Gagal Saat Memulai Bisnis Pertama Kali? Coba Tips, Ide dan Solusi Bisnis...

Gagal Saat Memulai Bisnis Pertama Kali? Coba Tips, Ide dan Solusi Bisnis Bagi Pemula Berikut Ini

Beberapa rekomendasi ide usaha dengan modal kecil

145
BERBAGI
Tips, Ide dan Solusi Bisnis Bagi Pemula

KotakNews.comTips dan Solusi Bisnis Bagi Pemula, Zaman sekarang ini kita semua dituntut untuk berani dalam menghadapi persaingan global terutama dalam hal ekonomi. Walau hanya sebatas usaha sampingan, namun kita tetap membutuhkannya sebagai bisnis pribadi dan proyek jangka panjang. Bisnis skala kecil maupun skala besar tetap memiliki resiko masing-masing.

Kebanyakan orang mengatakan bahwa ia gagal dalam berbisnis, tetapi sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diketahui mengapa kita gagal dalam berbisnis. Berikut penjelasan mengenai alasan gagal berbisnis seseorang pada saat baru memulai usahanya.

1. Perencanaan Bisnis yang Tidak Matang

Bisnis kecil atau besar tetaplah membutuhkan suatu rencana yang matang. Perencanaan yang diperlukan tidak perlu serumit perencanaan suatu bisnis perusahaan yang sudah besar, namun cukup dengan tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Seperti visi dan misi yang nanti akan berguna untuk menetapkan suatu tujuan usaha Anda semua dan juga hal itu akan membantu mengembangkan bisnis Anda. Pada tahap ini anda akan menghemat biaya karena hal ini akan digunakan untuk keperluan jangka panjang.

2. Salah Dalam Menentukan Prioritas

Banyak kegagalan terjadi pada setiap pelaku usaha ini akibat ambisi ingin cepat sukses, sehingga porsinya dalam melakukan usaha sampingan dengan usaha utama bisa menjadi sama besar atau mungkin lebih besar dari pekerjaan utamanya. Hal itu terjadi karena mereka kadang memaksakan diri mengambil banyak pesanan dalam usaha sampingannya. Hal tersebut mengakibatkan hilangnya fokus dan menjadi tidak maksimal dalam melakukan usaha, sehingga banyak muncul komplain dari pelanggan yang nantinya akan menurunkan pendapatan dari usaha tersebut.

3. Salah Menentukan Kebutuhan

Seiring berjalannya waktu banyak pelaku usaha yang sudah berjalan dan terbuai dengan keberhasilan awal dari sebuah bisnis. Misalnya membuat kartu nama, membeli perangkat lunak mahal untuk pembukuan, membuat logo, dan lain-lain. Semua hal tersebut merupakan pengeluaran yang seharusnya bisa ditahan terlebih dahulu. Yang harus diperhatikan oleh pelaku usaha adalah berfokus pada promosi, perijinan, pemasokan bahan baku, membuat strategi pemasaran.

4. Pola Pikir yang Keliru

Dalam membuka suatu usaha harus memiliki pola pikir yang benar. Hal itu wajib dimiliki oleh si pelaku usaha agar tidak menganggap enteng persaingan usaha. Apabila tidak memiliki pola pikir yang benar atau sembrono maka pelaku usaha akan mengeluarkan uang untuk hal yang sia-sia dan dapat berakibat fatal bagi suatu usaha.

5. Tidak Bisa Membangun Jaringan

Selain hal-hal di atas diperlukan juga koneksi atau jaringan yang berguna untuk memperluas pemasaran dan promosi usaha anda. Jaringan disini dapat berupa teman, saudara, pelanggan, dan sebagainya. Hal ini dapat dikembangkan dengan cara menggaet beberapa pelaku bisnis lainnya. Biasanya pelaku usaha akan melakukan pertemuan-pertemuan untuk mengakrabkan diri dengan pelaku usaha lainnya atau juga dapat membuat event yang mengundang beberapa pelaku usaha untuk bergabung dalam diskusi anda. Bila Anda cuek akan networking, Anda akan dapat dipastikan kalah dalam persaingan global. Karena Anda akan kekurangan support dan informasi dari pihak eksternal.

Hal di atas merupakan alasan-alasan yang pada umumnya terjadi ketika kita gagal membuka suatu awal usaha. Jangan pernah menganggap hal-hal enteng seperti yang telah disebutkan diatas. Nah berikut ini adalah beberapa tips dan solusi bagaimana caranya agar Anda sukses dalam berbisnis. Karena berbisnis tidak hanya selalu usaha mana yang menguntungkan. Jika kebanyakan orang melakukan usaha yang memang terlihat menguntungkan namun tidak sesuai dengan passion atau hobi ataupun keinginan jiwanya, tentu akan sulit melakoni usaha tersebut.

Simak Juga :  Harga Buyback Emas PT Antam Pasca Harga Emas Mengalami Penurunan

Untuk itu berikut ini kami berikan rekomendasi ide usaha dengan modal kecil yang beberapa kami kutip dari cermati.com dan mungkin sesuai dengan passion atau bidang yang Anda sukai.

Laundry Kiloan

Lokasi yang paling tepat adalah kunci dari kesuksesan bisnis ini. Hal paling utama yang perlu Anda pertimbangkan adalah pangsa pasar. Kemudian untuk sukses di bisnis ini, Anda harus pintar mencari celah untuk memulainya. Tempat yang terdapat banyak mahasiswa dan karyawan swasta adalah lokasi yang paling tepat untuk membuka usaha ini. Khususnya di daerah yang dekat dengan daerah kampus maupun tempat kerja. Anda bisa memulai menjalankan bisnis ini cukup dengan modal Rp 7,5 juta dengan rincian sebuah mesin pengering dan membeli sebuah mesin cuci satu tabung otomatis. Dan juga jangan lupa untuk membayar gaji seorang pegawai serta membeli perangkat pendukung (misalnya setrika, timbangan dan plastik). Banyaknya pelaku usaha yang terjun membuat persaingan menjadi ketat sehingga tarifnya pun juga jadi bersaing.

Cuci Motor dan Mobil

Zaman sekarang orang rela antri hingga berjam-jam untuk mendapatkan giliran mencuci mobil. Harga, kualitas dan tenaga yang dikeluarkan untuk cuci motor dan mobil ini membuat banyak pemilik kendaraan lebih memilih jasa cuci profesional dibandingkan cuci sendiri. Kebutuhan peralatan yang harus dimiliki juga cukup sederhana. Anda hanya perlu menyediakan kompresor, pompa air, sabun motor, kain lap, dan peralatan semir ban motor. Semua barang tersebut bisa didapatkan dengan dana paling tidak Rp 2 juta untuk jasa cuci motor sederhana, untuk biaya operasional termasuk gaji pegawai Rp 3 juta, membeli peralatan Rp 5 juta, atau maksimal hingga sekitar Rp 10 juta jika Anda ingin membuat jasa cuci motor yang lebih profesional, dan pengeluaran lainnya biasanya dilakukan untuk sewa tempat Rp 2 juta.

Desain Grafis

Usaha sampingan ini sangat cocok bagi karyawan yang bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang desain grafis. Anda bisa menawarkan jasa ke rekanan yang Anda kenal atau melalui beberapa marketplace yang membutuhkan jasa desain grafis. Jasa desain yang banyak dicari adalah logo, kartu nama, maskot, baju, poster, booth dan interior.

Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar namun harus ada komputer atau laptop yang mampu menjalankan aplikasi desain grafis tersebut. Namun tentu saja dengan spesifikasi yang mendukung untuk menjalankan aplikasi atau software yang berhubungan dengan desain grafis. Bisnis ini hanya cukup koneksi internet dan keterampilan yang ulet dan harus Anda tingkatkan selalu untuk menjaga kualitas jasa layanan Anda sebagai desainer.

Les Private

Jasa untuk mengajar private untuk mata pelajaran sekolah sejauh ini banyak ditawarkan oleh mahasiswa yang ingin menambah uang saku mereka atau untuk keperluan biaya kuliah. Awalnya Anda bisa mulai dari teman yang memiliki kesusahan dalam pelajaran kemudian datang rumah ke rumahnya. Tetapi nantinya jika sudah mulai dikenal dan punya banyak murid, Anda dapat membuka tempat les sendiri di rumah sehingga nantinya bukan Anda yang akan keliling tapi para murid lah yang akan mendatangi Anda. Modal yang dibutuhkan hanyalah transportasi dan kemampuan berbicara menyalurkan informasi agar murid Anda paham. Siapa tahu jika sudah semakin berkembang, nantinya Anda bisa membuka usaha bimbingan belajar (bimbel).

Simak Juga :  Heboh! Seorang Pria Tertangkap Karena Tidak Bayar Tol 5 Tahun

Agen Pemasaran Umroh dan Haji

Dalam menjadi agen umroh dapat dipastikan memperoleh keuntungan. Kita hanya meningkatkan ilmu marketing dan cara kita berbicara. Menjadi agen tidaklah susah kita hanya perlu menjadi agen umroh yang terpercaya. Tentunya kita harus melihat legalitas dari perusahaan travel yang ingin diajak kerja sama jangan sampai kita tertipu oleh agen travel yang kita pilih tersebut. Apabila kita sudah melakukan marketing dan memperoleh reputasi yang bagus maka akan terasa mudah bagi kita untuk melanjutkan bisnis ini. Kemudian apabila kita sudah mendapatkan target, kita perlu menjelaskan MOU yang dibuat secara resmi agar tidak ada pelanggaran dan membuat kita lebih profesional. Pendapatan yang bisa kita dapat sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta.

Jual Pulsa Elektrik

Jual pulsa elektrik justru paling banyak dilakukan oleh seorang mahasiswa dan karyawan sebagai usaha sampingan. Mengapa demikian? Karena disekitar mereka banyak sekaliĀ  teman kantor, teman kelas, teman kost, dan sebagainya adalah pasar yang tepat dan menggiurkan. Kabar yang beredar di Jakarta ada yang berpenghasilan Rp 20 triliun per tahun dari bisnis ini. Oleh karena itu, bisnis ini dapat dikatakan memiliki modal yang cukup murah sekitar Rp 50 ribu hingga Rp 1 juta.

Jual Beli Mobil dan Motor Bekas

Usaha sampingan yang menarik lainnya adalah jual beli mobil dan motor bekas. Bisnis ini berpotensi karena dapat dibayangkan dealer di kota sekelas kabupaten saja saat ini setidaknya bisa melepas 50-100 unit kendaraan baru per minggunya. Dapat kita lihat bagaimana cepatnya pertumbuhan bisnis di bidang ini. Mungkin ini kesempatan Anda bisa ikut andil mencari peruntungan di bisnis ini dengan cara jual beli mobil dan motor bekas. Biasanya istilah pasarnya kita sebut sebagai makelar. Jika sudah mulai tahap serius dan ingin berlanjut maka harus mengerti siklus dan persaingan pasar, dan tak ada salahnya mulai buka display mobil dan motor di rumah Anda.

Menjual Produk Berdasarkan Hobi

Bisnis kali ini adalah bisnis musiman. Artinya sesuai dengan keinginan kita. Misalkan kita melihat ada sesuatu yang lagi booming dan Anda gemar dengan alat atau barang tersebut, maka bisa saja Anda menjualnya kembali. Biasanya dibisnis berdasarkan hobi ini diambil dari luar negeri atau import. Dan barang-barang yang dijual biasanya berbentuk tas, sepatu, pakaian, handphone, jam, dan lain-lain. Pendapatan yang dapat diperoleh sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta.

Makanan Pagi (Sarapan)

Bisnis makanan pagi sangatlah menguntungkan apabila target yang ditentukan tepat. Pasalnya, kita tahu bahwa setiap orang terutama orang kantoran akan jarang sekali sarapan dan akhirnya mereka lebih memilih membeli makanan diluar dan memakannya di kantor. Begitu pula mahasiswa mereka akan melakukan hal yang sama ketimbang telat masuk kelas mereka. penghasilan yang didapat jika berhasil sekitar Rp 2 juta per bulan.

Membuka Warung Kopi

Simak Juga :  Pembangunan Tanggul Laut Garuda di Jakarta Diteruskan, Semarang dan Cirebon Menyusul

Warung kopi adalah bentuk usaha yang lagi menjamur di masyarakat. Bentuk bisnis ini mirip seperti cafe namun dalam sekala kecil. Target dari bisnis ini biasanya mahasiswa dan bapak-bapak. Dalam bisnis ini hanya dibutuhkan lahan, kopi, teh, susu, mie instan, gorengan, dan sebagainya. Modal yang dibutuhkan berkisar Rp 10 juta karena diperlukan kursi meja, bahan baku, dan mungkin sewa tempat.

Menjual Aneka Kue

Dalam penjualan kue hanya butuh keterampilan dan hobi. Bisnis ini biasanya dijalankan oleh mahasiswi dan ibu-ibu. Mereka biasanya hanya untuk mengisi waktu luang, namun siapa sangka bahwa dengan menjual kue dapat menguntungkan dan pekerjaannya pun tidak begitu berat. Modal yang dibutuhkan tergantung dengan jenis kue yang ingin kamu jual dan yang pasti hanya puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Berbisnis Online (Blog)

Untuk memulai bisnis blog ini, pilihlah tema yang sesuai dengan passion atau sesuai dengan keingin Anda sendiri seperti misalnya teknologi, wisata, ekonomi, dan lain-lain. Menjadi seorang blogger merupakan sebuah bentuk menyalurkan dan menggabung antara hobi dan pekerjaan. Kunci kesuksesan dari sebuah website atau blog adalah traffic atau jumlah pengunjung yang banyak. Memang untuk mendatangkan pengunjung dalam jumlah besar bukanlah pekerjaan yang mudah. Pendapatan yang dihasilkan dari web atau blog didapatkan dari iklan yang Anda pasang. Bisnis ini diperkirakan hanya membutuhkan modal tidak lebih dari 1 juta atau bahkan gratis jika Anda memulainya dari awal atau tanpa membeli domain dan hosting.

Membuka Toko Online

Di era internet sekarang ini, masyarakat sudah mulai lumrah dengan transaksi online. Pada bisnis ini, Anda tak perlu khawatir dengan modal. Ini karena modal yang perlu dipersiapkan juga relatif kecil. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan sama sekali tentang pembuatan toko online dalam bentuk website toko online, biasanya banyak para developer website yang menyediakan jasa pembuatan website toko online dengan harga yang ditawarkan berkisar Rp 500 ribuan atau lebih. Namun, jika Anda bisa membuat dan mendesain sendiri, maka bisa dibilang nyaris tanpa modal alias gratis.

Beberapa produk yang biasa dijualbelikan di toko online adalah tas, kaos, atau produk barang digital lainnya seperti ebook, perangkat lunak, musik, pakaian, obat herbal, kerajinan khas daerah dan lain sebagainya. Ditambah lagi, bisnis toko online ini bisa dilakukan dengan menjual barang sendiri atau jika Anda belum memiliki modal, cukup menerima barang yag hendak dijual dari orang lain yang ingin menitip jual pada kita atau istilah trennya menjadi reseller atau seller online.

Menjual Foto di Internet

Teknologi digital yang ada jaman sekarang ini sangat mendukung Anda yang ingin membuka usaha sampingan. Apabila memiliki hobi fotografi, maka Anda bisa menghasilkan uang dari foto-foto dari karya Anda sendiri. Caranya adalah menjual foto-foto tersebut secara online. Sebagai langkah awal, ada beberapa situs jual beli foto digital yang melayani transaksi ini dan bersedia membayar foto milik Anda seperti fotolia.com, stockfresh.com, istockphoto.com (komisi 15% per foto) dan shutterstock.com (komisi 20-30% per foto). Beberapa situs tersebut bersedia membayar foto yang Anda hasilkan jika memang fotonya bagus dan berkarakter. Untuk transaksi ini biasanya menggunakan PayPal atau media transaksi online.