Inilah Akibatnya Jika Anda Menghentikan Rutinitas Berolahraga

Inilah Akibatnya Jika Anda Menghentikan Rutinitas Berolahraga

598
BERBAGI
Inilah Akibatnya Jika Anda Menghentikan Rutinitas Berolahraga

KotakNews.comInilah Akibatnya Jika Anda Menghentikan Rutinitas Berolahraga, Olahraga merupakan kegiatan rutin yang perlu anda lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun biasanya anda merasa malas untuk berolahraga saat badan terasa kurang sehat. Bahkan mungkin anda menghentikan olahraga rutin anda karena sakit dalam kurun waktu yang cukup lama. Selain itu, padatnya aktivitas juga membuat anda tidak sempat untuk melakukan olahraga secara teratur. Namun pernahkah anda membayangkan apa yang terjadi jika anda menghentikan rutinitas olahraga anda?

Dilansir dari kompas.com, berhentinya aktivitas berolahraga dalam tempo waktu 10 – 12 hari akan menyebabkan volume pukulan, kapasitas olahraga dan output jantung akan menurun. Dampaknya akan sangat terasa saat anda akan memulai aktivitas berolahraga lagi.

Massa otot akan berkurang dalam 2-3 minggu. Karena air dan glikogen yang merupakan cadangan energi di otot menurun hingga mencapai 50 persen dalam dua minggu. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa akan terjadi penurunan otot 1,5 pound setelah 3 minggu karena berkurangnya air. Selain itu faktor usia juga berpengaruh besar terhadap massa otot yang hilang karena semakin tua usia seseorang akan membuat massa otot berkurang semakin cepat.

Hal berikutnya yang akan terjadi dalam tubuh anda adalah meningkatnya tekanan darah karena kinerja pembuluh darah semakin melambat akibat sistem kerja jantung yang lambat. Arteri yang kaku menyebabkan vena sulit bersilkulasi dan menyebabkan tekanan darah meningkat. Hal ini akan terjadi setelah tiga minggu anda berhenti olahraga.

Kemudian akan terjadi peningkatan gula darah dalam tubuh. Hal ini akan beresiko terhadap timbulnya penyakit diabetes, jantung, dan tiroid.

Berat badan anda akan bertambah dan bahkan membuat berat badan anda lebih cepat naik. Padahal memiliki badan yang kurus merupakan hal yang paling diinginkan terlebih bagi anda para wanita.

Simak Juga :  Nintendo Switch, Konsol Game Terbaru Berkonsep Hybrid Portable yang Bisa Dibawa Kemana-Mana
Berhenti olahraga akan membuat badan mudah letih (Foto: nova.grid.id)

Anda akan lebih cepat merasa capek dan letih karena 50 persen metabolisme dalam tubuh anda mengalami penurunan. Energi anda saat beraktivitas akan lebih cepat habis dari hari – hari biasanya disaat anda rutin melakukan olahraga.

Otak anda akan berkerja lebih lambat dari biasanya. Menurut penelitian berhenti olahraga memberikan efek terhadap kesehatan otak. Aliran darah yang menuju ke otak akan berjalan lancar saat anda rutin berolahraga. Namun, saat anda menghentikan aktivitas olahraga anda, maka kinerja otak menjadi lebih lambat akibat lambatnya aliran darah yang mengalir ke otak.

BERBAGI
A kind girl who likes working hard.