KH Hasyim Muzadi Tutup Usia

KH Hasyim Muzadi Tutup Usia

497
BERBAGI
KH Hasyim Muzadi Tutup Usia

KotakNews – KH Hasyim Muzadi Tutup Usia, Mantan Ketua PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) sekaligus Dewan Pertimbangan Presiden KH Hasyim Muzadi tutup usia. Pagi ini di kediamannya di Pondok Pesantren Al-Hikam Malang, beliau dinyatakan meninggal dunia di umurnya yang ke 73 tahun. Sebelumnya beliau sempat dilarikan ke rumah sakit Lavalette Kota Malang sejak bulan Januari lalu karena kelelahan. Kemudian kondisinya membaik dan pihak keluarga memutuskan untuk membawanya pulang ke Ponpes Al-Hikam Malang.

 

Hari ini di pondok pesantren Al-Hikam cabang Malang, penjagaan dilakukan secara ketat oleh para santri juga polisi yang memblokade jalan menuju ponpes Al-Hikam. Hanya pentakziyah yang diperbolehkan masuk ke dalam pondok.

 

Kamudian menurut Arief Zamhuri, menantu dari almarhum KH Hasyim Muzadi. Setelah keluar dari rumah sakit yang pertama, beliau sempat berkeliling Ponpes Al-Hikam cabang Depok dengan kursi rodanya, lalu menunjuk pada satu lahan tanah sebagai lokasi makamnya kelak.

 

“Sebulan sebelum beliau meningggal. Beliau pakai kursi roda. Beliau jalan pagi-pagi ‘nanti makan saya di sini’. Waktu beliau sehat sepulang dari rumah sakit yang pertama. Beliau menunjuk tempat itu langsung. Mungkin itu isyarat,” Ujar Arief pada awak media Kompas.

 

Begitu pula keinginannya yang masih belum tercapai, yaitu mendirikan pondok pesantren di daerah Iwul Bogor. Rencana itu ia sampaikan pada Achmad Sodiq, kerabat terdekatnya. Seperti yang dilansir dari Detik News, “Pesannya dicarikan uang, dikembangkan agar lebih luas lagi. Tanah itu di Iwul, Kabupaten Bogor, ada lima hektare, Al-Hikam Bogor,” ucap Achmad Sodiq.

 

Semoga rencana mulia dan amal ibadah beliau diterima disisi-Nya.

Simak Juga :  Istri Bos Snapchat Miranda Kerr Terlibat Kasus Korupsi Loh