Mahasiswa Gelar Aksi 121 Demo Untuk Bela Rakyat

Mahasiswa Gelar Aksi 121 Demo Untuk Bela Rakyat

344
BERBAGI
Mahasiswa Gelar Aksi 121 Demo Untuk Bela Rakyat

KotakNews.com – Mahasiswa Gelar Aksi 121 Demo Untuk Bela Rakyat, Di Indonesia demo sepertinya sedang lagi ngetrend. Tiga bulan berturut-turut Indonesia sedang disibukkan dengan aksi demo. Dimulai pada bulan November 2016 lalu, demo 4 November yang mengecam dugaan penistaan agama oleh Ahok ini memicu aksi demo susulan pada bulan Desember 2016 atau yang lebih dikenal dengan nama Aksi 212. Melihat hasil dari kedua demo tersebut tergolong sukses, pada bulan Januari 2017 ini diberitakan jika aksi demo akan kembali terjadi.

Namun aksi demo kali ini bukan tentang masalah agama yang selalu menghiasi media elektronik maupun dunia cetak Indonesia. Aksi demo kali ini dilakukan oleh mahasiswa seluruh Indonesia. Aksi demo yang mereka namai dengan Aksi Bela Rakyat 121 ini menuntut sejumlah kebijakan pemerintah yang terkesan memberatkan rakyat kecil. Yang pertama yaitu kebijakan menaikkan biaya pengurusan STNK dan BPKB. Kemudian kenaikan harga BBM pada tanggal 05 Januari 2017 kemarin.

Pada aksi 121 ini mahasiswa menuntut pemerintah mencabut PP No.60 Tahun 2016 yang berisi kebijakan kenaikan tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Selain itu mahasiswa juga menuntut agar pemerintah mengembalikan subsidi untuk tarif dasar listrik (TDL) golongan 900 VA serta berharap agar kebutuhan subsidi BBM di seluruh Indonesia terpenuhi.

Aksi demo yang diprakarsai oleh mahasiswa Jabodetabek ini kabarnya akan dilakukan di 19 titik di seluruh Indonesia. Mahasiswa seluruh Indonesia ini merasa kebijakan pemerintah pimpinan Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), dinilai sangat merugikan masyarakat terutama masyarakat kelas menengah ke bawah.

Aksi demo 121 yang dimotori oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) kampus seluruh Indonesia menagih janji politik Jokowi pada kampanye pemilihan presiden (pilpres) tahun 2014 lalu. Setelah hampir tiga tahun masa kepemimpinan Jokowi, mahasiswa merasa pemerintah belum bisa mensejahterakan masyarakat dan bahkan dominasi asing semakin terlihat. Hal ini ditambah beberapa poin tuntutan seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Simak Juga :  Dituduh Melanggar Pasal 207 dan 160 KUHP, Ahmad Dhani Siap Melawan dan Melaporkan Balik Relawan Jokowi

Sebelum aksi 121, BEM se-Indonesia sebenarnya telah melakukan aksi demo kepada Presiden Jokowi pertengahan tahun 2016 lalu. Aksi demo yang dilakukan di kawasan Istana Negara ini juga mengkritik kinerja Jokowi yang dinilai belum maksimal dalam mengurangi mafia khususnya mafia kasus kebakaran hutan yang terjadi pada awal 2016.

Aksi 121 Bela Rakyat ini akan digelar hampir di seluruh pulau dan provinsi yang ada di Indonesia seperti di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Papua.

Kita berharap aksi demo 121 kali ini berjalan tertib dan tidak anarkis seperti yang terjadi pada aksi 212 Desember 2016 lalu dimana aksi 212 berjalan tertib, aman, dan tetap menjaga kebersihan. Karena para emak-emak dan para orang tua saja tidak ada yang protes dengan kenaikan-kenaikan harga yang terjadi hampir di seluruh Indonesia. Masa si anak yang uang kuliah aja masih minta ke orang tua udah pada protes? #ups