang- Undang Dasar.

Undang- undang dasar tersebut menjadi patokan hukum bagi seluruh warga Indonesia. Dengan adanya hukum- hukum tersebut, diharapkan wargaIndonesia menjadi taat hukum dan Indonesia dapat menjadi negara yang aman. Namun sayang, banyak orang yang tidak bertanggung jawab berusaha menembus hukum tersebut dan merugikan banyak orang dengan perbuatannya.

Ada banyak sekali kaasus hukum di negara kita, mulai dari masa jabatan presiden 1 Indonesia sampai yang terakhir. Adanya peraturan dan hukum diharapkan dapat mengatur masyarakat Indonesia menjadi lebih baik, namun sayangnya semakin hari banyak orang yang semakin tidak peduli dengan keberadaan hukum di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya berbagai kasus kriminal, mulai dari pembunuhan sampai korupsi yang telah merugikan negara sampai trilyunan rupiah.

Kasus- kasus hukum yang terjadi ini seolah memperlihatkan betapa buruknya mental bangsa Indonesia. Tidak sedikit dari kasus- kasus ini yang melibatkan ketidakadilan dan penindasan bagi yang lemah. tidak hanya itu, aparat- aparat penegak hukum yang seharusnya menegakkan hukum di Indonesia terkadang menjadi tidak adil karena ada pihak tertentu yang “menyogok”, sehingga pihak yang harusnya benar menjadi salah, begitupun sebaliknya.

Dari sekian banyak kasus yang ada, ada 5 kasus yang bisa dibilang cukup menghebohkan seluruh masyarakat Indonesia. Apa saja kasus- kasus tersebut? Ini dia ulasannya:

  1. Kasus Nenek Minah

kasus ini bermula saat seorang nenek bernama Minah mengambil 3 buah kakao (cokelat) dari perkebunan milik sebuah perusahaan. Ia pun kemudian divonis penjara selama 1 bulan 15 hari karena hal ini. persidangan pun berjalan dengan penuh haru, karena banyak pihak yang tidak tega melihat nasib sang nenek.

  1. Kasus Prita
Simak Juga :  Bambang Widjojanto Kembali Ajukan Gugatan Praperadilan Ke Kapolri

masih ingatkah Anda dengan Prita Mulyasari? Ya, ia adalah wanita korban malpraktek yang dilakukan oleh sebuah rumah sakit di Jakarta. Ia kemudian melaporkan kasusnya itu ke pihak berwajib, namun pihak rumah sakit menggugat balik dengan alasan pencemaran nama baik. Iapun divonis 6 bulan penjara karenanya. Awalnya, majelis PN Tangerang sempat membatalkan vonis karena tidak adabukti dari pihak RS, namun sampai di MA, kasasi malah dikabulkan dan Prita mendapat hukuman kurungan tersebut. Sampai saat ini, kasus masih dimohonkan upaya hukum luar biasa.

  1. Kasus Chaerul Saleh

Chaerul adalah seorang pemulung yang bermukim di daerah Jakarta. Ia divonis penjara karena kedapatan membawa ganja seberat 1,6 gram. Ternyata, ganja itu adalah milik beberapa oknum polisi dan ia dipaksa mengakui bahwa itu miliknya. Akhirnya pada 2010 ia divonis bebas setelah kebohongan oknum- oknum tersebut terungkap.

  1. Kasus Mantri Tenggarong

Seorang mantri dari desa Misran, Tenggarong, diberi pidana penjara 3 bulan karena menolong seseorang. Tetapi beberapa orang menganggapnya salah karena ia bukan dokter. Pidana itu akhirnya dicabut setelah 8 mantri mengajukan gugatan mereka ke PN karena merasa dikriminalisasikan. Setelah gugatan dikabulkan, akhirnya seluruh mantri di Tenggarong dan Indonesia dapat ikut melayani masyarakat dan melakukan pengobatan.

  1. Kasus Susu Formula

Beberapa waktu lalu merebak isu bahwa sebagian merk susu formula mengandung materi. Pengadilan meminta Menkes membocorkan merk- merk susu tersebut kepada masyarakat, namun Menkes tidak mau membocorkannya, padahal sudah ada yang menggugat. Sampai sekarang pun kasus ini tidak selesai dan masyarakat masih tidak tahu apa saja susu formula berbakteri tersebut.

BERBAGI
Seorang wiraswasta sekaligus juru ketik yang mencintai teknologi. Disarankan untuk mencari jodoh secepat mungkin.