Ketahui Tips Trekking Aman Gunung Rinjani Sebelum Melakukan Pendakian

Ketahui Tips Trekking Aman Gunung Rinjani Sebelum Melakukan Pendakian

1499
BERBAGI
Tips Trekking Aman Gunung Rinjani
Gunung Rinjani (Foto: www.trekkingrinjani.com)

KotakNews.com – Ketahui Tips Trekking Aman Gunung Rinjani Sebelum Melakukan Pendakian, Bagi sebagian orang yang belum kenal dengan dunia pendakian atau pecinta alam, Gunung Rinjani hanya merupakan salah satu gunung dengan puncak tertinggi dan namanya dijadikan nama salah satu kapal motor penumpang (KMP) PT Pelni. Namun untuk seorang pendaki atau yang hobi melakukan trekking, menaklukan puncak Gunung Rinjani merupakan sebuah impian dan motivasi yang sangat luar biasa.

Gunung yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, ini memang menyajikan pemandangan alam sekitar yang sungguh tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Memiliki ketinggian 3.726 mdpl, gunung yang menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha ini menjadi destinasi wisata trekking favorit bagi sekelompok pendaki pecinta alam.

Tidak hanya pemandangan alam yang sangat syahdu untuk memanjakan mata, cerita legenda yang ada pada Gunung Rinjani ini juga membuat para pendaki semakin penasaran untuk dapat mendaki ke gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Menurut cerita warga Pulau Lombok, Dewi Anjani yang merupakan sosok jin penguasa di wilayah ini bersemayam di gunung ini dan sering menampakkan diri ke beberapa pendaki.

Selain keindahan pemandangan sekitar, unsur mistis yang ada di dalam Gunung Rinjani ini memang menjadi salah satu daya tarik bagi para pendaki. Memang sih semua tempat pasti ada unsur mistis dan konon memiliki ‘penunggu’. Bahkan bisa dikatakan semua gunung tertinggi yang menjadi gunung tujuan utama pendaki memiliki cerita mistis masing-masing yang tidak boleh kita abaikan kisahnya. Sebut saja beberapa gunung yang oleh mayoritas pendaki sering memperlihatkan kesakralannya seperti Gunung Semeru, Gunung Arjuno, Gunung Merbabu, dll. Namun hal ini malah membuat para pendaki semakin greget dan penasaran untuk menaklukan gunung-gunung tersebut.

Simak Juga :  Warga Indonesia di Berbagai Negara Serempak Memberikan Dukungannya Untuk Ahok

Karena sakral dan memiliki unsur mistis serta medan trekking yang tidak mudah, beberapa persiapan matang harus dipikirkan sebelum melakukan trekking atau pendakian apalagi untuk Anda yang masih pemula dan belum pernah punya pengalaman mendaki gunung.

Berikut beberapa tips trekking pendakian Gunung Rinjani yang aman untuk Anda.

Siapkan Fisik dan Stamina

Ini sangat penting sebelum melakukan trekking ke Gunung Rinjani. Karena untuk mencapai puncak Gunung Rinjani, para pendaki yang sudah berpengalaman membutuhkan waktu sekitar 4-5 hari. Jadi jika fisik dan stamina Anda belum siap, sebaiknya urungkan niat Anda untuk mendaki gunung ini.

Waktu yang Tepat Untuk Trekking Gunung Rinjani

Beberapa gunung yang tergabung dalam Taman Nasional memiliki masa buka dan tutup. Jadi sering-sering mencari info apakah jalur pendakian Gunung Rinjani sudah dibuka untuk umum atau belum. Jika sudah, jangan terburu-buru untuk kesana. Hindari melakukan trekking saat musim ramai seperti hari liburan nasional karena bisa dipastikan Anda tidak akan nyaman melakukan pendakian.

Peralatan dan Perlengkapan yang Wajib Dibawa ke Gunung Rinjani

Setelah menemukan waktu yang tepat serta sudah melatih fisik dan stamina, perhatikan perlengkapan yang harus Anda bawa.

Peralatan dan perlengkapan yang wajib Anda bawa untuk trekking ke Gunung Rinjani adalah:

  • Tas carrier
  • Sepatu trekking termasuk kaus kaki dan gaiter
  • Trekking pole
  • Sarung tangan, jaket tebal, jas hujan, dan penutup kepala
  • Matras dan sleeping bag untuk tidur
  • Peralatan keamanan (senter dan headlamp)
  • Stok air minum yang cukup
  • Peralatan memasak dan makan (kompor, sendok, piring, gelas, dll)

Alat tambahan yang mungkin berguna:

  • Kamera waterproof
  • Alat pancing ketika di Segara Anak
  • Buah-buahan yang mengandung kandungan air yang banyak
Simak Juga :  Proses Pembangunan Baterai Terbesar di dunia Milik Tesla Masih Separuh Jalan

Jalur Awal Naik Terbaik di Gunung Rinjani (Sembalun atau Senaru)

Beberapa pendaki menyarankan untuk mengambil jalur Sembalun untuk dapat sampai ke puncak Gunung Rinjani. Ini karena menurut beberapa pendaki, jalur Senaru meskipun landai, namun terasa sangat jauh dan rimbun. Beberapa pendaki kebanyakan menyerah saat memilih jalur Senaru.

Spot Terbaik Mendirikan Tenda atau nge-Camp Untuk Bermalam di Gunung Rinjani

Untuk tips ini beberapa pendaki menyarankan untuk tidak melakukan pendakian saat malam hari. Jika Anda belum mencapai Sembalun dan malam sudah tiba, hendaknya mendirikan tenda di pos 2 karena jalur ke Sembalun yang cukup menguras tenaga. Setelah bermalam di pos 2, pagi hari lanjutkan perjalanan menuju Sembalun dan kemudian ngecamp dengan memilih spot tenda yang dekat dengan mata air dan dekat dengan jalur trekking setelahnya.

Itulah beberapa tips penting dan aman untuk trekking ke Gunung Rinjani.

Jika sudah sampai puncak dan ingin kembali ke kota asal, jangan lupa untuk membawa sampah-sampah Anda. KARENA GUNUNG BUKAN TEMPAT SAMPAH…