Beberapa Tips dan Cara yang Harus Anda Perhatikan Untuk Menjadi Politisi Handal...

Beberapa Tips dan Cara yang Harus Anda Perhatikan Untuk Menjadi Politisi Handal Saat Ingin Memulai Karir Politik

112
BERBAGI
Tips dan Cara Menjadi Politisi Handal Saat Ingin Memulai Karir Politik

KotakNews.comTips dan Cara Untuk Menjadi Politisi Handal Saat Ingin Memulai Karir Politik, Beberapa ahli mengartikan politik sebagai sebuah pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang berwujud proses pembuatan keputusan, terkhusus pada negara. Pengertian politik jika ditinjau dari kepentingan penggunanya terbagi atas dua, yang pertama yaitu pengertian politik dalam arti kepentingan umum dan yang kedua pengertian politik dalam arti kebijaksanaan. Terjun ke dunia politik tidak hanya mengandalkan kepintaran, namun beberapa aspek juga harus Anda lengkapi jika ingin menjadi seorang politisi handal.

Untuk menjadi seorang politisi handal, selain kepintaran, aspek yang harus Anda miliki adalah memiliki sikap yang baik dan terpuji. Ini karena seorang politisi juga merupakan seorang publik figur. Berbagai tindak tanduk yang Anda lakukan selalu diperhatikan oleh sekitar dan ini juga mampu mendukung karir Anda untuk kedepannya. Seperti contohnya yang terjadi pada Gubernur Jakarta saat ini, Basuki Tjahaja Purnama, atau yang kerap disapa Ahok.

Seperti yang kita ketahui beberapa waktu lalu sang pemimpin kontroversial itu tersandung kasus dimana video yang melecehkan Islam karena mengungkapkan jika umat Islam telah dibohongi oleh isi Surat Al Maidah ayat 51. Sontak hal ini membuat geger masyarakat dan banyak ormas Islam yang melaporkan mantan Wakil Gubernur era Jokowi ini. Setelah banyak masyarakat yang memprotes aksinya di video, Ahok menyatakan permintaan maaf kepada umat muslim.

Aspek berikutnya yaitu memiliki kebijaksanaan. Segala keputusan yang Anda ambil cukup berpengaruh untuk kelangsungan organisasi atau partai Anda.

Berikut tips dan cara untuk menjadi seorang politisi handal yang harus Anda perhatikan saat ingin memulai karir politik.

1. Mengambil Jurusan Ilmu Politik di Perguruan Tinggi

Simak Juga :  Bukan Cuma di SCBD Abraham Samad Juga Gelar Pertemuan Di Rumah Hendro Priyono

Kebanyakan para politisi handal yang ada saat ini sudah menemukan jiwa dan passion berpolitiknya saat masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Kebanyakan dari mereka sudah menjadi bagian dari Organisasi Intra Sekolah (OSIS) ketika masih SMA. Untuk semakin mengasah kemampuan berpolitik, hendaknya Anda memilih jurusan Ilmu Politik atau sejenisnya ketika memasuki Perguruan Tinggi atau Universitas.

2. Mengikuti Organisasi Intra atau Ekstra Saat Kuliah di Perguruan Tinggi

Bisa dikatakan tahap ini merupakan tahap keuda untuk Anda yang ingin semakin serius memasuki ranah politik. Karena saat masuk dan menjadi bagian dari sebuah organisasi yang ada di kampus, Anda akan dipertemukan dengan banyak orang yang belum pernah anda kenal sebelumnya.

Seperti pada saat masih di SMA. Masukilah salah satu atau lebih organisasi yang ada di kampus. Tidak perlu yang berhubungan dengan partai politik. Karena di organisasi Anda akan belajar bagaimana cara berhadapan dengan setiap individu yang memiliki sifat yang berbeda-beda, mengasah pemikiran tentang organisasi, mengelola berbagai sumber daya yang ada, dan lain-lain. Kemudian jadilah anggota aktif di dalam organisasi yang Anda ikuti. Seiring berjalannya waktu cobalah untuk mengikuti pemilihan umum untuk berbagai jabatan yang ada. Jika beruntung dan terpilih, ini akan semakin membantu karir dan mengasah kemampuan Anda untuk memimpin.

3. Menjadi Seorang Sukarelawan

Pada tahap ini diharapkan melihat sesuatu yang terjadi di dalam komunitas/lingkungan. Biasanya beberapa organisasi akan membutuhkan sukarelawan dalam kegiatan yang mereka lakukan. Seperti acara bakti sosial, kesehatan, dan lain-lain. Ini bertujuan agar melatih sikap dan perilaku Anda kepada masyarakat. Dan tentu saja dengan sering ikut dalam kegiatan sukarela, orang-orang atau masyarakat akan semakin mengenal sosok Anda.

Simak Juga :  Penolakan Rencana Kenaikan Harga BBM oleh PDI-P Pencitraan?

4. Menjadi Organisator di Lapangan

Setelah Anda melakukan semua  hal yang sudah disebutkan diatas dan sudah bertemu dengan orang-orang yang tepat, sekarang waktunya bagi Anda untuk melanjutkan tahap berikutnya untuk jenjang karir politik Anda yaitu dengan menjadi seorang organisator lapangan. Karena bertindak sebagai seorang organisator atau koordinator sebuah organisasi, Anda akan membawa banyak sukarelawan untuk melakukan sebuah kegiatan sosial yang berhubungan dengan masyarakat luas. Hal ini dapat membantu Anda ketika kedepannya menjalankan beberapa jenis jabatan politik dalam negeri.

BERBAGI
Seorang wiraswasta sekaligus juru ketik yang mencintai teknologi. Disarankan untuk mencari jodoh secepat mungkin.