Ini Yang Menyebabkan Kelelahan Ketika Mengemudi

Ini Yang Menyebabkan Kelelahan Ketika Mengemudi

10434
BERBAGI

KotakNews.com Arus mudik dalam rangka lebaran Idul Fitri sudah mulai ramai. Akibatnya jalur mudik menjadi padat dengan kendaraan, macet terjadi dimana-mana. Kemacetan yang timbul dapat menjadi penyebab melemahnya stamina pengemudi yang dapat menimbulkan kelelahan, hal ini dapat menimbulkan kecelakaan.  Harus Anda ketahui bahwa seorang pengendara yang mengalami kelelahan memiliki resiko kecelakan 20 kali lipat lebih besar daripada seorang pegemudi yang dalam keadaan bugar. Perlu diketahui juga bahwa waktu yang paling berbahaya bagi seorang pengemudi yang kelelahan adalah sekitar tengah malam sampai dengan pukul 6 pagi.

Menurut pereli Rifat Sungkar sebagaimana dikutip dari detikcom (11/07/2015), ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kelelahan saat berkendara dan cara mudah untuk menghindarinya adalah tidur yang cukup dan menjaga asupan makanan. Penyebab kelelahan dapat disebabkan oleh 3 faktor yaitu:

  1. Tidur

Apakah Anda memiliki gangguan atau kurang tidur, akumulasi dari tidur yang kurang, dan juga kurangnya waktu tidur dalam waktu yang panjang atau lebih dari 17 jam dapat mempengaruhi kesehatan Anda dan membuat Anda cepat lelah saat berkendara.

  1. Kerja

Apakah Anda berkerja dengan waktu yang lama sehingga Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat dari perkerjaan Anda.

  1. Kesehatan

Apakah Anda kurang sehat ketika berkendara atau sedang mengkonsumsi obat-obatan dari dokter.

Untuk itu Anda harus perlu waspada untuk mengenali kapan gejala kelelahan mulai Anda alami. Berikut adalah beberapa tanda orang kelelahan:

  1. Hilangnya kewaspadaan, keadaan dimana Anda tidak dapat merespon atau bergerak cepat dalam keadaan darurat atau melakukan tindakan keamanan seperti saat kondsi normal.
  2. Mengantuk, perasaan mengantuk dan mungkin agak melayang dan tertidur ketika mengemudi terkadang tidak Anda ketahui. Harus Anda ketahui kondisi seperti ini lah yang banyak sekalli menyebabkan kendaraan keluar dari jalur dan berakibat kecelakaan.
  3. Tertidur saat berkendara, sudah ada banyak kasus kecelakaan tunggal yang disebabkan oleh kondisi ini. Situasi ini menyebabkan si pengendara tidak dapat mengontrol atau mengambil keputusan dengan tepat beberapa saat sebelum terjadinya tabrakan.
Simak Juga :  Kawah Putih, Destinasi Wisata Nan Eksotis Di Selatan Kota Bandung

Menurut Rifat, pikiran yang kelelahan mungkin dipengaruhi oleh banyaknya masalah dalam perkerjaan, rumah tangga dan hal lainnya, situasi seperti ini akan banyak mempengaruhi Anda ketika Anda berkendara. Hal perlu yang dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah istirahat dan tidur yang cukup. Apalagi Anda yang ingin melakukan perjalanan mudik menjelang hari raya, sebaiknya sebelum Anda melakukan perjalanan jauh. Anda seharusnya sudah mempersiapkan diri Anda jauh sebelum Anda akan melakukan perjalanan mudik dengan menjaga kesehatan Anda dan jangan membiarkan masalah yang membuat Anda stress mempengaruhi kondisi kesehatan Anda. (fap)

BERBAGI
Seorang wiraswasta sekaligus juru ketik yang mencintai teknologi. Disarankan untuk mencari jodoh secepat mungkin.