Apple Raup Pendapatan Rp 40 Triliun Hanya dari App Store Pada Desember...

Apple Raup Pendapatan Rp 40 Triliun Hanya dari App Store Pada Desember 2016

253
BERBAGI
Apple Raup Pendapatan Rp 40 Triliun Hanya dari App Store Pada Desember 2016

KotakNews.com – Apple Raup Pendapatan Rp 40 Triliun Hanya dari App Store Pada Desember 2016, Apple patut berbangga hati karena menutup akhir tahun 2016 dengan meraup keuntungan besar. Bukan dari hasil penjualan smartphone iPhone 7 yang mereka rilis menjelang akhir tahun 2016 kemarin. Melainkan dari hasil penjualan aplikasi di App Store yang membuat Apple meraih penghasilan memuaskan untuk menutup tahun 2016.

Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple, Philip Schiller, mengungkapkan jika hanya pada bulan Desember 2016, Apple berhasil meraup keuntungan sebesar $3 miliar atau sekitar Rp 40 triliun. Bukan kali ini saja App Store menorehkan hasil memuaskan, karena pada awal Januari 2016 lalu Apple mencatatkan rekor penjualan fantastis sebesar $1,1 miliar ‘hanya’ dari penjualan aplikasi (In-App Purchases) pada App Store hanya dalam kurun waktu dua minggu yaitu pada musim liburan Natal 2015 hingga Tahun Baru 2016.

Tidak mengherankan mengapa App Store bisa menjadi salah satu sumber penghasilan terbesar Apple. Tercatat sebanyak kurang lebih 2 miliar aplikasi ada pada layanan App Store.

Tidak hanya di penghujung tahun 2016 saja App Store menambah pendapatan Apple dengan nominal yang super fantastis. Pada awal tahun 2015, App Store juga mencatatkan rekor fenomenal dengan meraih pendapatan sebesar $500 juta atau sekitar Rp 6,3 triliun hanya dalam waktu satu minggu dan ini juga terjadi pada minggu pertama bulan Januari 2015. Dan kali ini, Philip Schiller kembali dengan bangga mengumumkan jika selama tahun 2016 Apple berhasil meraup pendapatan total dari hasil penjualan aplikasi di App Store sebanyak $8,57 miliar. Woow!

Dari total pendapatan sebesar itu, aplikasi game menjadi menjadi penyumbang terbesar yang menjadi sumber pendapatan App Store hingga mampu ‘membantu’ Apple menjadi salah satu perusahaan terkaya di dunia. Lalu diantara game tersebut, game paling populer App Store mana yang paling banyak diunduh oleh pengguna? Mungkin kebanyakan dari Anda sudah mengetahuinya. Game Pokemon Go menjadi aplikasi game terpopuler sepanjang tahun 2016.

Simak Juga :  Rencana Pemerintah Membangun Kawasan Industri di Lampung

Keberhasilan App Store milik Apple ini juga berhasil menggusur posisi bisnis perfilman Hollywood yang diklaim mampu menghasilkan perputaran uang jutaan dollar per harinya. Hal ini sebenarnya telah terjadi sejak awal tahun 2015 dimana sebuah studi yang dilakukan oleh Asymco membeberkan fakta jika hasil dari penjualan aplikasi di App Store mampu menghasilkan nominal pendapatan yang lebih tinggi ketimbang pusat bisnis perfilman dunia tersebut.

Pendapatan App Store berdasarkan studi Asymco
(Foto: Asymco.com)

App Store memang bisa menjadi sumber penghidupan Apple dikala smartphone iPhone terbaru mereka, iPhone 7, dan beberapa gadget lain mereka cukup meredup dipasaran. Tapi yang belum banyak diketahui oleh publik adalah ternyata dari hasil penjualan aplikasi di App Store, Apple ternyata ‘hanya’ mengambil 30% bagiannya dan sisanya untuk developer atau si pembuat aplikasi. Dan pada tahun 2016 kemarin, total pembagian hasil Apple dengan para developer aplikasi tercatat mencapai $20 miliar.