Ini Bahayanya Jika Menstruasi Tak Kunjung Datang

Ini Bahayanya Jika Menstruasi Tak Kunjung Datang

754
BERBAGI
Terhambatnya Menstruasi
KotakNews.comIni Bahayanya Jika Menstruasi Tak Kunjung Datang, Semua wanita normal pastilah akan mengalami masa – masa menstruasi setiap bulannya. Namun, terkadang ada juga menstruasi yang ditunggu – tunggu tak kunjung datang. Hal ini menyebabkan perasaan was – was bagi sebagian wanita. Bisa jadi ada faktor yang menyebabkan terhambatnya menstruasi tersebut datang. Untuk itu disarankan bagi para wanita untuk mengenali apa penyebab menstruasi anda tak kunjung datang.
Mengutip dari produkwish.com, biasanya terganggunya siklus menstruasi disebabkan karena wanita mengalami stress berat. Terlalu banyak beban pikiran menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Penggunaan alat kontrasepsi bagi wanita yang sudah menikah pun juga dapat memicu terhambatnya menstruasi. Selain itu, gangguan hormon dalam tubuh juga bisa berpengaruh terhadap siklus menstruasi yang tak teratur. Misalnya gangguan pada tiroid yang menjadi sebab terjadinya gangguan fungsi atau produksi hormon tiroid pada kelenjar tiroid, bisa menimbulkan efek yang buruk bagi wanita.
Menurut dr. Em Yunir, SpPD-KEMD dari PB PERKENI, gangguan tiroid bisa menyebabkan adanya gangguan pada kehamilan wanita. Bila wanita mengalami hipotiroid atau hormon tiroid rendah, maka ia akan sulit hamil. “Karena dalam sistem reproduksi atau hormon perempuannya terganggu, sehingga pada pasien hipotiroid, siklus menstruasinya akan terganggu. Ada beberapa bulan dia bisa tidak menstruasi sehingga tidak ada ovulasi atau indung telur tidak matang,” ujar Yunir saat ditemui di Kementerian Kesehatan, Jakarta,pada Jumat, 26 Mei 2017.
Terlebih lagi bagi wanita yang menderita hipertiroid atau hormon tiroidnya berlebihan, sering terjadi gerak peristaltik pada rahimnya. Hal ini membuat pembuahan sulit terjadi. Akan tetapi jika pembuahan bisa terjadi, risiko abortusnya akan sangat tinggi. Biasanya pada trimester pertama wanita tersebut akan mengalami keguguran. “Kalau tetap berhasil masuk trimester kedua, yang terjadi adalah pertumbuhan janin terhambat. Perkembangannya, penambahan berat badan janin tidak sesuai dengan usia kehamilan,” imbuh Yunir.
Walaupun demikian, gangguan tiroid tidak berarti membuat wanita tidak bisa hamil. Hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat yang mampu mengembalikan kinerja tiroid secara normal. Jika anda mau berusaha, pastilah akan selalu ada jalan keluar.
Simak Juga :  Meninggalnya Jupe yang Menorehkan Sejuta Kenangan
BERBAGI
A kind girl who likes working hard.