Kapal Mutiara itu Terbakar Dengan Puluhan Nyawa di Dalamnya

Kapal Mutiara itu Terbakar Dengan Puluhan Nyawa di Dalamnya

221
BERBAGI
Korban Kapal Mutiara Sentosa 1

KotakNews.com – Kapal Mutiara itu Terbakar Dengan Puluhan Nyawa di Dalamnya, Pada Jumat (19/5/2017) sekitar pukul 18.00 WIB, KM Mutiara Sentosa 1 terbakar di perairan Pulau Masalembu. Lokasi terbakarnya kapal itu berada di titik 05°33.01 S – 114° 34.25 E atau 3 mil timur laut Pulau Masalembu, Kecamatan Masalembu, Sumenep, Madura. Kapal tersebut sebenarnya bertolak dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada hari Kamis (18/5) pukul 23.41 WIB dengan tujuan ke Balikpapan, menurut data manifes dari Kesyahbandaran Tanjung Perak Surabaya, namun secara tiba-tiba kapal itu terbakar. Diketahui kapal tersebut membawa 44 awak kapal dan 134 penumpang serta sejumlah kendaraan.

Menurut informasi kebakaran itu terjadi dari dek kapal. Padahal upaya untuk memadamkan api telah dilakukan dengan menggunakan APAR dan sprinkler namun hal tersebut tidak mampu memadamkan api. Api pun terus membakar dek lantai dasar kapal hingga menjalar ke seluruh bagian kapal termasuk tempat persedian bahan bakar minyak kapal. Akhirnya nakhoda pun memerintahkan anak buah kapal (ABK) dan penumpang naik sekoci.

Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Suwardi, membenarkan peristiwa tersebut. Menurut dia, saat ini kapal sudah hampir separuh dilalap di jago merah dan sebagian penumpang sudah berhasil dievakuasi.

Sudah 30 orang penumpang yang diselamatkan dengan tugboat yang kebetulan melintasi sekitar lokasi kebakaran. “Hingga saat ini masih 30 orang penumpang yang berhasil dievakuasi ke daratan karena kebetulan saat terjadi kebakaran, ada kapal tugboat lewat dan langsung mengevakuasi penumpang kapal yang terbakar tersebut,” kata Suwardi.

“Informasi dari anggota Polsek Masalembu per Jumat (19/5) pukul 23.40 WIB, sebagian penumpang yang dievakuasi itu langsung dibawa ke puskesmas,” kata Suwardi pada Sabtu (20/5/2017) dini hari, seperti dikutip Antara. Sebanyak 41 orang sudah berada di Puskesmas Masalembu dan 30 orang sudah dalam perjalanan ke daratan Masalembu. Informasinya, masih ada 30 orang lainnya berada di lambung kapal. Sebanyak 89 orang penumpang sudah berada di Syahbandar.

Simak Juga :  Aktor dan Komedian Jerry Lewis Tutup Usia

Pada Sabtu pagi petugas gabungan kembali melakukan operasi pencarian korban Kapal Motor (KM) Mutiara Sentosa 1 tersebut. Proses pencarian sempat dihentikan karena terkendala cuaca dan kondisi penerangan. “Sekarang kita lanjutkan pencarian mulai disisir lagi untuk mencari apakah masih ada korban atau tidak,” ujar petugas Syahbandar Masalembu, Mamat. Mamat menambahkan proses pencarian korban juga dibantu oleh nelayan setempat. Sedangkan kapal, saat ini sudah mulai dievakuasi ke perairan dangkal. “Kita juga dibantu nelayan kampung untuk melakukan pencarian,” ucapnya.

Kemudian menurut informasi yang didapatkan dari Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwonugroho dalam pernyataan tertulisnya, korban KM Mutiara Sentosa I yang sudah ditemukan hingga saat ini sementara 10 orang tiga meninggal dunia, tujuh selamat kata, seperti yang dilansir dari metronews.com pada Sabtu (20/5/2017).

BERBAGI
A kind girl who likes working hard.