Manfaat Ciplukan Bagi Penderita Diabetes

Manfaat Ciplukan Bagi Penderita Diabetes

289
BERBAGI
Manfaat Ciplukan Bagi Penderita Diabetes

KotakNews.com –  Manfaat Ciplukan Bagi Penderita Diabetes , Ciplukan atau Cecendet adalah tanaman yang tidak asing lagi bagi anak yang tumbuh di era 90-an. Apalagi di daerah pedesaan buah ini bisa di temukan di kebun dan di area persawahan yang bisa didapatkan secara cuma-cuma alias gratis.

Semua bagian tanaman ciplukan yaitu daun, buah, batang dan juga akar memiliki khasiat yang luar biasa untuk pengobatan. Jika di pedesaan tanaman ini dapat kita peroleh secara mudah dan tinggal memetiknya bahkan jika diperjualbelikan kemungkinan tidak akan ada yang membelinya. Namun di kota, tanaman ini pastinya sulit untuk ditemukan.

Seperti yang dilansir dari Brilio.net, ternyata harga tanaman ciplukan ini mencapai 500rb per kg di supermarket. Karena di perkotaan, tanaman ciplukan ini seringkali dicari karena khasiatnya. Mulai dari buahnya, daunnya, batangnya atau bahkan akarnya.

Ciplukan atau yang dalam bahasa latin dikenal dengan nama Physialis Angulata dan nama asingnya adalah Morel berry (Inggris) Sedangkan di Indonesia nama Ciplukan yang dikenal berbeda di beberapa wilayah, antara lain yaitu di Sumatera ciplukan disebut: daun boda, daun kapo-kapo, daun Lato-lato; daun latuik-latuik (Minangkabau). Kemudian jika di Jawa ciplukan dinamakan: cecendet, cecendet kunir, cecenet (Sunda) ceplukan, cecendet sapi, cecendet cina (Jawa), yor-yoran (Madura), keceplokan (Kangean), kemudian jika di Nusa Tenggara ciplukan : angket, keceplokan, (Bali), dedes (Sasak); ciplukan Sulawesi: Ieletokan (Minahasa). Nah jika di Maluku dikenal dengan lopunorat (Tanimbar & Seram), dagameme (Ternate)

Tumbuhan ini umumnya dapat berusia hingga satu tahun. Buah ceplukan mengandung asam sitrun juga fislain. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C, asam palmitat, alkaloid, chlorogenic acid, polifenol dan lain sebagainya yang terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Secara garis besar tanaman ciplukan ini memiliki peran sebagai tanaman yang memiliki fungsi antibakteri, anti aflamasi, analgesik, imunosupresan, antioksidan, sitotoksik, meredakan batuk, antivirus, menetralkan racun dan anti hiperglikemi.

Simak Juga :  Film Hangout Masih Beredar, Raditya Dika Syuting Film Baru Lagi Berjudul "The Guys"

Dengan kandungannya yang tidak main – main itu, tidak heran jika ciplukan ini cukup berkhasiat sebagai tanaman obat diabetes atau Kencing Manis.

Berikut ini adalah cara membuat ramuan ciplukan sebagai obat Diabetes:

  • Menyiapkan tumbukan ciplukan yang telah berbuah. Cabut hingga akar – akarnya
  • Bersihkan tumbuhan cecendet hingga bersih
  • Tunggu ciplukan hingga layu lalu rebus menggunakan 3 gelas air sampai mendidih dan airnya bersisa 1 gelas saja. Ada juga yang menyebutkan bahwa sebelum direbus ceplukan harus dikeringkan terlebih dahulu.
  • Saring airnya lalu minum sehari 1 kali. Ada juga yang menyebutkan bahwa boleh juga diminum 3x Sehari

Yang perlu dicatat adalah ketika anda membuat ramuan ciplukan ini jangan dibiarkan hingga sehari semalam, karena jika anda mengkonsumsinya telah melawati satu hari satu malam maka kandungan yang ada didalam ramuan ciplukan tersebut rusak dan tidak memiliki khasiat.

Selamat mencoba.