Indonesia Akan Mengirim Perwakilannya untuk Bertanding dalam Ajang Sains di Amerika

Indonesia Akan Mengirim Perwakilannya untuk Bertanding dalam Ajang Sains di Amerika

160
BERBAGI
Indonesia Akan Mengirim Perwakilannya Untuk Bertanding dalam Ajang Sains di Amerika

KotakNews.com – Indonesia Akan Mengirim Perwakilannya untuk Bertanding dalam Ajang Sains di Amerika, Pada tanggal 14-19 Mei 2017 mendatang, akan digelar ajang lomba sains Intel International Science and Engineering Fair (Intel ISEF) 2017 di Los Angeles, Amerika Serikat. Indonesia ikut serta dalam ajang tersebut dengan mengirimkan beberapa perwakilannya. Para peneliti remaja yang merupakan pemenang dalam Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) tahun 2016 rencananya akan dikirim untuk mewakili Indonesia dalam ajang bergengsi tersebut. Mereka akan diberangkatkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Dalam setiap tahunnya, ajang Intel International Science and Engineering Fair (Intel ISEF) 2017 di Los Angeles, Amerika Serikat tersebut digelar dengan diikuti oleh 1.800 peserta dari 75 negara dengan memberikan hadiah sebesar 4 juta US dolar bagi pemenangnya. Tujuan digelarnya ajang ini adalah untuk melihat talenta dari para remaja di seluruh dunia di panggung internasional di mana para ilmuwan tingkat doktoral akan meninjau dan menilai hasil karya mereka.

Pemenang Intel ISEF 2016 (Foto: student.societyforscience.org)

Kompetisi di Amerika Serikat tersebut melupakan peluang bagi para pemenang LKIR Indonesia untuk menunjukkan kemampuan mereka di ajang ilmiah internasional seperti yang diungkapkan oleh Kepala LIPI Iskandar Zulkarnain mengatakan. “Juga kesempatan berharga untuk mengembangkan jaringan mereka yang akan berguna di masa depan,” ungkap beliau dalam keterangan resmi pada Minggu (7/5/2017) seperti yang dilansir dari cnnindonesia.com.

Ini sudah keenam kalinya Indonesia mengikuti ajang sains internasional tersebut. Para wakil dari Indonesia ini selalu mendapat pembinaan intensif selama enam bulan dari para peneliti LIPI sebelum diberangkatkan ke ajang pertandingan tersebut. “Mulai dari mentoring kegiatan penelitian, pelaporan dan penulisan hasil penelitian, penyiapan media presentasi, sampai teknik presentasi ilmiah dalam bahasa Inggris”, tutur Kepala Biro Kerja Sama, Hukum dan Humas LIPI Nur Tri Aries S.

Simak Juga :  Donald Trump Kembali Menjadi Sorotan Netizen Terkait Pemilihan Kepala CIA yang Baru karena Rasis

Sebanyak 10 remaja Indonesia yang akan diberangkatkan ke Amerika Serikat untuk berkompetisi dengan peserta dari negara – negara lainnya tersebut adalah:

  1. Chyntia S.Y.H dan Zahratul Jannah asal SMAN 80 Jakarta. Mereka ini juara II LKIR kategori Life Sciences dengan penelitian Hubungan Daya Rekat Lamella Cicak Rumah(Cosymbotus platyurusTerhadap Tingkat Kekasaran Media Pijak Melalui Pengamatan Perilaku.
    2. Azizah Dewi Suryaningsih dari SMAN 1 Yogyakarta, juara I LKIR kategori Earth and Marine Sciences dengan penelitian Hutan Bambu: Sistem Penahan Laju Awan Panas Gunung Merapi.
    3. Shofi Latifah Nuha Anfaresi dan Intan Utami Putri dari SMA 1 Sungailiat Provinsi Bangka Belitung. Keduanya adalah juara III LKIR kategori Earth and Marine Sciences dengan penelitian Pemanfaatan Pasir Laut Bangka sebagai Adsorben Ion Logam Berat Pb pada Tailing Timah Kapal Isal Produksi.
    4. Latifah Mar’atun Sholikhah dari SMA Teras Boyolali Jawa Tengah. Dia ini juara I LKIR kategori Social Sciences dengan penelitian Anak-Anak Terbuang (Studi tentang Sikap Masyarakat terhadap Penderita ADHA di Surakarta).
    5. Miranti Ayu Kamaratih dan Octiafani Isna Ariani dari SMA Al Hikmah Surabaya, Juara I LKIR kategori Engineering Sciences dengan penelitian Konversi Energi Surya Menjadi Energi Listrik melalui Prototype Dye Sensitized Solar Cells (DSSC) Menggunakan Ekstrak Pewarna Alami dari Kulit Buah Naga Merah.
    6. LIPI juga akan membawa Aiman Hilmi dan Muhammad Farhan asal SMAN 1 Yogyakarta sebagai student observer.

    Miranti Ayu Kamaratih dan Octiafani Isna Ariani dari SMA Al Hikmah Surabaya, sebagai salah satu perwakilan peserta lomba Intel ISEF (Foto: detik.com)