Dorna Sports Berencana Menerapkan Aturan 3 Pembalap Pada MotoGP 2017

Dorna Sports Berencana Menerapkan Aturan 3 Pembalap Pada MotoGP 2017

Pro dan kontra masih menyelimuti usulan dari Dorna Sports tersebut

183
BERBAGI
Dorna Sports Berencana Menerapkan Aturan 3 Pembalap Pada MotoGP 2017

KotakNews.comDorna Sports Berencana Menerapkan Aturan 3 Pembalap Pada MotoGP 2017, Dengan berakhirnya gelaran MotoGP musim 2016 dimana Marc Marquez maju sebagai pemenang ajang balap motor bergengsi di dunia ini, beberapa tim dan Dorna Sports sebagai penyelenggara event kini tengah bersiap untuk menyambut musim baru MotoGP 2017. Meski begitu, musim baru MotoGP 2017 belum digelar, kejutan demi kejutan kembali dihadirkan ajang balap ini melalui berita MotoGP terbaru 2017.

Salah satu kejutan yang dihadirkan yaitu susunan resmi pembalap MotoGP 2017 yang dirilis oleh tim-tim yang ikut berpartisipasi dalam gelaran MotoGP ini. Nama-nama tenar seperti mantan juara dunia MotoGP 2015, Jorge Lorenzo, yang kini berpindah tim ke Ducati dan Andrea Iannone pindah ke Suzuki Ecstar.

Berikut Susunan Resmi Pembalap MotoGP 2017 :

TEAM PEMBALAP DURASI KONTRAK
Repsol Honda Marc Marquez

Dani Pedrosa

2018

2018

Movistar Yamaha Valentino Rossi

Maverick Vinales

2018

2018

Ducati Team Jorge Lorenzo

Andrea Dovizioso

2018

2018

Suzuki Ecstar Andrea Iannone

Alex Rins

2018

2018

Aprilia Gresini Aleix Espargaro

Sam Lowes

2018

2018

KTM Bradley Smith

Pol Espargaro

2018

2018

Yamaha Tech 3 Jonas Folger

Johann Zarco

2018

2018

Pramac Ducati Danilo Petrucci

Scott Redding

2017

2017

Aspar Ducati Alvaro Bautista

Yonni Hernandez

2017

2017

Avintia Ducati Loriz Baz

Hector Barbera

2017

2017

Marc VDS Honda Jack Miller

Tito Rabat

2017

2017

LCR Honda Cal Crutchlow

2017

 

Menyambut musim baru, Dorna Sports selaku penyelenggara kabarnya telah mengadakan pertemuan dengan semua tim yang mengikuti gelaran MotoGP 2017. Beberapa poin yang menjadi topik pembicaraan mereka salah satunya yaitu membahas masalah yang sering dihadapi beberapa tim ketika pembalap utamanya mengalami cedera. Seperti yang terjadi pada seri MotoGP 2016 lalu beberapa tim seperti yang dialami oleh Repsol Honda ketika pembalap andalannya Dani Pedrosa mengalami cedera. Ketika Pedrosa cedera, secara bergantian Repsol Honda ‘memakai’ jasa Nicky Hayden dan Hiroshi Aoyama.

Kejadian yang lebih parah dialami oleh Ducati Team ketika Andrea Iannone cedera pada gelaran MotoGP di sirkuit San Marino beberapa waktu lalu, saat itu dengan terpaksa Ducati hanya menggunakan satu pembalap (Andrea Dovizioso) pada seri itu karena sulitnya mencari pembalap pengganti yang memiliki kemampuan dan pengalaman yang setara dengan pembalap yang cedera. Inilah yang membuat Dorna Sports mengambil langkah penting dengan membawa permasalahan ini pada rapat yang mereka adakan dengan beberapa tim MotoGP 2017.

Dorna Sports memberi solusi kepada para manajer tim yang hadir dengan berencana menerapkan aturan 3 pembalap pada setiap tim yang akan beradu cepat di lintasan. Seperti yang diketahui hal ini bukan merupakan yang terbaru pada ajang balap. Sistem penerapan 3 pembalap sudah diadopsi sebelumnya oleh gelaran balap Formula 1 (F1).

Meskipun masuk akal dan sebetulnya cukup membantu para tim, namun pro dan kontra masih menyelimuti usulan dari Dorna Sports tersebut. Beberapa tim ada yang mengatakan setuju, namun ada juga yang dengan tegas menolak hal ini. Salah satu yang masih menolak usulan ini yaitu tim dari Honda Racing Corporation (HRC). Menurut mereka akan sangat sulit menerapkan peraturan baru MotoGP 2017 ini.

Seperti info yang kami kutip dari Sindonews.com, melalui perwakilannya, HRC mengatakan jika mereka pernah ingin mencoba menerapkannya dengan menawarkan peran test rider kepada para pembalap muda. Namun rata-rata dari mereka lebih memilih untuk menjadi pembalap utama dari sebuah tim dengan mengikuti seri balapan di kelas Moto2 yang merupakan seri balapan dibawah seri MotoGP.

Adapun tim yang setuju dan menyatakan kesiapannya untuk mengikuti aturan baru ini yaitu tim Aprilia Gresini. Romano Albesiano yang merupakan perwakilan dari Aprilia yang turut hadir pada pertemuan tersebut mengemukakan kesiapan timnya jika peraturan tersebut benar-benar direalisasikan.

Simak Juga :  Angkutan Umum VS Angkutan Online di Indonesia
BERBAGI
Seorang wiraswasta sekaligus juru ketik yang mencintai teknologi. Disarankan untuk mencari jodoh secepat mungkin.