Gempa Berkekuatan 6,6 SR Mengguncang NTT, NTB, dan Bali

Gempa Berkekuatan 6,6 SR Mengguncang NTT, NTB, dan Bali

62
BERBAGI
gempa, gempa bumi, gempa NTT, gempa mengguncang NTT, gempa bali

KotakNews.comGempa Berkekuatan 6,6 SR Mengguncang NTT,NTB, dan Bali, Jumat, 30 Desember 2016, menurut konfirmasi BMKG telah terjadi gempa berkekuatan 6,6 SR yang mengguncang Bima dan Bali pada pukul 05.30 WIB. Pusat gempa berada di kedalaman 91 Km pada koordinat 9.37 LS,118.63 BT atau 59 Km Barat Laut Sumbawa Barat Daya Provinsi NTT. Gempa tersebut juga terasa mengguncang Mataram pada pagi hari pukul 06.30 Wita.

Di wilayah Bali, gempa terasa selama kurang lebih 5 detik, sedangan di wilayah Sumbawa Barat terasa selama 3 detik dan Mataram selama 5 detik. Masyarakat yang merasakan goncangan hebat langsung berhamburan keluar rumah.

BMKG memperkirakan gempa yang terjadi kemungkinan berdampak kerusakan ringan di daerah Sumba bagian barat dan utara, serta daerah Bima bagian selatan. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, “Masyarakat di himbau untuk selalu waspada. Respon terbaik saat merasakan gempa adalah keluar rumah atau bangunan secepatnya dan berkumpul di teman yang aman,”.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan terus melakukan pemantauan dan akan menyampaikan secepatnya terhadap kondisi di lapangan. Saat ini belum diterima laporan tentang adanya korban jiwa dan kerusakan bangunan. Menurut sutopo, bangunan masih kuat untuk menahan gempa, jika ada kerusakan itupun kerusakan ringan.

Menurut laporan BMKG, sejam setelah terjadinya gempa bumi berskala 6,6 SR, baru terjadi satu kali gempa susulan yang berkekuatan 4,4 SR. Pihak BMKG akan terus memantau aktifitas gempa bumi yang mungkin akan terjadi dan akan menyampaikan hasilnya secara terbuka kepada masyarakat khususnya wilayah yang terkena gempa.

Menurut Sutopo, gempa berkekuatan 6,6 SR ini tidak berpotensi tsunami, masyarakat tidak perlu panik tetapi harus terus waspada. Gempa tersebut berasal dari subduksi pertemuan 2 lempeng, yaitu lempeng Hindia Australia dan Eurasia.

Simak Juga :  Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi MIX. Smartphone Xiaomi Terbaru yang Tanpa Bezel

Relawan dan masyarakat pasca banjir di Kota Bima juga merasakan guncangan cukup keras. Mereka melakukan penanganan darurat dan berhamburan keluar bangunan, pasien yang sedang di rawat juga di keluarkan dari bangunan.