Dara Khosrowshahi Jadi Bos Baru Uber

Dara Khosrowshahi Jadi Bos Baru Uber

213
BERBAGI
Dara Khosrowshahi Jadi Bos Baru Uber

KotakNews.com – Dara Khosrowshahi Jadi Bos Baru Uber, Pada Minggu (27/8/17), Uber Technologies Inc memilih Dara Khosrowshahi sebagai kepala eksekutif barunya, seperti yang dikutip dari Reuters. Direksi perusahaan tersebut telah memilih Khosrowshahi sebagai CEO melalui pemungutan suara.

Khosrowshahi kini menghadapi tantangan baru untuk berusaha mengangkat kinerja perusahaan aplikasi transportasi yang sudah hampir setahun diguncang krisis itu.

Lelaki 48 tahun itu akan menghadapi tugas berat menaikkan citra Uber dengan harus memulihkan hubungan dengan pemodal, membangun kembali moral pekerja dan menciptakan bisnis yang menguntungkan setelah tujuh tahun merugi.

Alasan dewan direksi Uber memilih Khosrowshahi adalah karena jejak rekamnya dalam mendorong pertumbuhan usaha yang sangat diperlukan Uber demi memuaskan investor.  Selama ini usahanya untuk membangun Expedia hingga sukses telah menjadi pertimbangan penting yang menjadikan dia terpilih sebagai pemimpin Uber kedepannya.

Travis Kalanick yang merupakan pendiri Uber telah meninggalkan manajemen yang buruk  bagi perusahaan. Sehingga dia tersingkir dari jabatan CEO pada Juni silam setelah 40 persen pemegang saham memintanya mundur akibat perilakunya yang buruk dan perilaku manajer-manajer seniornya.

Meskipun demikian, Kalanic, yang masih berada di direksi Uber dan terlibat dalam pengangkatan Khosrowshahi, menyambut baik pergantian jabatan tersebut. “Memberikan suara untuk penerus pemimpin Uber adalah hal besar untuk saya dan saya sangat senang bisa memberikannya ke pemimpin yang menginspirasi,” kata Kalanick dalam keterangan tertulis.

Beberapa minggu sebelumnya, dewan direksi Uber menggelar rapat setiap hari untuk memilih CEO baru. Hingga akhirnya dewan direksi telah sepakat memilih Khosrowashahi sebagai pemimpin baru Uber.  “Direksi dan tim eksekutif yakin Dara adalah yang terbaik untuk memimpin Uber menuju masa depan,” tulis delapan direksi Uber dalam surat elektronik untuk karyawan, yang juga dibuka untuk publik.

Simak Juga :  Wow! Ford dan General Motor Menyerah, Toyota Akan Melawan Kebijakan Pajak Perbatasan Donald Trump

Khosrowshahi menulis surat kepada staf Expedia ia menerima tawaran Uber itu meski pun perasaannya bercampur. “Ini salah keputusan paling sulit dalam hidup saya,” tulis dia di pesan elektronik.

Selama kepemimpinannya, Khosrowshahi membangun Expedia menjadi biro perjalanan online terbesar dalam pemesanan dan nilai saham tumbuh lebih dari enam kali sejak ia menjabat CEO pada 2005.

“Saya akui, saya takut. Saya sudah lama di Expedia sampai lupa seperti apa di luar sana,” kata dia.