Berikut Uber Persiapkan Buka-bukaan Data Terkait Perencanaan Kota

Berikut Uber Persiapkan Buka-bukaan Data Terkait Perencanaan Kota

309
BERBAGI
Berikut Uber Persiapkan Buka-bukaan Data Terkait Perencanaan Kota
Uber Movement

KotakNews.com – Berikut Uber Persiapkan Buka-bukaan Data Terkait Perencanaan Kota. Uber salah satu model bisnis ride-sharing hingga kini masih mengundang kontroversi. Di beberapa negara banyak yang menganggap bahwa dengan masuknya Uber telah mematikan usaha taksi konvensional dan transportasi umum lainnya.

Layanan yang berasal dari San Fransisco ini ditolak oleh beberapa pihak di Indonesia karena Uber belum memenuhi semua aturan untuk taksi online yang diterbitkan oleh Kementrian Perhubungan pada pertengahan 2016 kemarin.

Uber memiliki keinginan untuk berkontribusi langsung pada wiayah-wilayah operasinya dengan membuat suatu terobosan baru yaitu “Uber Movement”.

Inti tujuan dari dibuatnya terobosan baru tersebut diharapkan layanan tersebut mampu membantu pemerintah daerah (pemda) membuat perencanaan terkait tata kota, terutama untuk jalur transportasi. Hal itu dapat dilihat pada aplikasi Uber yang didalamnya telah membuka akses data penting terkait transportasi di tiap kota.

Data itu cukup dibutuhkan karena didalamnya mencakup rekam jejak pergerakan/waktu tempuh perjalanan dari tempat A menuju tempat B. Tak hanya itu, kita juga dapat melihat dampak penutupan jalan atau pembangunan serta dampak acara-acara yang sedang dilaksanakan terhadap stabilitas alur transportasi.

Melihat hal itu, dapat disimpulkan bahwa Uber kini bisa membantu merumuskan sebagian alasan kemacetan suatu wilayah dengan momentum tertentu pula. Dan juga dapat mengkaji alur mana saja yang dapat menjadi efek dan efisien untuk dijadikan sebagai alternatif.

Layanan ini masih bertahap beta dan sudah mulai bisa digunakan di Boston, Manila, Sydney, Washington DC dan beberapa kota lainnya.

Uber sendiri berjanji akan membuat layanan tersebut dapat bermanfaat dan dapat diakses oleh semua orang

Dalam situs Uber Movement sendiri tertera “Membuat kota lebih efisien untuk semua orang. Menyediakan akses ke data dari dua miliar perjalanan untuk membantu meningkatkan perencanaan tata kota di seluruh dunia”.

Simak Juga :  Di Amerika, Wanita Ini Diusir dari Mal Karena Memakai Tank Top

Meskipun nantinya akan ditujukan untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah (pemda) tetapi tidak membatasi akses masyarakat lain bila ingin menggunakannya.

Apabila ingin menggunakan layanan ini caranya cukup gampang tinggal memasukkan e-mail di situs Uber Movement.

Berita terbaru terkait Uber Movement akan segera diberitahukan oleh Uber sendiri setelah dirilis secara umum.

BERBAGI
Gamers sekaligus mahasiswa semester akhir yang sedang doyan mengetik