Kawah Putih, Destinasi Wisata Nan Eksotis Di Selatan Kota Bandung

Kawah Putih, Destinasi Wisata Nan Eksotis Di Selatan Kota Bandung

22165
BERBAGI

KotakNews.com – Anda pernah Travelling ke Bandung? Bila anda travelling ke Bandung, luangkan waktu untuk mampir ke Kawah Putih yang berlokasi di Ciwidey, sekitar 50km kearah selatan Kota Bandung. Kawah Putih beralamat di Jalan Raya Soreang-Ciwidey KM 25 berlokasi tidak jauh dari tempat wisata Situ Patenggang. Kawah Putih berada di daerah dataran tinggi, sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut, dengan suhu 8 derajat Celsius sampai dengan 22 derajat Celsius.

Kawah Putih merupakan danau yang terbentuk akibat dari letusan Gunung Patuha sekitar abad ke 10. Sesuai dengan namanya, tanah yang ada di kawasan ini berwarna putih akibat dari pencampuran unsur belerang. Sedangkan air danau berwarna putih kehijauan dan dapat berubah warna dikarenakan faktor suhu, cuaca dan kadar belerang yang dalam air.

Kawah putih ditemukan oleh Franz Wilhelm Junghuhn pada tahun 1837. Junghuhn adalah seorang ahli botani dengan kebangsaan Jerman. Sebelumnya banyak orang beranggapan bahwa lokasi kawah putih merupakan kawasan angker, hal ini disebabkan setiap burung yang terbang melewati kawah putih akan jatuh dan mati. Akan tetapi kepercayaan tersebut berubah setelah diketahui penyebabnya yakni adanya kandungan belerang tinggi dikawasan kawah putih.

Kawasan wisata Kawah Putih mulai dikembangkan pemerintah sekitar tahun 1987, tempat wisata ini cukup unik dan eksotis karena memberikan pengalaman kepada wisatawan untuk menyaksikan air danau yang dapat berubah warna. Untuk menuju kawasan kawah putih juga mudah, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Harga tiket juga tidak merobek kantong traveler, cukup Rp. 15.000 per orang. Kawah putih juga sudah didukung oleh fasilitas yang memberikan kenyamanan kepada wisatawan. Fasilitas tersebut antara lain, area parkir yang cukup luas, pusat informasi, musholla, restaurant dan toilet.

Simak Juga :  Keindahan Alam Dan Atraksi Lumba-lumba Di Teluk Kilauan Lampung

Juga disediakan fasilitas transportasi bagi traveler yang memarkir kendaaan di gerbang, sebab biaya parkir diatas dekat kawah putih jah lebih mahal dibanding parkir digerbang. Fasilitas transportasinya disebut ontang anting, ongkosnyapun pasti terjangkau. Kendaraan ontang anting merupakan mini bus yang dimodifikasi menjadi terbuka serta dilengkapi dengan pengaman, sehingga wisatawan dapt menikmati pemandangan sepanjang jalan menuju kawah putih. Kapasitas maksimal untuk 1 ontang-anting adalah 12 orang, namun jangan kuatir tidak kebagian tempat karena ada banyak ontang anting beroperasi di kawasan ini. Bagaimana, cukup asyik bukan bila berwisata ke Kawah Putih? (fap)

BERBAGI
Seorang wiraswasta sekaligus juru ketik yang mencintai teknologi. Disarankan untuk mencari jodoh secepat mungkin.