Indonesia Tawari China Beli Surat Utang Negara (SUN)

Indonesia Tawari China Beli Surat Utang Negara (SUN)

8145
BERBAGI

KotakNews.com Cadangan devisa China sangat besar mencapai US$ 3,73 triliun per Maret 2015. Dengan kondisi tersebut, pemerintah Indonesia menawarkan kepada Bank Central China untuk membeli Surat Utang Negara (SUN). Schneider Siahaan, Direktur Strategis dan Portfolio Utang, Ditjen Pembiayaan dan Pengeloaan Risiko (DJP2R) menjelaskan, tawaran ini terkait dengan perluasan basis investor. Seiring dengan kebutuhan pembiayaan yang terus meningkat.

Untuk kelompok Bank Sentral yang selama ini aktif dalam pembelian SUN adalah dari Timur Tengah, Eropa dan, beberapa negara lainnya untuk fund long term atau jangka panjang. Nilainya mencapai Rp 102,3 triliun pada posisi 7 Juli 2015. Dalam mekanisme SUN, dikenal tiga jenis investor. Pertama adalah investor swasta dengan tenor jangka pendek, kedua investor swasta dengan tenor jangka panjang, dan ketiga adalah kelompok pemerintah dan bank sentral. Tercatat dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2015, total target penerbitan SBN yang ditetapkan sebesar Rp 452,1 triliun.

Diakui oleh Schneider bahwa Indonesia tetap akan menarik bagi investor. Karena buktinya dari target penerbitan SUN yang sebesar Rp 452,1 triliun pada 2015, sudah berhasil dieksekusi sebanyak 68,1% atau Rp 312,4 triliun per 7 Juli 2015. Daya tarik Indonesia terletak pada pengelolaan makro ekonomi yang relatif bagus. Meskipun di tengah perlambatan ekonomi, namun Indonesia masih mampu tumbuh tinggi pada kisaran 5%. Kemudian inflasi yang terkendali serta situasi politik yang semakin stabil. (fap)

Simak Juga :  Diduga Mabuk, Pilot Citilink Ini Akhirnya Dibebastugaskan