Anti Macet, Seperti Ini Konsep Kendaraan dan Angkutan Umum di Masa Depan

Anti Macet, Seperti Ini Konsep Kendaraan dan Angkutan Umum di Masa Depan

168
BERBAGI
Kendaraan Modern Masa Depan

KotakNews.com – Konsep Kendaraan dan Angkutan Umum di Masa Depan, Anda yang tinggal di ibukota seperti Jakarta pasti sudah tidak asing lagi dengan kondisi jalanan yang serba padat dan macet. Tidak mengherankan karena Jakarta memang menjadi kota terbesar di Indonesia dengan total jumlah penduduk sekitar 28 juta jiwa (Sumber: Wikipedia). Saat warga di kota lain masih santai dan asyik menyeruput hangatnya teh di pagi hari, kebanyakan warga Jakarta malah sudah berangkat kerja dan memulai aktivitas agar terhindar dari macet.

Adanya konsep harga mobil murah Low Cost Green Car (LCGC) serta mudahnya membeli kendaraan seperti sepeda motor menambah sesak jalanan ibukota. Pemerintah setempat sebenarnya sudah mencoba menangani masalah kemacetan di Jakarta dengan membangun proyek moda transportasi MRT, kereta cepat, hingga menambah jalan layang, namun tetap saja Jakarta masih terasa padat. Proyek MRT sendiri hingga sampai saat ini masih dalam tahap proses pengerjaan dan sebagian memakan jalan sehingga sampai moda transportasi ini belum rampung, pengerjaan MRT malah menambah buruknya kondisi jalanan di Jakarta.

Namun ada yang unik ketika redaksi kami berselancar ria di sosial media Facebook. Tidak sengaja kami melihat sebuah akun Facebook milik Ahmad SamIjo Sam membagikan sebuah postingan penggalan video milik Dahir Insaat dimana video tersebut menampilkan konsep kendaraan dan angkutan umum pada era modern di masa depan. Bentuk kendaraan ini pun tergolong unik dimana untuk mengatasi kemacetan, kendaraan maupun angkutan menggunakan model roda yang fleksibel.

Ketika jalanan lancar, seperti normalnya kendaraan yang menggunakan 4 roda, namun ketika kondisi jalanan padat atau macet, ke-4 roda kecil tadi akan naik dan digantikan oleh 2 roda sejajar yang berada ditengah. Ini memungkinkan kendaraan melaju di garis tengah batas antara 2 jalur kendaraan dengan arah berlawanan. Uniknya seperti yang kami katakan diatas, roda-roda kecil tersebut menopang bodi kendaraan yang tergolong besar dengan sejumlah penumpang diatasnya.

Simak Juga :  Banjir Kritik Untuk Wasit Kontroversial Fu Ming Pada Laga Vietnam vs Indonesia

Pada awal video, Anda akan melihat kendaraan berwarna merah dengan konsep yang seperti diceritakan diatas. Kendaraan tersebut ternyata merupakan kendaraan pemadam kebakaran. Dengan kondisi jalanan macet, kendaraan berwarna merah tersebut dengan nyaman dan lancar menuju lokasi kebakaran. Melihat kondisi Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia, konsep kendaraan seperti ini memang sangat dibutuhkan agar dapat segera menangani kebakaran dan mengurangi jumlah kerugian para korban.

Ada juga pada bagian tengah hingga akhir video menampilkan konsep kendaraan modern lainnya di masa depan. Sekilas konsep angkutan umum ini mengingatkan kita pada pesawat alien di film besutan Marvel, Avengers. Namun di video itu bukan bermaksud untuk menyerang kota, namun kendaraan tersebut merupakan moda transportasi angkutan umum layaknya bus kota. Namun dengan konsep ‘kaki-kaki’ yang sama dengan kendaraan pemadam kebakaran tadi.

Dengan bodi yang sangat besar, terlihat kendaraan-kendaraan tersebut mampu memuat banyak penumpang tanpa perlu takut telat sampai di tempat tujuan. Dan ada juga kendaraan dengan desain interior yang cukup eksklusif serta penataan ruang yang elegan. Kendaraan dengan desain interior yang eksklusif tersebut mungkin merupakan untuk kelas bisnis atau eksekutif.

Biar tidak semakin penasaran, yuk cek video konsep kendaraan dan angkutan umum modern di masa depan dibawah ini.

Dikirim oleh Ahmad Samljo Sam pada 18 Agustus 2017