Benahi Rekrutmen Pegawai, Menteri Yuddy Tunda Penerimaan CPNS Tahun 2015

Benahi Rekrutmen Pegawai, Menteri Yuddy Tunda Penerimaan CPNS Tahun 2015

7667
BERBAGI
CPNS
CPNS

Kotaknews.com Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengeluarkan Surat Menteri PAN-RB No.B/2163/M.PAN-RB/06/2015 tertanggal 30 Juni 2015 tentang Penundaan Penambahan Pegawai ASN tahun 2015. Hal ini menurut Yuddy dilakukan guna membenahi tata cara rekrutmen CPNS sehingga nantinya dapat mendudukkan aparatur sipil negara (ASN) sesuai dengan kebutuhan pada instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah, agar sesuai dengan kebutuhan riil di lapangan.

Menpan-RB meminta agar pemerintah daerah serta kementerian/lembaga untuk merampungkan analisis jabatan, analisis beban kerja, serta perbaikan dalam penghitungan kebutuhan pegawai dalam lima tahun mendatang yang meliputi jabatan pimpinan tinggi, jabatan tinggi pendukung, jabatan fungsional tingkat ahli, jabatan fungsional tingkat terampil, dan nomenklatur nama jabatan pelaksana yang disesuaikan dalam nomenklatur yang ada di e-formasi.

Keseluruhan data itu pun ditargetkan masuk hingga akhir November 2015. Menurutnya, menghitung jumlah PNS yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan, bukanlah sesuatu yang mudah.  Pemerintah daerah juga dituntut melihat kebutuhan lima tahun ke depan, jumlah pegawai yang pensiun, dan jabatan yang diperlukan.

Pihaknya pun masih memberi toleransi kalau ada keterlambatan penyerahan data. Tapi, kalau hingga akhir tahun data belum diserahkan, pihaknya tak bisa memberikan toleransi. Sebab, penerimaan pegawai baru efektif pada tahun 2016. Yuddy pun mengklaim cara perekrutan pegawai PNS kedepan berbeda dengan yang telah dilakukan terdahulu. “Kalau dulu, rekrut sebebas-bebasnya, kemudian dioper-oper. Sekarang, tidak. (Rekrutmen) dilihat dari instansinya apa, daerah mana, butuhnya apa, formasinya bagaimana, dan kapan mulainya,” pungkas Yuddy. (fap)

Simak Juga :  Telkomsel Buka Lowongan Kerja di Akhir Tahun
BERBAGI
Seorang wiraswasta sekaligus juru ketik yang mencintai teknologi. Disarankan untuk mencari jodoh secepat mungkin.