Guna Kembangkan Ekonomi Daerah, Kemenhub Perpanjang Landasan Pacu 8 Bandara

Guna Kembangkan Ekonomi Daerah, Kemenhub Perpanjang Landasan Pacu 8 Bandara

1072
BERBAGI

KotakNews.com – Guna meningkatkan konektivitas perhubungan udara diwilayah Indonesia, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan akan segera melakukan kegiatan pengembangan Infrastruktur Bandara. Setidaknya ada 8 bandara yang landasan pacunya (runaway) akan diperpanjang.

Dengan perpanjangan landasan pacu, maka kedelapan bandara tersebut yang selama ini hanya memiliki panjang landasan pacu dibawah 2.000 meter akan ditingkatkan hingga minimal sepanjang 2.250 meter. Sehingga bandara tersebut bisa didarati oleh pesawat udara sejenis Boeing 737 yang sebelumnya hanya bisa didarati oleh pesawat jenis ATR-72.

Hadi M Juraid staf khusus keterbukaan informasi publik menteri perhubungan sebagaimana dilansir dari liputan6.com, Rabu 17/12/2014, menuturkan bahwa perpanjangan landasan pacu kedelapan bandara tersebut menjadi prioritas karena lahan pengembangannya telah siap. Total nilainya anggaran pengembangan ini mencapai Rp 1,207 triliun.

Pengembangan kedelapan bandara itu memang masih belum seberapa dibanding jumlah bandara di Indonesia yakni 237 bandara. Dimana sebagian besar dari jumlah tersebut dikelola oleh UPT Kementerian perhubungan, hanya 26 bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I dan II. Adapun kedelapan bandara yang akan dikembangken tersebut yakni :

  1. Bandar Udara Rembele, Takengon, NAD
  2. Bandar Udara Blimbing Sari, Banyuwangi, Jawa Timur
  3. Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur
  4. Bandar Udara Tojo Una Una, Sulawesi Tengah
  5. Bandar Udara Kuabang Kao, Maluku Utara
  6. Bandar Udara Ibra, Dumatubun, Maluku
  7. Bandar Udara Saumlaki Baru, Maluku
  8. Bandar Udara Dekai, Yahukimo, Papua

Kedepan bandara-bandara lain akan terus dikembangkan secara bertahap guna menekan biaya tarif dan disparitas harga antar wilayah yang tinggi, sehingga akhirnya akan memacu pertumbuhan ekonomi di daerah. (fap)

Simak Juga :  Industri Jamu Indonesia Akan Rambah Thailand, Vietnam dan Myanmar
BERBAGI
Seorang wiraswasta sekaligus juru ketik yang mencintai teknologi. Disarankan untuk mencari jodoh secepat mungkin.