Kampung Wisata yang Indah Berwarna – warni Sedang Booming Saat ini

Kampung Wisata yang Indah Berwarna – warni Sedang Booming Saat ini

502
BERBAGI

KotakNews.com – Kampung Wisata yang Indah Berwarna – warni Sedang Booming Saat ini, Saat ini marak sekali kampung – kampung yang disulap menjadi objek wisata. Dulunya kampung adalah tempat yang biasa saja dan penuh dengan pemukiman. Namun sekarang dengan kreativitas para warganya yang mumpuni dan bantuan dari pemerintah yang peduli dengan lingkungan, kampung bisa disulap menjadi objek wisata dengan mengecat setiap dinding rumah tersebut dengan aneka warna.

Baru – baru ini kampung di Semarang, tengah menjadi perbincangan di beberapa media asing. Wajar saja, kampung ini tampil nyentrik dengan aneka warna pelangi menghiasi dinding dan atap rumah penduduk. Kampung yang dikenal dengan nama “Kampung Pelangi” ini terletak di Kelurahan Randusari, Semarang Selatan yang lokasinya tidak begitu jauh dari obyek wisata Tugu Muda dan Lawang Sewu.

Kampung Pelangi Semarang (Foto: tribbunnews.com)

Media berita asal Amerika, Bustle menyatakan, “This Rainbow Village Indonesia is Too Glorious For Your Unicorn Frappucino Eyes.” Yang artinya “Kampung Pelangi terlalu cantik untuk mata Unicorn Frappucino Anda”. Media asal Inggris punmengatakan bahwa kampung ini sebagai salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Indonesia, seperti yang dikutip dari cnnindonesia.com.

Sebenarnya masih beberapa kampung wisata indah yang berwarna – warni seperti yang Semarang miliki. Misalnya saja Kampung Wisata Jodipan di Kota Malang, Jawa Timur atau yang dikenal sebagai Kampung warna-warni. Kampung ini dulu merupakan ‘permukiman kumuh’ sekarang menjadi lokasi yang banyak dikunjungi wisatawan. Tiap akhir pekan diperkirakan jumlah pengunjung yang datang mencapai ratusan orang.

Kampung Warna Warni Malang (Foto: merahputih.com)

Inisiatif untuk mencat kampung ini muncul dari sejumlah mahasiswa mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammaidyah Malang yang tergabung dalam kelompok guyspro. Koordinator guyspro, Nabila Firdausiyah mengaku awalnya ingin mengubah perilaku warga di bantaran sungai yang membuang sampah ke sungai, Jodipan dipilih lantaran terlihat memiliki lanskap yang bagus dilihat dari jembatan Jalan Gatot Subroto. Pengecatan dilakukan oleh masyarakat dengan bantuan tentara dan juga bantuan salah satu produsen cat di Malang pada Juni 2016.

Simak Juga :  Surga Indah dan Tersembunyi di Pulau Kanawa

Selain itu, kota banyuwangi juga menciptakan view pemandangan yang menawan yaitu “Kampung Warna-warni Sungai Kalilo Banyuwangi”. Sungai yang dulunya hanya menjadi pemandangan yang biasa-biasa saja bahkan dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah kini disulap menjadi pemandangan yang cukup cantik, fress bahkan berpotensi sebagai obyek wisata baru. Ide ini adalah hasil kerjasama dari Institut Teknologi Sepuluh November (IKA-ITS) Surabaya dan Pemkab Banyuwangi yang didukung oleh masyarakat sekitar, mereka bergotong royong kurang lebihnya 90 alumni, pemkab banyuwangi dan masyarakat melakukan pengecatan dan bersih-bersih untuk membuat Sungai Kalilo tampil lebih indah dan sedap dipandang.

Kampung Warna di Sungai Kalilo Banyuwangi

Bantaran sungai kalilo ini berlokasi di Kelurahan Singonegaran, Kecamatan Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Lokasinya obyek ini juga sangat strategis yaitu berada di tengah kota dan hal tersebut membuat wajah kota banyuangi tampil cerah bak pelangi.

Nah, dengan banyaknya kampung warna yang bertebaran di Indonesia, kini anda para penggemar selfie bisa dengan mudah ber-hunting foto tanpa membutuhkan biaya yang mahal.