Khasiat dan Manfaat Nanas Muda Bagi Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Nanas Muda Bagi Kesehatan

169
BERBAGI
nanas-muda
nanas muda

Nanas buah segar yang menggoda, buah yang sering kali kita jumpai tetapi apa kita tau manfaat dan kasiat buah nanas tersebut, dan ada pula kekurangkan dari buah nanas tersebut dan bisa membahayakan untuk tubuh.

Buah Nanas adalah buah yang kaya akan vitamin karbohidrat karena buah nanas mengandung beberapa gula sederhana yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Selain itu nanas juga mengandung potein dengan asam amino “valin, leusin, proline dan sistein” dan nanas juga mengandung mikronutrien yaitu vitamin C, Kalsium, Fosfor, Magnesium, zat besi, Natrium, dan Kalium.

Kandungan Gizi pada Buah Nanas

Selain itu nanas juga memiliki kandungan lain seperti zat kimia lain yaitu enzim bromelin dan protease yang bisa menghidrolisis protein dan asam chlorogen. Senyawa yang ada pada buah nanas adalah saponin, flavonoid, dan polifenol.

Kandung Bromelin pada buah nanas ini bisa meningkatkan penyerapan anti biotik sehingga baik dikonsumsi oleh orang yang sedang dalam pengobatan antibiotik.

Khasiat dan Manfaat Nanas Muda Bagi Kesehatan :

Buah nanas memiliki kandungan serat yang cukup baik dan kadar air yang tinggi, serat pada buah nanas bisa mempermudah buang air besar, mengkonsumsi buah nanas sangat disarankan kepada penderita sembelit “konstipasi” sedangkan pada kadar air yang tinggi pada buah nanas dapat membantu untuk melarutkan zat zat yang sulit dicerna serta mempercepat saat pembuangan zat.

Enzim Bromelin yang terdapat pada buah nanas adalah enzim Proteolitik yang berperan dalam pemecahan proteindan bromelin mempunyai kemampuan dalam memecah protein sebesar 1000 kali beratnya.

Salah satu penyusun bakteri yaitu protein. Selain itu Enzim bromelin yang terdapat pada buah nanas mempunyai kemampuan memodulasi respons imunitas sel T sel B dan mengaktifkan macrofag dan sel pembunuh alami.

Simak Juga :  Pemilihan Presiden AS Berakhir, Pergerakan Harga Emas Meningkat dan Investor Beralih ke Investasi Berisiko Rendah

Nah dengan mengkonsi nanas bisa meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh kita.Mempercepat penyembuhan pada luka, dan juga meningkatkan penyerapan obat antibiotik, selain dari itu bromelin juga mempunyai asam sitrat dan asam malat yang berfungsi sebagai penghancur lemak serta mempercepat dalam pembuangan lemak.

Nanas Sangat baik di konsumsi oleh orang yang ingin diet sebagai salah satu cara menurunkan berat badan yang alami ataupun untuk mengurangi lemak dalam pembuluh darah.

Bukan hanya itu Enzim protease pada buah nanas memilkiki keunggulan sebagai komponen antitumor.

Manfaat Nanas Bagi Kesehatan :

1. Mampu Menyembuhkan Cacingan

Caranya : Kupaslah buah nanas 1 buah dan dicuci sampai bersih lalu dibilas dengan air masak secukupnya dan masaklah setelah itu parut dan peras dan disaring hasil sari atau parutanya setelah selesai minumlah pada si penderita atau anak.

2. Menghilangkan Mual-mual

Nanas disini mampu menghilangkan mual, dengan cara jus lah buah nanas yang segar lalu minumlah, mual akan terasa hilang, untuk anda yang sedang bepergian jauh dan merasakan perut terasa mual-mual anda bisa meminum jus nanas segar ataupun langsung di santap langsung nanas potongan hal ini bisa menghilangkan rasa mual.

3. Memperkuat Tulang

Untuk memperkuat tulang ada banyak cara, di kandungan buah nanas ini memiliki kandungan yang melimpah untuk memperkuat tulang, lakukanlah minum jus nanas segar dalam sehari hal ini untuk menceggah osteoporosis pada wanita. Lakukanlah secara rutin agar tulang tera lebih kuat dan sehat.

4. Menyembuhkan Luka Keseleo atau Memar

Buah nanas ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk menyembuhkan luka memar atau keseleo, caranya adalah buka atau kupas buah nanas matang dan potong dan di jus setelah itu minumlah sari atau sari jusnya sampai habis untuk menyembuhkan luka memar atau keseleo.

Simak Juga :  Cara Mengembalikan Performa iPhone atau iPad Lemot

5. Menyembuhkan Luka Bakar Penyakit Kulit dan Bisul

Di dalam kandungan buah yang segar ini sangat baik untuk menyembuhkan luka bakar, penyakit pada kulit dan bisul, Caranya adalah cuci daun nanas hingga bersih lalu tumbuklah hingga bersih setelah itu tempelkan dibagian luka tersebut hingga merata.

6. Menyembuhkan Penyakit Radang

Terkadang penyakit tenggorokan sangat menggangu aktifitas kita sehari-hari bukan? Nanas ini bisa menyembuhkan radan tenggorokan, caranya kupaslah buah nanas yang segar dan matang cuci hingga bersih lalu di potong dan di jus atau di parut hingga halus dan minumlah air sari tersebut hingga 3 kali dalam sehari.

7. Menyembuhkan Peradangan Kulit

Terkadang peradangan dikulit sangat mengganggu penampilan yang dikarenakan kulit bersisik dan mengelupas, dengan kandungan nanas mampu menyembukannya caranya dengan kupas buah nanas setengah yang sudah matang lalu parut dan setelah diparut oleskan parutan tersebut di bagian kulit yang bersisik atau mengelupas lakukan hal ini sebelum tidur dan setelah tidur baru dibilas air dengan bersih.

Baca Juga Manfaat Lainnya :

8. Mengobati Sembelit

Sembelit ini sangat menggagu aktifitas kita sehari-hari bukan? Banyak dari buah-buahan yang mampu menyembuhkan penyakit ini, nanas lah salah satunya Untuk mengatasi hal ini kupaslah buah nanas yang sudah matang dan dicuci hingga bersih lalu di jus atau di parut dan di peras setelah itu minumlah sarinya sehabis makan dan lakukan sehari 2 kali minimal ½ gelas sekali minum.

Simak Juga :  Diduga Mabuk, Pilot Citilink Ini Akhirnya Dibebastugaskan

9. Membantu Pencernaan

Pencernaan yang lancar sangat baik untuk tubuh kita bukan karena ini merupakan salah satu pola hidup sehat. Ada banyak untuk melakukan memperlancar pencernaan seperti dengan memakan sayuran dan buah-buahan yaitu salah satunya adalah buah nanas hal ini sudah terbukti dari para ahli.

10. Menurunkan berat badan

Ada banyak sebaian perempuan yang ingin mengecilakan perut atau biasa dibilang diet, dengan nanaslah pilihan yang tepat dan baik untuk melakukan hal tersebut menurunkan berat badan secara alami dan sehat, caranya dengan kupas buah nanas segar dan ½ matang lalu cuci hingga bersih dan parutlah atau di jus setelah itu minumlah sari dari buah nanas tersebut lakukan hal ini 2 kali dalam sehari.

# Perhatian :

  • Untuk ibu yang sedang hamil tidak boleh meminum jus nanas atau parutan nanas muda.
  • Untuk yang menderita kencing manis atau diabetes mellitus di anjurkan agar membatasi mengkonsumsi nanas dikarenakan kandungan gula pada nanas matang sangat tinggi.

Banyak sekali bukan manfaat dan khasit buah nanas untuk kesehatan yang mungkin dari sebagian kita belum mengetahui hal ini, semoga tulisan yang singkat ini bermanfaat.