Kini India Telah Memiliki Satelit Telekomunikasi dan Penyiaran

Kini India Telah Memiliki Satelit Telekomunikasi dan Penyiaran

206
BERBAGI
Kini India Telah Memiliki Satelit Telekomunikasi dan Penyiaran

KotakNews.com – Kini India Telah Memiliki Satelit Telekomunikasi dan Penyiaran, Kemarin pada hari Jumat (5/5/2017) secara resmi India meluncurkan satelit komunikasi Asia Selatan GSAT-9 barunya di pangkalan antariksa Sriharikota, Teluk Bengal, sekitar 80 km di sebelah utara Chennai di selatan Negara Bagian Andhra Pradesh pada pukul 16.57 waktu setempat. Badan Riset Luar Angkasa India (ISRO) telah menghabiskan waktu tiga tahun untuk membangun satelit yang diluncurkan oleh Geo-synchronous Satellite Launch Vehicle (GSLV-F09).

Satelit tersebut akan digunakan para tetangga India untuk memperbaiki layanan komunikasi mereka. Satelit seberat 2,230 kilogram itu memiliki perangkat sinyal 12 pita Ku band dan dirancang untuk dapat berfungsi selama lebih dari 12 tahun. Ku Band adalah bagian dari spektrum elektromagnetik yang jarak frekuensi dalam gelombang mikro mencapai 11,7 hingga 12,7 GHz dan 14 hingga 14,5 GHz.

Satelit ini juga mampu menyediakan hubungan komunikasi penting antar negara pada saat bencana alam. Tak hanya itu, satelit akan memungkinkan berbagai layanan ke tetangga India di bidang telekomunikasi dan penyiaran seperti layanan televisi, direct-to-home (DTH), pendidikan, telemedicine, dan peramalan cuaca, selain dukungan manajemen bencana, seperti yang dilansir dari  antaranews.com. Layanan peramal cuaca dari satelit tersebut juga akan membawa keuntungan besar bagi Asia Selatan karena wilayah ini sering mengalami gempa bumi, badai siklon, banjir dan tsunami.

Selain itu peluncuran satelit ini menuai banyak ucapan selamat dari berbagai pihak. Terutama dari Narendra Modi. “Dengan ini saya mengatakan sangat bangga dengan mereka. Satelit ini sebagai “hadiah tak ternilai” bagi tetangga India. Hadiah ini tidak memiliki kesejajaran di dunia luar angkasa. Semua konsorsium regional lainnya adalah perusahaan komersial untuk mencapai keuntungan,” kata Perdana Menteri India itu, seperti dikutip situs BBC, Sabtu (6/5/2017).

Simak Juga :  Harga Oppo Smartphone Edisi Selfie Terbaru Pilihan

Tujuan dari peluncuran ini utamanya adalah untuk membantu negara-negara regional yang tergabung dalam The South Asian Association for Regional Cooperation (SAARC) demi meningkatkan layanan telekomunikasi dan penyiaran mereka. Sri Lanka, Maladewa, Bangladesh, Nepal dan Bhutan juga termasuk ke dalam negara yang akan mendapat keuntungan dari diluncurkannya satelit ini.