Indahnya Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur

Indahnya Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur

2907
BERBAGI

KotakNews.com – Kepulauan Derawan merupakan surga tropis yang tersembunyi di Indonesia. Tempat wisata ini memang belum seterkenal Bali tetapi menyimpan sejuta keindahan alam yang tak kalah indahnya. Kepulauan Derawan diklaim oleh berbagai orang sebagai tempat wisata kedua terkaya di dunia setelah Raja Ampat. Kekayaan itu berupa keanekaragaman makhluk dan biota laut.

Apa yang Dilakukan di Kepulauan Derawan?

Kepulauan Derawan memiliki garis pantai yang panjang dengan pantai berpasir putih dan halus. Semakin indah dengan sinar matahari dan nyiur yang melambai di sepanjang pantai di kepulauan tersebut. Di samping itu, air laut yang jernih menjadi daya pikat kepulauan Derawan. Lalu sebenarnya apa saja yang bisa dilakukan dan dinikmati saat berkunjung ke Kepulauan Derawan? Jangan khawatir dengan hal tersebut karena kepulauan ini menawarkan berbagai keindahan objek wisata alamnya.

Menikmati Kehidupan Bawah Laut

Ketika Anda berkunjung ke kepulauan Derawan, hal wajib yang harus dilakukan adalah dengan menikmati keindahan alam bawah laut. Ada berbagai biota dan habitat bawah laut yang begitu mempesona dan memanjakan mata. Lalu apa saja makhluk laut yang bisa ditemui di kepulauan Derawan? Anda akan menemukan ikan pari, ikan duying, ubur-ubur dan lumba-lumba. Anda bisa menyelam di kawasan laut kepulauan Derawan dengan ubur-ubur tanpa rasa khawatir terkena sengatannya karena ubur-ubur di kepulauan ini sangat berbeda. Anda bisa berenang berdampingan dengan ubur-ubur tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa menjumpai penyu hijau raksasa dengan berbagai aktivitasnya meliputi penyu yang sedang bersantai, berenang ataupun bertelur. Tak hanya disuguhkan penyu hijau, Anda juga bisa menikmati indahnya pemandangan bawah laut dengan menyelam atau snorkeling. Menikmati malam di kepulauan Derawan juga sangat mengasyikkan karena Anda bisa melihat berbagai macam biota laut yang memancarkan cahaya warna-warni yang menjadi pemandangang menakjubkan.

Simak Juga :  Pesona Istimewa Aneka Destinasi Wisata Berlibur Keluarga

Berkeliling di Berbagai Gugusan Kepulauan Derawan

Menikmati keindahan bawah laut Kepulauan Derawan merupakan atraksi utama saat Anda berkunjung ke tempat wisata tersebut. Tetapi, ada hal yang tak boleh dilupakan yaitu mengunjungi berbagai gugusan kepulauan Derawan seperti Pulau Sangalaki, Kakaban, Nabucco, Derawan, Maratua dan Bakungan. Kelima pulau tersebut sangat menakjubkan dengan panorama dan kekayaan alam yang menawan. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas disana dengan berenang, diving, berjemur ataupun snorkeling. Anda tak perlu khawatir jika tak punya peralatan berenang karena ada tempat persewaan khusus peralatan renang, diving dan snorkeling. Anda bisa berjalan kaki untuk berkeliling menikmati indahnya kepulauan Derawan karena pulaunya tak terlalu besar. Tetapi, untuk menyeberang satu pulau ke pulau lainnya, Anda bisa menyewa kapal untuk berkeliling menikmati panorama kepulauan Derawan.

Bagaimana Cara Pergi Ke Kepulauan Derawan?

Kepulauan Derawan terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Gugusan kepulauan ini mulai tersohor namanya karena keindahan alam dan keanekaragam biota lautnya. Anda bisa menyaksikan berbagai biota laut di kepulauan ini dengan sedikitnya 460 jenis terumbu karang dan 870 jenis ikan laut. Bagaimana cara untuk berwisata di Kepulauan Derawan? Ada dua cara untuk menjangkau kepulauan Derawan yaitu melalui jalur darat dan udara.

Via Darat

Jika Anda mengingikan perjalanan murah ke Kepulauan Derawan, melalui jalur darat adalah pilihan tepat. Anda bisa menyewa mobil, naik bus atau travel untuk menuju ke kepulauan Derawan. Tetapi, setelah sampai di Tanjung Batu, Anda harus berganti dengan jalur laut dengan menaikki speedboat. Jalur ini memang sedikit ribet dan lama.

Via Udara

Bagi para pelancong yang tinggal di luar pulau Kalimantan, jalur udara merupakan pilihan terbaik. Anda melakukan penerbangan ke Balikpapan. Setelah sampai Balikpapan, Anda bisa memilih dua cara yaitu lewat Kabupaten Berau atau kota Tarakan. Jika melalui Tarakan, biayanya lebih murah tetapi tak ada penyewaan speedboat regular. Melalui kota Tarakan akan jauh lebih mudah jika Anda pergi secara berombongan.

Simak Juga :  Bisnis Yang Luar Biasa Itu Memerlukan Beberapa Hal Ini!
BERBAGI
Seorang wiraswasta sekaligus juru ketik yang mencintai teknologi. Disarankan untuk mencari jodoh secepat mungkin.