Info Tips Wisata ke Pulau Gili Labak, Surga Wisata Snorkeling Tersembunyi di...

Info Tips Wisata ke Pulau Gili Labak, Surga Wisata Snorkeling Tersembunyi di Jawa Timur

242
BERBAGI
Info Tips Wisata ke Pulau Gili Labak Madura
(Foto: www.tripbromo.info)

KotakNews.comTips Wisata dan Info Backpacker ke Pulau Gili Labak Madura, Gili Labak. Apa yang terbersit dipikiran Anda ketika mendengar nama ini? Daerah wisata di Lombok? Bukan… Banyak orang yang mengira Gili Labak merupakan destinasi wisata menarik lainnya di Lombok karena memiliki nama awalan yang sama dengan tiga pulau Gili (Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air) yang menjadi andalan wisata di Lombok.

Nah menariknya, Gili Labak juga merupakan tempat wisata air dengan daya tarik yang sama dengan ketiga tempat wisata Gili di Lombok tersebut. Gili Labak juga menawarkan pengalaman snorkeling tak terlupakan bagi para wisatawan dengan keindahan bawah laut serta gugusan karang yang membuat kita ingin berlama-lama melihatnya.

Pulau kecil yang berada di Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Madura, ini juga menawarkan keindahan pasir putih yang memukau. Sangat cocok untuk dijadikan spot foto liburan Anda. Hunting foto apik juga bisa Anda dapatkan di pulau ini. Kecantikan pulau yang disebut-sebut surga tersembunyi di Jawa Timur ini memang sudah tidak diragukan lagi.

Buat Anda yang berada di Provinsi Jawa Timur dan memimpikan untuk melakukan liburan di Karimun Jawa yang terletak di Jepara, sebaiknya Anda berkunjung dulu ke Pulau Gili Labak ini. Karena kebanyakan wisatawan yang telah mengunjungi destinasi wisata baru di Jawa Timur mengatakan bahwa Gili Labak ini merupakan ‘Karimun Jawa‘ dari Jawa Timur.

Wisata Snorkeling di Pulau Gili Labak Madura

Untuk menuju ke Pulau Gili Labak ini juga cukup mudah. Karena rute dan sarana transportasi menuju Pulau Gili Labak ini tergolong mudah. Namun karena lokasinya yang berada di wilayah paling timur Pulau Madura membuat jarak tempuhnya menjadi agak lama.

Simak Juga :  Taman Pintar, Wisata Pendidikan Bagi Anak-anak Di Yogyakarta

Ada banyak cara untuk menuju wisata Gili Labak. Jika Anda berasal dari luar Jawa Timur dan ingin memilih metode atau cara backpacker ke Gili Labak, tujuan awal Anda yaitu menuju Terminal Bungurasih, Surabaya. Dari Terminal Bungurasih, pilihlah bus yang menuju Kota Sumenep. Ada dua alternatif transportasi bus yang bisa Anda pilih, Ekonomi dan AC. Perbedaannya, bus AC atau Patas ini melewati jalur Tol Suramadu (Jembatan Surabaya-Madura) dengan waktu tempuh sampai di Sumenep yaitu 4 hingga 5 jam perjalanan. Sedangkan bus ekonomi menggunakan jalur laut atau menggunakan kapal ferry untuk menyeberang ke Pulau Madura. Waktu tempuh untuk Anda yang memilih menggunakan bus ini yaitu sekitar 6 jam perjalanan. Meskipun agak lama, dengan memilih bus ekonomi, biaya yang Anda keluarkan juga lebih murah.

Setelah sampai di Terminal Sumenep, Anda masih harus melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Kalianget yang merupakan tempat penyeberangan menuju Pulau Gili Labak. Anda bisa menggunakan jasa angkot atau ojek dengan kisaran biaya sekitar Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu.

Setelah tiba di Pelabuhan Kalianget, satu step terakhir yang harus Anda lakukan untuk dapat menyeberang ke hidden treasure Jawa Timur ini adalah dengan sewa jasa perahu atau boat ke Gili Labak yang sudah banyak tersedia di pelabuhan itu. Biasanya ketika ada wisatawan yang datang, para pemilik perahu akan langsung menawari menggunakan jasa perahu mereka. Biaya untuk sewa perahu ini memang tergolong mahal, sekitar Rp 400 ribu hingga Rp 500 ribu untuk penyeberangan PP. Tergantung keberuntungan dan ilmu tawar menawar Anda :). Lama perjalanan untuk menyeberang menuju Pulau Gili Labak adalah sekitar 2 hingga 3 jam. Tergantung kondisi cuaca dan ombak.

Simak Juga :  Tempat Wisata Jabodetabek Menarik untuk Keluarga

Tips wisata ke Pulau Gili Labak Madura

  1. Untuk Anda yang ingin berwisata ke Gili Labak dengan cara backpacker, agar lebih hemat ajaklah teman-teman atau rombongan Anda. Dengan membawa rombongan dalam jumlah banyak, Anda juga bisa lebih menekan biaya seperti sewa angkot dan sewa perahu atau boat.
  2. Jika tidak ingin ribet, gunakan jasa agen wisata terbaik yang Anda ketahui. Karena dengan menggunakan jasa agen wisata, Anda tidak perlu repot-repot berpindah-pindah transportasi. Dan tentunya kegiatan liburan Anda bisa lebih nyaman karena sudah ada yang mengatur semuanya.