Kebakaran Kapal Zahro Express Menuai Spekulasi

Kebakaran Kapal Zahro Express Menuai Spekulasi

288
BERBAGI
Kebakaran Kapal Zahro Express, Kapal Zahro, kronologi insiden kapal zahro, kapal zahro terbakar, kepulauan seribu

KotakNews.comKebakaran Kapal Zahro Express, Menuai Spekulasi, Minggu (01/01/2017), telah terjadi kebakaran hebat yang menimpa Kapal Zahro Express yang saat itu tengah mengangkut ratusan penumpang dengan rutu menuju Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. Kapal Zahro sering melayani wisatawan yang ingin berlibur di daerah sekitar Pulau Seribu.

Dari kebakaran tersebut, diketahui korban yang meninggal dunia berjumlah 23 orang. Salah satu korban selamat, Munaldi, menyayangkan fasilitas keselematan yang di sediakan karena fasilitas tersebut di anggap belum cukup untuk menjaga keselamatan para penumpang.

Munaldi menceritakan kejadian di dalam kapal saat detik – detik kebakaran terjadi, beberapa penumpang yang mencoba tenang dan tidak panik, perlahan tapi pasti membagikan pelampung sterofom ke sejumlah penumpang. Dengan bantuan pelampung tersebut, Munaldi bersama istri, anaknya, ibu kandung, dan tiga adiknya selamat dari tragedi naas itu meskipun sempat terombang ambing di lautan selama kurang lebih 30 menit.

Kementrian Perhubungan (Kemenhub) sudah mulai melakukan investigasi terkait penyebab kebakaran Kapal Zahro Express. Dari hasil investigasi, spekulasi awal adalah kapal terbakar akibat percikan api di mesin kapal dan mengenai bahan bakar minyak.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), 194 penumpang dinyatakan selamat, 17 orang penumpang sampai sekarang belum dapat di konfirmasi keberadaannya, sedangkan 9 orang lainnya masih di rawat di Rumah Sakit Atmajaya, Jakarta Utara. Sisanya berada di RSCM, RSPAD Gatot Subroto, RS Pertamina, dan RSUD Budiasih.

Diketahui Kapal Zahro Express berangkat pukul 08.00 dari Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, menuju Pulau Tidang. Pukul 08.15, terdengar percikan api menyala disertai ledakan dari ruang mesin. Saat api menjalajar cepat, penumpang pun panik dan berdesakan keluar ruangan, hingga ada penumpang yang nekat terjun ke laut sebelum mengenakan pelampung.

Simak Juga :  Terpidana Mati Kasus Narkoba Segera Dieksekusi, Kenapa WN Prancis Serge Atlaoui Tidak Termasuk?

Sebagian korban yang berhasil keluar dari kapal Zahro, diselamatkan oleh kapal nelayan yang berada di sekitar tempat kejadian. Saat pukul 08.50, kapal pemadam Suku Dinas Pemadam Kebaran dan BPBD melakukan bantuan penyelamatan. Penumpang selamat di evakuasi ke Rumah Sakit terdekat.