Lebih Dekat dengan Sosok Ezra Walian, Pemain Ajax Amsterdam Junior Berdarah Manado

Lebih Dekat dengan Sosok Ezra Walian, Pemain Ajax Amsterdam Junior Berdarah Manado

713
BERBAGI
Lebih Dekat dengan Sosok Ezra Walian, Pemain Ajax Amsterdam Junior Berdarah Manado
(Foto: instagram.com/ezrawalian)

KotakNews.com – Lebih Dekat dengan Sosok Ezra Walian, Pemain Ajax Amsterdam Junior Berdarah Manado, Beberapa tahun belakangan skuad sepakbola Timnas Indonesia diisi oleh beberapa pemain naturalisasi yang memang berdarah atau memiliki asal usul dari Indonesia. Mereka diantaranya seperti Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly yang baru saja membela Indonesia di AFF Suzuki Cup 2016. Kedua pemain tersebut merupakan pemain berdarah campuran Indonesia – Belanda.

Namun tahukah Anda jika masih ada satu orang lagi talenta muda Indonesia – Belanda yang belakangan ini menjadi buah bibir media di Indonesia. Dialah Ezra Harm Ruud Walian atau dikenal dengan nama Ezra Walian. Ezra Walian merupakan pemain sepakbola yang saat ini bermain untuk tim muda klub sepakbola Ajax Amsterdam. Darah campuran pemain yang berposisi striker ini didapat dari sang ayah, Glenn Walian, yang berasal dari Manado, Indonesia, dan ibunda yang bernama Linda Bos yang merupakan warga asli negara Belanda.

Striker berusia 19 tahun yang lahir pada 22 Oktober 1997 namanya sempat menjadi bahan pembicaraan tanah air pada tahun 2015 karena diketahui dirinya merupakan pemain berdarah Indonesia yang dipercaya mengisi spot pemain inti tim junior klub Ajax Amsterdam yang merupakan salah satu klub raksasa di Belanda.

Torehan Ezra di Timnas Belanda U17 sebenarnya bisa dibilang mentereng. Ezra saat ini sudah mengoleksi 5 gol untuk Timnas Belanda U17. Kesemua gol tersebut ia borong saat Belanda melakoni laga melawan San Marino. Saat itu dirinya turun sebagai pemain pengganti pada menit ke-41. Keputusan memasukkan Ezra sangat tepat karena pada babak kedua, Ezra memperlihatkan naluri tajamnya sebagai striker dengan memborong 5 gol sekaligus pada menit ke-52, 64, 66, 68, dan menit ke-76. Tambahan 5 gol tersebut sukses membuat Timnas Belanda U17 memborong gol dengan skor telak 12-0. Wow!

Simak Juga :  Filipina Ingin Coba Tiru Program Tax Amnesty Indonesia

Pemain berusia 19 tahun ini memulai karir sepakbolanya pada usia 8 tahun. Ezra saat itu bergabung dengan klub kecil HFC Haarlem sebelum mengasah skill sepakbolanya di akademi AZ Alkmaar. Kecemerlangan karir Ezra mulai terlihat di AZ Alkmaar hingga membuat klub sekelas Ajax Amsterdam kepincut untuk mengontraknya.

Berita olahraga sepakbola terbaru menyebutkan jika Ezra Walian kembali menjadi buah bibir media tanah air karena pemain yang pernah masuk di akademi sepakbola klub AZ Alkmaar ini mengungkapkan jika dirinya ingin memperkuat Timnas Indonesia, negara asal sang ayah. Padahal diketahui Ezra saat ini membela timnas muda Belanda U17.

Meskipun tergolong sudah “nyaman” di Belanda, ternyata Ezra masih memendam hasrat untuk membela Timnas Indonesia. Kecintaan Ezra terhadap Indonesia tidak bisa hilang lantaran dirinya ternyata hampir setiap tahun mengunjungi tanah kelahiran ayahnya, Manado.

Mungkin mayoritas warga Indonesia akan setuju jika Ezra Walian jadi membela Timnas Indonesia. Karena ini berarti skuad garuda akan mendapat suntikan tambahan tenaga yang mumpuni karena tidak bisa dipungkiri Ezra merupakan striker yang sangat dipercaya untuk mengisi tim inti muda Ajax Amsterdam.