Benarkah Broadcast Undangan Saluran BBM Adalah Ulah Olshop?

Benarkah Broadcast Undangan Saluran BBM Adalah Ulah Olshop?

810
BERBAGI
Broadcast Undangan Saluran BBM Resahkan Pengguna

KotakNews.com – Benarkah Broadcast Undangan Saluran BBM Adalah Ulah Olshop, Pengguna aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) pada hari Jumat (20/12/2017) kemarin dihebohkan dengan serbuan broadcast message undangan bergabung ke saluran BBM. Tak sedikit pengguna BBM yang menerima undangan bergabung dengan saluran BBM tersebut karena tidak mengetahui efek yang ditimbulkan. Namun ada juga yang mengaku tidak serta merta menerima permintaan tersebut dan lebih memilih  untuk mencari info berita terbaru mengenai hal ini.

Undangan ke salah satu saluran BBM tersebut memberikan iming-iming kepada pengguna BBM jika bergabung dengan saluran tersebut maka mereka bisa melakukan update aplikasi BBM tanpa menggunakan kuota internet.

Broadcast Message Ajakan Bergabung dengan Saluran BBM
Broadcast ajakan untuk bergabung dengan Saluran BBM

Bagi sebagian pengguna yang sedikit tidak mengerti akan hal ini tentu saja tergiur untuk segera bergabung dan mengikuti perintah yang diinstruksikan saluran tersebut dimana perintah tersebut adalah menambahkan seluruh kontak BBM si pengguna agar turut mengundang seluruh temannya yang ada di kontak BBM untuk bergabung dengan saluran tersebut.

Tidak banyak yang mengetahui jika instruksi tersebut merupakan perintah untuk menyebarkan atau mem-broadcast kembali dengan tujuan untuk mempromosikan saluran BBM tersebut kepada seluruh teman yang ada di list kontak si pengguna yang menerima ajakan bergabung saluran BBM yang sebenarnya si pengguna tersebut tidak diketahui saluran apa yang ia terima.

Banyaknya pengguna yang menerima ajakan bergabung dan tentu mengikuti instruksi dari saluran BBM tersebut membuat heboh seluruh pengguna BBM di seluruh Indonesia yang akhirnya membuat berita ini menjadi viral di masyarakat. Tidak jelas saluran BBM apakah yang mereka terima namun karena rayuan tanpa kuota inilah yang membuat banyak pengguna menjadi terlena.

Setelah ajakan bergabung saluran BBM aneh tersebut membombardir kolom chat BBM, tidak lama kemudian banyak juga broadcast yang masuk dan memberitahukan jika undangan saluran BBM tersebut merupakan ulah hacker yang ingin mencuri data pribadi si pengguna. Bahkan isi broadcast tersebut menyampaikan jika ada yang sudah terlanjur bergabung, disarankan untuk segera melakukan uninstal aplikasi BBM mereka.

Simak Juga :  Achmad Kurniawan, Kiper Arema FC Meninggal Pada Usia 37 Tahun
Info Tentang Bahaya Bergabung dengan Saluran BBM
Broadcast mengenai info bahayanya bergabung dengan Saluran BBM

Namun setelah kami menelisik secara detail saluran tersebut kami melihat sebenarnya ini bukan ulah hacker atau sejenisnya. Mungkin saja masalah saluran BBM ini sama halnya dengan pembuatan akun-akun cerita lucu, unik, dan lain-lain yang tujuan awalnya adalah mengumpulkan masyarakat agar mengikuti atau mem-follow mereka. Setelah pengikut terkumpul, akun yang semula untuk membagikan cerita lucu dan menarik akhirnya berubah menjadi sebuah akun online shop (olshop) dan kemudian mempromosikan produk yang mereka jual melalui akun tersebut.

Dari salah satu sumber yang tidak ingin disebutkan namanya yang juga merupakan seorang pengusaha olshop mengatakan bisa saja aksi undangan saluran BBM yang meresahkan masyarakat tersebut merupakan strategi marketing dari pelaku olshop yang ingin mempromosikan produknya. Karena jika diawal mereka menggunakan cara ‘bersih’ dengan menggunakan nama olshop mereka, mungkin saja hanya sedikit yang akan bergabung dan itu pun hanya lingkup teman dekat mereka sendiri.

Cara mengundang orang untuk bergabung dengan saluran BBM tersebut bisa saja merupakan cara jitu untuk mempromosikan produk dagangan di BBM melalui saluran BBM.

Namun semua itu kembali ke pribadi pengguna BBM apakah setuju dengan pendapat kami atau memiliki pendapat lain dan berpikir jika hal ini memang merupakan ulah hacker.

BERBAGI
Seorang wiraswasta sekaligus juru ketik yang mencintai teknologi. Disarankan untuk mencari jodoh secepat mungkin.