Australia Hina Pancasila, Indonesia Harus Bergerak

Australia Hina Pancasila, Indonesia Harus Bergerak

267
BERBAGI
australia hina pancasila, ideologi indonesia, australian defense force, pancasila

KotakNews.comAustralia Hina Pancasila, Indonesia Harus Bergerak, Baru – baru ini, Indonesia di buat geram dengan sikap anggota Australian Defense Force (ADF) yang berani melecehkan dasar negara Indonesia yaitu Pancasila. Menteri pertahanan negara Indonesia Ryamizard Ryacudu tersebut mengakui hal tersebut dan telah meminta ADF memberikan sanksi tegas terhadap salah satu anggotanya.

Kabar tentang dugaan penghinaan Pancasila di dapatkan berdasarkan laporan pelatih dari Korps Pasukan Khusus (Kopassus) yang saat itu tengah mengajar di sekolah pasukan khusus Australia. Menurut laporan dari pelatih dari Kopassus, ada dua insiden pelecehan terhadap Indonesia di pusat pendidikan khusus Australia.

Yang pertama yaitu Pancasila di plesetkan menjadi Pancagila yang berarti “lima prinsip gila”, sedangkan yang kedua adalah pendiskreditan peran  Sarwo Edhie dalam gerakan 30 September PKI. Dengan adanya insiden ini, TNI akan menghentikan seluruh kerja sama dan latihan militer negara “Kangguru” untuk sementara waktu untuk menunggu investigasi.

Di kutip dari Merdeka.com, Kepala Pusat  Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Wuryanto membenarkan tentang penghentian sementara seluruh kerja sama dan latihan militer dengan negara Australia. “Bukan hanya latihan militer, tetapi seluruh kerja sama dengan Australia.” Ujar Mayjen Wuryanto. Penyebab penghentian ini adalah karena naik turunnya hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia.

Menteri Pertahanan Australia Marise Payne mengatakan telah menerima pemberitahuan tentang pemberhentian kerja sama dan latihan militer untuk sementara waktu. Marksekal Angkatan Udara (AU) Australia Mark Binskin, sudah mengirimkan surat permohonan maaf kepada Panglima TNI Gatot Nurmantyo terkait penghinaan atas dasar negara Indonesia, Pancasila.

Marsekal AU Australia Mark Binskin berjanji akan melakukan investigasi mengenai kasus tersebut. Mark Binskin juga dalam waktu dekat akan mengirimkan Chief Army Australia ke Indonesia untuk bertemu Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Simak Juga :  Bukan Cuma di SCBD Abraham Samad Juga Gelar Pertemuan Di Rumah Hendro Priyono

Menurut Guru besar hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana, tindakan pemberhentian sementara kerja sama dan latihan militer merupakan langkah yang tepat. Dengan adanya pemberhentian sementara, pihak ADF berjanji akan melakukan investigasi atas penghinaan ideologi negara Indonesia.