Berikut 8 Negara yang Tingkat Penghapusan Korupsi Paling Tinggi di Dunia

Berikut 8 Negara yang Tingkat Penghapusan Korupsi Paling Tinggi di Dunia

670
BERBAGI
Berikut 8 Negara yang Tingkat Penghapusan Korupsi Paling Tinggi di Dunia
Hasil Survei World Economic Forum (WEF

KotakNews.com – Berikut 8 Negara yang Tingkat Penghapusan Korupsi Paling Tinggi di Dunia. The World Economic Forum (WEF) mengeluarkan hasil survei mengenai Inclusive Grow dan Development Report. Hasil survei ini tentang beberapa negara yang diawasi terkait efisiensi bisnis dan institusi yang ada.

Hal itulah yang dijadikan patokan penilaian suatu kinerja pemerintah dalam menghapus tingkat korupsi.

Penilaian ini dilihat dari pemberian skor 0-7. Semakin besar skor yang didapat makan semakin tinggi pula usaha pemerintah dalam menghapus tingkat korupsi.

Berikut 8 Negara yang Tingkat Penghapusan Korupsi Paling Tinggi di Dunia.

1. Luksemburg : 5,63
Dan siapa sangka bahwa negara ini lah yang mendapat negara dengan skor tertinggi nomor satu dalam pemberantasan tindak korupsi di dunia.

2. Jepang : 5,57
Di negara ini memang terkenal dengan aturan yang ketat serta tingkat loyalitas yang tinggi. Oleh karena itu, negara ini berhasil mencapai skor tertinggi kedua dalam pemberantasan tindak korupsi.

3. Swedia : 5,50
Tindak korupsi yang terjadi di Swedia di anggap sebagai penyalahgunaan kekuasaan penduduknya. Korupsi di negara ini juga dimonitor oleh National Anti-Corruption Unit yang merupakan salah satu badan nasional negara.

4. Finlandia : 5,42
Sepangjang sejarah negara ini dapat dikatakan konsisten. Hal itu karena tindak korupsinya paling kecil dalam sejarah dan dalam tahun 2011-2014 mengalami peningkatan 10 persen dalam pemberantasan korupsi.

5. Norwegia : 5,39
Pemerintahan di Norwegia sangatlah transparan atau dengan kata lain tingkat keterbukaannya tinggi. Namun demikian, negara ini masih memiliki beberapa tantangan yaitu undang-undang perlindungan untuk si pelapor, korupsi dalam bidang pengadaan barang publik dan juga regulasi keuangan yang efisien dan efektif.

6. Selandia Baru : 5,36
Selandia Baru memang patut untuk dijadikan panutan karena di negara ini tidak ada lembaga tunggal yang melakukan pemberantasan korupsi. Oleh karena itu, Selandia Baru dianggap memiliki pendidikan moral yang tinggi.

Simak Juga :  10 Manfaat Tersembunyi Jahe Serta Cara Mengolahnya

7. Swiss : 5,32
Di Swiss, suatu perusahaan akan dikatakan melakukan tidakan korupsi apabila salah satu pegawainya kedapatan yang melakukan KKN dan merugikan negara.

8. Singapura : 5,27
Negara ini dipelopori oleh Corrupt Practices Investigation Bureau dalam usahanya melawan tindak korupsi.

BERBAGI
Gamers sekaligus mahasiswa semester akhir yang sedang doyan mengetik