Berencana Liburan ke Lampung? Beberapa Tempat Wisata di Lampung Ini Wajib Kamu...

Berencana Liburan ke Lampung? Beberapa Tempat Wisata di Lampung Ini Wajib Kamu Kunjungi

657
BERBAGI

KotakNews.com – Tempat Wisata di Lampung Ini Wajib Kamu Kunjungi, Tidak hanya kopi hijau saja yang terkenal di Lampung. Memasuki liburan akhir tahun, Anda wajib ngunjungi beberapa tempat wisata menarik yang ada di Lampung. Provinsi yang terletak di Pulau Sumatera ini ternyata menyimpan banyak surga tempat wisata yang tidak akan bisa kamu kunjungi satu per satu dalam waktu singkat.

Menurut data statistik, kebanyakan para wisatawan yang mengunjungi provinsi yang berbatasan dengan Bengkulu ini merupakan wisatawan yang berasal dari Jakarta. Entah apa alasannya mengapa warga Jakarta banyak yang lebih memilih liburan ke Lampung. Mungkin saja kebanyakan warga Jakarta sudah sering mengunjungi tempat wisata menarik di Indonesia lainnya seperti Jogja, Jawa Timur Park Malang, atau Gili Labak.

Selain itu, Lampung memang dikenal memiliki keindahan pantai yang mempesona dan beberapa tempat wisata baru lain yang memang patut untuk dikunjungi.

Untuk Anda yang ingin merencanakan liburan akhir tahun 2016 atau awal tahun, tidak ada salahnya untuk memilih Lampung sebagai tujuan wisata menarik bersama keluarga.

Berikut beberapa tempat wisata di Lampung yang wajib Anda kunjungi.

1. Pulau Pisang

Pulau Pisang Lampung
Pulau Pisang, Lampung (Foto: backpackerlampung.com)

Meskipun namanya agak sedikit aneh, namun pulau kecil yang terletak di daerah Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, ini menyajikan keindahan pasir putih yang memukau. Keadaan pantai yang masih bersih karena memang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan hingga penampakan lumba-lumba cantik bisa kamu temukan di pulau ini.

Untuk menuju Pulau Pisang ini aksesnya tergolong cukup mudah. Untuk Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, dari Lampung Anda menuju arah ke Bengkulu yang melintasi daerah pesisir barat Pulau Sumatera dan menuju ke Dermaga Tembakak. Dari Dermaga Tembakak, Anda bisa naik kapal untuk menyeberang ke Pulau Pisang dengan estimasi waktu sekitar 15 – 20 menit. Harga tiket kapal menuju Pulau Pisang juga tergolong terjangkau, Anda cukup mengeluarkan biaya Rp 15.000 untuk menuju Pulau Pisang.

Simak Juga :  Keindahan Pantai Sari Ringgung Lampung

2. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas
Taman Nasional Way Kambas, Lampung (Foto: penabiru.com)

Untuk Anda pecinta hewan seperti gajah dan harimau, Taman Nasional Way Kambas bisa menjadi salah satu destinasi wisata Anda selama di Lampung. Way Kambas merupakan salah satu Taman Nasional tertua yang ada di Indonesia. Selain gajah dan harimau, Anda juga bisa melihat salah satu hewan yang paling dilindungi karena jumlahnya yang sudah semakin berkurang alias hampir punah, badak Sumatera.

Dari Bandar Lampung, Anda yang menggunakan kendaraan pribadi hanya butuh waktu sekitar 2 jam untuk dapat sampai di Taman Nasional Way Kambas.

3. Teluk Kiluan

Teluk Kiluan Lampung
Teluk Kiluan, Lampung (Foto: idtempatwisata.com)

Sama seperti di Pulau Pisang, di Teluk Kiluan Anda juga bisa melihat sekelompok lumba-lumba. Ini dikarenakan Teluk Kiluan merupakan tempat lumba-lumba bermigrasi. Selain lumba-lumba, Anda juga bisa menikmati pemandangan pantai dengan pasir putih yang sungguh sayang untuk dilewatkan, serta Anda juga bisa bersnorkeling ria disini.

Ada yang menarik tentang lumba-lumba di Teluk Kiluan. Jika Anda bisa datang subuh ke tempat ini, Anda bisa menemukan sekumpulan lumba-lumba yang beratraksi. Namun Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 250.000 hingga Rp 300.000 untuk menyewa perahu kecil agar bisa menikmat atraksi lumba-lumba di Teluk Kiluan ini dari dekat.

Teluk Kiluan berada di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung Selatan. Dari kota Bandar Lampung, Teluk Kiluan berjarak sekitar 80 Km. Tidak cukup jauh untuk Anda yang menggunakan kendaraan pribadi.

4. Taman Purbakala Pugung Raharjo

Taman Purbakala Pugung Raharjo Lampung
Taman Purbakala Pugung Raharjo, Lampung (Foto: technobox2016.blogspot.co.id)

Di tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang senang dengan benda-benda arkeolog atau benda-benda dari jaman dulu. Karena Taman Purbakala yang berada di Desa Pugungraharjo, Lampung Timur, ini merupakan tempat penemuan benda-benda arkeologi dari zaman Megalitik. Penemuan ini merupakan penemuan sejak zaman Megalitik Klasik hingga zaman Megalitik Islam.

Simak Juga :  Pesona Istimewa Aneka Destinasi Wisata Berlibur Keluarga

Selain penemuan-penemuan purbakala, di Taman Nasional Pugung Raharjo ini juga menyajikan suasana alam yang serba hijau dan sejuk untuk dipandang. Karena Taman Nasional Pugung Raharjo ini berada di ketinggian 80 mdpl.

5. Menara Siger

Menara Siger Lampung
Menara Siger, Lampung (Foto: bandarlampungku.com)

Nah kalau tujuan wisata yang satu ini merupakan ikon Kota Lampung. Untuk Anda yang hobi foto-foto dan berselfie ria, tidak lengkap rasanya ke Kota Lampung jika tidak mengunjungi tempat wisata ini. Menara Siger merupakan bangunan dengan atap atau terlihat seperti mahkota yang berwarna kuning dan menjadi titik nol Jalan Lintas Sumatera.

Selain dijadikan tempat wisata, Menara Siger biasanya dijadikan tempat transit untuk para pengendara yang sedang kelelahan ketika mengemudi atau yang sedang melintasi jalur ini.

Menara Siger juga merupakan pusat informasi wisata di Bandar Lampung. Dan didalamnya juga ada cafe yang bisa dijadikan tempat nongkrong ketika Anda mengunjungi tempat ini.

Harga tiket masuk Menara Siger juga tergolong murah kok. Anda cuma perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 10 ribu untuk tiket masuk dan biaya parkir mobil.

Itulah beberapa tempat wisata favorit dan hits di Bandar Lampung. Semoga bisa membantu Anda yang sudah merencanakan untuk liburan di kota ini dan masih bingung mengenai referensi tempat wisata di Kota Lampung.