Fenomena Langka dan Fakta Supermoon 14 November 2016

Fenomena Langka dan Fakta Supermoon 14 November 2016

211
BERBAGI
Fenomena langka dan Fakta Supermoon 14 November 2016
5 Fakta Fenomena Supermoon 14 November 2016

Kotaknews.comFenomena langka dan Fakta Supermoon 14 November 2016, Supermoon adalah fenomena langka yang sangat jarang terjadi karena memerlukan waktu bertahun-tahun untuk dapat melihat fenomena seperti ini. Para pecinta keindahan langit kini telah mempersiapkan alat untuk mengabadikan momen yang langka ini. Bulan ini berjarak sangat dekat dengan bumi sekitar 356.509 km.

Menurut para ahli, jika Anda ingin mengabadikan momen dengan view yang baik dapat dilakukan di Inggris pada hari ini Senin 14 November 2016 pada pukul 11.21 GMT. Ukuran bulan akan terlihat lebih besar 7 persen lebih besar daripada ukuran yg biasanya dan kecerahan meningkat sekitar 15 persen.

Namun, nanti malam cuaca akan berawan dan bagi Anda yang ingin mengabadikan supermoon nanti malam tetap memantau ramalan cuaca secara seksama. Nantinya kita akan melihat bulan mengorbit matahari dan kita juga akan melihat proporsi berbeda iluminasi matahari yang biasa kita sebut full moon atau bulan purnama.

Sebelumnya fenomena ini pernah terjadi pada tahun 1948 dan tahun ini supermoon akan terjadi pada tanggal 14 November 2016 dan akan terjadi lagi pada tanggal 25 November 2035 yang akan datang.

Bagi Anda yang tidak memiliki perlengkapan khusus seperti teleskop, kamera SLR, dll. Jangan khawatir karena supermoon 14 November 2016 dapat dilihat dengan mata telanjang karena ukurannya yang begitu besar dan cerah.

Sebenarnya menurut NASA, pada tahun ini terjadi 3 kali supermoon, namun yang terbesar adalah supermoon 14 November 2016 dan akan terjadi lagi pada tanggal 13 Desember 2016 untuk menutup akhir tahun 2016 nanti meskipun tidak sebesar dan secerah pada malam ini.

Berikut beberapa fakta tentang supermoon 14 November 2016

Simak Juga :  Malware Ternyata Juga Menyerang Komentar Postingan Instagram Britney Spears

1. Bulan yang nampak tak begitu berbeda dengan yang biasanya
memang benar bulan tidak terlihat begitu berbeda namun ukurannyalah yang membuat supermoon kali ini berbeda dengan biasanya.

2. Ombak laut yang tinggi
Para penghuni tepi laut akan mengalami ‘pasang purnama’ karena terjadi fase bulan penuh dan para ahli memperkirakan pasang akan terjadi lebih tinggi sekitar 5 cm daripada sebelumnya.

3. Supermoon tidak hanya 14 November, tetapi terjadi 3 kali pada tahun 2016
Ternyata supermoon tidak terjadi hanya sekali, namun terjadi pada bulan Oktober lalu, 14 November dan 13 Desember tahun 2016 nanti sekaligus menutup akhir tahun ini.

4. Supermoon 14 November adalah fenomena supermoon yang paling terang
Bagi Anda yang pernah menyaksikan dan mengabadikan momen supermoon sebelumnya, jangan sampai lupa untuk mengabadikan fenomena kali ini. Hal itu dijelaskan oleh NASA bahwa supermoon kali ini adalah supermoon yang paling terang

5. Bulan purnama tak sejajar lurus dengan matahari
Secara geometris, diperkirakan Matahari, bumki dan Bulan berada dalam satu garis namun tak berada di satu garis lurus. Hal ini akan mengahalngi sinar matahari yang dipantulkan untuk bulan.

BERBAGI
Gamers sekaligus mahasiswa semester akhir yang sedang doyan mengetik