Demi Program Bali Baru, Kemenpar Menggelar Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017. Total...

Demi Program Bali Baru, Kemenpar Menggelar Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017. Total Hadiah Rp 1 Milyar!

Adanya restoran yang memiliki desain khas diharapkan menjadi daya tarik tersendiri untuk beberapa Destinasi Wisata Prioritas Indonesia

408
BERBAGI

KotakNews.com – Kemenpar Menggelar Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017, Sukesnya pelaksanaan Sayembara Desain Homestay Nusantara yang diadakan pada tahun 2016 lalu membuat Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar program yang hampir sama di tahun 2017. Namun kali ini bedanya Kemenpar lebih memilih menggelar sayembara untuk Desain Restoran Nusantara. Sayembara ini mengajak untuk seluruh masyarakat khususnya para arsitek untuk turut serta mendesain dan membangun restoran di 10 Destinasi Pariwisata Prioritas.

Program ini sendiri sudah resmi dicanangkan di Balairung Soesilo Sudarman, Gedung Sapta Pesono, Jakarta, pada hari Rabu (02/08/2017) yang lalu. Program Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 ini di inisiasi oleh Kementerian Pariwisata, BEKRAF, serta PT Propan Raya.

Arief Yahya selaku Menteri Pariwisata mengatakan bahwa tujuan diadakannya sayembara ini adalah untuk mengajak masyarakat yang ingin turut serta untuk membuat sebuah gagasan desain. Nantinya gagasan ini akan dijadikan sebagai sebuah rujukan bagi para masyarakat dan investor. Itu artinya hasil sayembara dari para pemenang ini nantinya menjadi hak Kemenpar dan BEKRAF.

Dusun Bambu Family Leisure Park
Ilustrasi

Arief Yahya menambahkan keinginan Kemenpar sendiri adalah ingin nantinya tempat wisata yang ada di Indonesia memiliki sebuah restoran dengan desain khas kota tersebut. Contohnya ketika berwisata ke Bali, ada sebuah restoran yang memiliki bentuk khas Bali, atau ketika orang-orang berkunjung dan berwisata di Makassar, Anda akan menemukan restoran dengan desain unik khas kota itu.

Tujuan lain diadakannya Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 ini adalah untuk mendukung pengembangan fasilitas pariwisata sebagai salah satu dari 3 aspek pengembangan pada sektor pariwisata 3A (Atraksi, Aksesbilitas, serta Amenitas atau Fasilitas). Adanya restoran yang memiliki desain khas diharapkan menjadi daya tarik tersendiri untuk beberapa destinasi wisata prioritas tersebut.

Simak Juga :  Hasil Pertandingan MotoGP di Jerez Spanyol

Beberapa destinasi wisata prioritas ini adalah Bromo Tengger Semeru (Jawa Timur), Candi Borobudur (Jawa Tengah), Kepulauan Seribu (Jakarta), Belitung (Bangka Belitung), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Danau Toba (Sumatera Utara), Mandalika (Lombok), Labuan Bajo (NTT), Tanjung Lesung (Banten), dan Morotai (Maluku Utara).

Destinasi-destinasi wisata prioritas ini memang akan dikembangkan untuk dicanangkan sebagai destinasi wisata Bali Baru. Program yang memang sering disebut-sebut oleh Presiden Joko Widodo. Bali Baru ini maksudnya adalah pemerataan destinasi-destinasi wisata di Indonesia agar bisa se-populer Pulau Bali yang merupakan destinasi wisata favorit para traveller.

Sayembara ini bisa diikuti oleh siapa saja dan tidak harus seorang arstikek. Namun ada beberapa aspek yang harus diketahui untuk dapat mengikuti sayembara ini. Seperti aspek interior dan eksterior yang harus mengambil inspirasi kelokalan, konsep rancangan harus menggunakan material daerah setempat, desain bangunan harus ramah lingkungan (Green Building), tata ruang yang fungsional, higienitas, keamanan yang terjamin, harus sesuai ketentuan operasional restoran, sanitasi, penyajian kuliner harus sesuai dengan identitas lokal, suasana restoran harus sesuai dengan budaya lokal, serta sistem pengolahan limbah arus balik harus ditata dengan baik.

Nantinya sebanyak 30 finalis terpilih yang beruntung akan mendapatkan total hadiah sebesar Rp 1 milyar dimana untuk pemenang atau juara pertama mendapatkan hadiah sebesar Rp 50 juta, pemenang kedua sebesar Rp 30 juta, dan pemenang ketiga mendapatkan hadiah sebesar Rp 20 juta. Para peserta ini akan ditentukan oleh para Juri Kehormatan yang diantaranya merupakan para arsitek-arsitek profesional, praktisi, pengusaha hotel dan restoran, serta perwakilan dari Badan Ekonomi Kreatif.

Untuk Anda yang ingin berpartisipasi masih ada waktu karena Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 ini baru berakhir pada tanggal 02 September 2017. Dan pengumuman pemenang Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 Kemenpar ini juga akan dilangsungkan pada bulan September 2017 bertepatan dengan kegiatan Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day).

Simak Juga :  (EFL Cup) Turunkan Lapis Kedua, Liverpool Meraih Kemenangan 2-1 Atas Tottenham Hotspur di Anfield

Klik disini untuk mengikuti Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017.

Sumber