Banjir Kritik Untuk Wasit Kontroversial Fu Ming Pada Laga Vietnam vs Indonesia

Banjir Kritik Untuk Wasit Kontroversial Fu Ming Pada Laga Vietnam vs Indonesia

223
BERBAGI
Wasit Kontroversial Fu Ming pada laga Vietnam vs Indonesia
(Foto: JawaPos.com)

KotakNews.com – Banjir Kritik Untuk Wasit Kontroversial Fu Ming, Setelah melalui perjuangan berat pada leg kedua semifinal AFF Suzuki Cup 2016 melawan Vietnam pada hari Rabu (07/12/2016) tadi malam, Indonesia akhirnya memastikan diri lolos ke babak Final dengan hasil imbang 2-2. Indonesia unggul agregat 4-3 karena di leg pertama yang berlangsung di Stadion Pakansari, tim asuhan pelatih Alfred Riedl berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-1.

Meskipun berhasil melaju ke partai final, Indonesia harus menghadapi Vietnam dengan susah payah. Vietnam yang juga membutuhkan kemenangan untuk dapat melaju ke fase final bermain cukup agresif dan beberapa kali membuat jantung pertahanan Indonesia bekerja ekstra keras untuk membendung dobrakan dari para pemain Vietnam. Namun skor imbang 0-0 harus diterima kedua tim hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, suporter Vietnam yang membanjiri Stadion My Dinh dibuat terkejut dengan gol yang diciptakan oleh Stefano Lilypaly. Gol ini membuat agregat gol Indonesia menjadi cukup jauh dengan unggul 3-1. Meskipun berada diatas angin, mental para pemain Vietnam terlihat semakin naik. Ini terbukti dengan dua gol yang diciptakan oleh Vietnam yang membuat skor berbalik menjadi 2-1.

Memanfaatkan keunggulan jumlah pemain karena pemain Vietnam, Manh Tran, diganjar kartu merah oleh wasit asal Tiongkok, Fu Ming, Indonesia tampak tidak pantang menyerah. Hasilnya, pada perpanjangan waktu, Indonesia mencetak gol penyeimbang yang dilesakkan oleh Manahati Lestusen melalui titik penalti pada menit ke-97. Hasil imbang 2-2 ini sudah cukup untuk mengantarkan Indonesia ke partai puncak AFF Suzuki Cup 2016 dan akan melawan tim pemenang antara Thailand dan Myanmar.

Laga mendebarkan antara Vietnam dan Indonesia pada Rabu malam tersebut juga memunculkan sebuah sosok yang menjadi sorotan pada pertandingan tersebut. Adalah wasit Fu Ming yang menjadi bahan sorotan publik. Keputusan kontroversial wasit Fu Ming asal Tiongkok ini membuat dirinya mendapat banjir kritik.

Simak Juga :  Hasil Pertandingan MotoGP di Jerez Spanyol

Pelatih Indonesia, Alfred Riedl, yang memimpin anak asuhnya berlaga tersebut juga mengutarakan kekecewaannya atas kepemimpinan wasit Fu Ming. Riedl mengatakan jika wasit pada malam itu tidak melakoni pekerjaannya dengan baik. Komentar Riedl ini merujuk pada dibatalkannya penalti yang seharusnya didapat Indonesia setelah Rizky Pora mendapat dorongan dari pemain belakang Vietnam, Ngoc Hai, di kotak penalti Vietnam. Sempat menunjuk titik putih, entah mengapa Fu Ming meralat kembali keputusannya.

Tidak hanya Alfred Riedl yang menyorot kinerja wasit dan memberikan kritikannya, para suporter, pemain, hingga official kedua tim juga turut memberikan kritik kepada wasit yang ternyata pernah mendapat protes keras dari para suporter Thailand. Saat itu Fu Ming dianggap memberi kerugian kepada Thailand karena memberi hadiah penalti yang seharusnya tidak terjadi kepada Arab Saudi kala Thailand berlaga melawan Arab Saudi dalam ajang kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia pada tanggal 02 September 2016 lalu di kandang Arab Saudi.

Ikuti terus perkembangan berita sepakbola terbaru hanya di KotakNews.com.