HIV/AIDS Menyerang Puluhan Ibu Hamil di Situbondo

HIV/AIDS Menyerang Puluhan Ibu Hamil di Situbondo

306
BERBAGI
HIV/AIDS Menyerang Puluhan Ibu Hamil di Situbondo

KotakNews.com – HIV/AIDS Menyerang Puluhan Ibu Hamil di Situbondo, Virus HIV/AIDS (Human Immunudeficiency Virus (HIV)/Acquired Immune Deficiensy Syndrome (AIDS) merupakan virus paling berbahaya yang sangat sulit untuk disembuhkan. Untuk itu pemerintah berupaya mendata jumlah para penderita HIV/AIDS sebagai upaya pencegahan agar virus tersebut tidak menyebar lebih jauh.

Di Situbondo, Jawa Timur, menurut keterangan dari Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Situbondo, pada tahun 2017 ini telah tercatat ada 200 orang terjangkit virus HIV/AIDS yang 32 di antaranya adalah para ibu hamil.

“Tahun ini (2017) saja penderita HIV/AIDS yang baru ditemukan ada sekitar 200 orang, dan dari ratusan pengidap HIV/AIDS baru ini sebanyak 32 orang di antaranya merupakan ibu sedang hamil,” ujar Abu Bakar Abdi Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Situbondo di Situbondo, pada Rabu kemarin  (16/8/17) seperti yang dikutip dari Antara.

Menurut keterangan Abu Bakar,  jumlah penderita HIV/AIDS di Situbondo sejak 2010 hingga Agustus 2017 terus bertambah hingga jumlah penderita virus tersebut telah mencapai 810 orang.

Sedangkan pada 2016 lalu, tercatat ada sekitar 66 orang yang meninggal dunia  akibat terjangkit virus mematikan tersebut.

Dari hasil data yang didapatkan, ratusan pengidap HIV/AIDS itu tersebar di 17 kecamatan Kabupaten Situbondo.

“Oleh karena itu saat ini kami terus fokus melakukan pendampingan medis bagi penderita HIV/AIDS termasuk bagi ibu hamil agar tidak menular ke bayi yang dikandungnya,” ucapnya.

Akibat tingginya jumlah penderita HIV/AIDS di Situbondo, Dinas Kesehatan melakukan gerakan mobile VCT (voluntary counseling test). Selain itu, petugas Dinas Kesehatan juga mendeteksi lebih dini para warganya yang positif terjangkit virus ini dengan cara memeriksa setiap ibu hamil. Karena kemungkinan terbesar mereka tertular HIV/AIDS karena suaminya sering ‘jajan’. Ketika suami berhubungan intim dengan istrinya, maka akan dengan mudah mereka menularkan virus HIV/AIDS.

Simak Juga :  Indonesia Akan Ciptakan Pesawat R80 Untuk Kebutuhan Dalam Negeri

“Yang paling memprihatinkan jika seorang kepala keluarga melakukan hubungan seksual dengan PSK yang terjangkit HIV/AIDS kemudian dengan mudah menularkan virus tersebut kepada istrinya,” ujar dia.

Abu Bakar menambahkan bahwa penyebab tertinggi penderita HIV/AIDS disebabkan karena perilaku seks bebas atau sering berganti pasangan. Terlebih lagi, pengidap HIV/AIDS banyak menjangkit para warga yang masih tergolong dalam usia produktif.

BERBAGI
A kind girl who likes working hard.