Fenomena Rokok Elektrik Vapor dan Dampak yang Ditimbulkan untuk Kesehatan

Fenomena Rokok Elektrik Vapor dan Dampak yang Ditimbulkan untuk Kesehatan

641
BERBAGI
Fenomena Rokok Elektrik Vapor dan Dampak yang Ditimbulkan untuk Kesehatan
Rokok Elektrik Vapor

KotakNews.comFenomena Rokok Elektrik Vapor dan Dampak yang Ditimbulkan untuk Kesehatan, Rokok elektrik atau biasa disebut Vapor sudah menjadi trend dikalangan remaja Indonesia masa kini. Beberapa pengguna vapor yang kami temui mengutarakan alasan mereka menggunakan vapor. Ada yang mengatakan jika hanya mengikuti trend dan hanya ingin coba-coba. Namun mayoritas dari mereka memang pengguna rokok tembakau aktif yang ingin mencoba mengurangi ketergantungan terhadap rokok tembakau. Karena mereka beranggapan vapor mengandung sedikit kadar nikotin. Benarkah? Berikut penjelasan tentang kadar nikotin rokok elektrik vapor dengan rokok tembakau.

Ambil contoh kadar nikotin dari rokok pabrikan A. Dibungkus rokok pabrikan A tertera kadar nikotin 1,5 MG. Sedangkan kadar nikotin dari liquid vapor tertera kadar nikotin 6 MG. Melihat hal ini banyak diantara masyarakat yang bertanya, “bukankah lebih bahaya liquid vapor?”. Eit, tunggu dulu. Pada rokok tembakau, kadar nikotin 1,5 MG tersebut adalah untuk kadar nikotin satu batang rokok. Sedangkan pada liquid vapor, 6 MG adalah kadar nikotin untuk satu botol liquid vapor dengan takaran 1 ml. Bisa dibayangkan lebih bahaya mana?

Meskipun dampak rokok elektrik vapor tidak begitu berbahaya bagi kesehatan jantung ketimbang rokok tembakau pada umumnya, penggunaan rokok elektrik vapor tetap harus dilakukan secara hati-hati. Hal ini seperti yang diutarakan oleh Dr. Henry Andrean pada situs alodokter.com. Menurutnya vapor masih belum dinyatakan aman 100% karena meskipun memiliki kadar nikotin lebih sedikit, tetap saja vapor masih memiliki kadar nikotin yang berpotensi menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker, asma, radang paru-paru, serta penyakit jantung seperti efek negatif yang ditimbulkan oleh rokok tembakau.

Melihat beberapa efek dan dampak negatif dari rokok elektrik vapor tersebut, para pengguna rokok vapor tetap bersikukuh tetaplah rokok elektrik vapor terbaik. Ada beberapa kelebihan yang mereka ungkapkan dari rokok elektrik vapor ini.

Simak Juga :  EMS (Electrical Muscle Stimulation) Sebagai Alternatif Pembentukan Otot Tubuh dengan Risiko Minimal

Beberapa Kelebihan dari Rokok Elektrik Vapor Antara Lain :

1. Mengandung Lebih Sedikit Zat Beracun (Nikotin)
Seperti penjelasan diatas, liquid dari vapor mengandung lebih sedikit kandungan nikotin atau zat beracun.

2. Lebih Ramah Lingkungan
Tidak seperti rokok tembakau, asap dari liquid yang dikeluarkan oleh vapor memiliki beragam aroma wangi sesuai dengan selera si pengguna dan diklaim lebih ramah terhadap lingkungan sekitar.

3. Liquid yang Memiliki Banyak Rasa
Salah satu daya tarik seseorang menggunakan vapor adalah banyaknya pilihan rasa dari liquid. Rasa liquid vapor terbaik bisa dipilih oleh si pengguna tergantung selera. Tidak hanya itu, pengguna vapor juga dapat mencampurkan berbagai rasa liquid vapor. Namun saran kami, cukup mix dua rasa vapor saja. Karena jika mencampurkan banyak rasa akan terasa aneh.

4. Lebih Banyak Pilihan Harga
Anda bisa membeli mulai dari vapor harga murah terbaik sampai berharga mahal sesuai kemampuan kantong.

5. Memiliki Baterai yang Bisa Dicharge Ulang
Berbeda dengan rokok tembakau, vapor merupakan barang elektrik yang menggunakan baterai. Baterai dengan kapasitas yang beraneka ragam bisa Anda charge untuk digunakan kembali. Jadi bisa dikatakan vapor lebih tahan lama dan bukan barang sekali pakai.

6. Lebih Hemat
Jika Anda yang memiliki finansial yang terbatas, bisa menggunakan vapor dengan harga yang murah. Kenapa lebih hemat, seperti penjelasan diatas, vapor bukan merupakan barang sekali pakai. Diawal memang Anda harus mengeluarkan uang untuk membeli peralatan vapor seperti MOD Vapor, RDA / RTA Vapor, koil, kapas, dan tentu saja liquid. Namun untuk seterusnya, vapor bisa membuat kantong Anda tidak banyak terkuras karena harga liquid vapor terbaru bisa lebih murah daripada harga rokok tembakau yang Anda habiskan dalam sebulan.

Simak Juga :  Cara Jitu Melacak Lokasi Seseorang dengan Akurat Melalui Aplikasi WhatsApp

Itulah fenomena trend rokok elektrik vapor dan dampak yang ditimbulkannya. Semoga info kesehatan terbaru ini bisa membantu kebingungan Anda mengenai rokok elektrik vapor.

BERBAGI
Seorang wiraswasta sekaligus juru ketik yang mencintai teknologi. Disarankan untuk mencari jodoh secepat mungkin.