Kiat Untuk Para Jomblo yang Merasa Kesepian Saat Menjalani Ramadhan

Kiat Untuk Para Jomblo yang Merasa Kesepian Saat Menjalani Ramadhan

244
BERBAGI
Kiat Untuk Para Jomblo yang Merasa Kesepian Saat Menjalani Ramadhan

KotakNews.com – Kiat Untuk Para Jomblo yang Merasa Kesepian Saat Menjalani Ramadhan, Hay kamu para jomblo – jomblo kesepian. Ramadhan kayaknya memang terasa kurang greget tanpa adanya pasangan yang menemani puasa. Sudah, jangan bersedih. Masih ada keluarga yang selalu nemenin kamu kok saat buka dan sahur. Jadi kenapa harus sedih? Kalau kamunya lagi jauh dari rumah, lagi nyelesain tugas negara di perantauan. Cocoknya ikutin kiat- kiat ini deh agar kamu gak baper karena gak punya pasangan di bulan Ramadhan ini.

  1. Menerima Kenyataan Bahwa Memang Kamu Harus Sendiri Untuk Saat ini.

    (Foto: mursafirdoks.blogspot.com)

Memang mencoba menerima kenyataan itu bukanlah hal yang mudah banget. Tapi kalo diniati dari hati dan mencoba pasrah untuk menerima segala keputusan Allah, insya Allah hati ini akan lega banget. Adem banget rasanya. Disaat berada dalam kesendirian sembari kamu ikhlas menerima kenyataan, manfaatin juga waktu kesendirianmu untuk instropeksi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik.

  1. Buka Al – Qur’an

    (Foto: iuq.edu.qh)

Eits, ini maksudnya bukan hanya dibuka aja loh ya. Al – Qur’an nya ya harus dibaca dong. Tau nggak? Disaat kesedihan dalam hati itu datang. Coba deh kamu ambil air wudhu terus ngaji. Kesedihan di hatimu insya Allah bakal ilang kok. Malah biasanya kamu akan nangis saat membaca Al Qur’an dengan perasaan yang trenyuh dan campur aduk. Setelah nangis, lega deh rasanya. Beban di hati menghilang tanpa bekas. Selain itu, kamu juga bakalan dapet banyak pahala kalo mau membaca Al Qur’an di bulan Ramadhan.

  1. Datangi Masjid 

    (Foto: syahida.com)

Saat Ramadhan banyak kegiatan yang akan diadakan di masjid. Dari pada cuma duduk-duduk di rumah dan nonton sinetron di TV yang malah bikin kamu nanti baper, coba deh pergi ke masjid. Ikut sholat jama’ah akan jadi solusi terbaik. Disana pun kamu akan terhibur dengan adanya siraman rohani dari para kiyai. Kamu juga bakalan ketemu dengan banyak orang. Kamu bisa mengobrol dengan mereka dan berbagi pengalaman serta ilmu.

   4. Menjadi Relawan

Agar tak merasa kesepian, coba sedekahkan waktu dan tenaga dengan menjadi relawan di masjid atau komunitas muslim yang ada. Bisa saja mereka memerlukan tenaga tambahan saat menyiapkan hidangan buka puasa, membersihkan area masjid atau mengawal anak-anak tadarusan. Berkah pun kamu dapat, saudara baru pun mendekat.

   5. Saling Berbagi

(Foto : poltekesmalang.blogspot.com)

Saat ramadhan dari pada kesepian di rumah, ajak teman – teman kamu untuk mengumpulkan donasi. Bisa berbentuk uang atau menu takjil. Tapi lebih enakan kalau donasi atau shodaquhnya berbentuk makanan agar bisa dibagikan ke orang – orang yang nggak mampu atau tetangga sekitar saat menjelang berbuka puasa. Kegiatan itu akan mengibur hatimu yang lagi galau deh. Kamu juga bisa merasa seneng banget karena bisa membantu orang – orang yang membutuhkan.

Jadi nggak usah galau lagi ya? Karena sebenarnya Allah sedang mempersiapkan rencana terbaik untuk hidupmu kedepannya. Intinya saat perasaan kesepian itu datang, jangan menyendiri di kamar. Keluarlah dan perbanyak komunikasi dengan sahabat, keluarga dan tetangga agar kamu dapat mengalihkan kesepianmu itu dengan hal – hal yang mungkin bisa bermanfaat. Tenang, Allah selalu bersama kamu kok. Jadi jangan bersedih lagi ya.

Simak Juga :  Cara Membuat Email Melalui Gmail Terbaru
BERBAGI
A kind girl who likes working hard.