Mangkuk Ru-ware China ini Dilelang Seharga 38 juta Dolar

Mangkuk Ru-ware China ini Dilelang Seharga 38 juta Dolar

65
BERBAGI
Mangkuk Ru-ware China ini Dilelang Seharga 38 juta Dolar (Foto: BBC.com)

KotakNews.com – Mangkuk Ru-ware China ini Dilelang Seharga 38 juta Dolar, Mangkuk berusia 1.000 tahun dari Dinasti Song China telah terjual di pelelangan di Hong Kong seharga hampir 38 juta dolar AS. Hal ini menjadi rekor tertinggi untuk sebuah mangkuk porselen Cina.

Sotheby’s, rumah pelelangan tersebut, mengatakan bahwa mangkuk Ru-ware langka itu terjual setelah 20 menit melakukan penawaran tegang dengan beberapa penawar di telepon, dan seseorang di tempat itu. Penawaran dimulai sekitar $ 10.2 juta, dan tawaran dimenangkan oleh penawar melalui telepon.

Kemenangannya ini disambut dengan tepuk tangan meriah oleh orang-orang yang berada di rumah itu. Mangkuk kecil berukuran 13cm (5 inci) itu dilapisi warna biru-hijau.

Kepala Seni China Sotheby, Nicolas Chow, menyebut piring itu sangat langka. “Kami tidak mengharapkan harga itu tapi kami tahu akan ada perkelahian,” katanya. Setiap kali ada sepotong Ru-ware, yang merupakan kejadian yang sangat tidak biasa, selalu ada perdebatan. Karena itu merupakan barang-barang yang paling terkenal dari semua barang dalam sejarah keramik China dan yang paling banyak dibicarakan oleh orang – orang.

“Paling ditempa juga – maksud saya, saya menerima hampir setiap hari email mengatakan: ‘Oh, aku punya sepotong Ru-ware, dll’ Tapi sebenarnya hanya ada empat barang pusaka Ru-ware yang ada di tangan swasta. “imbuh Chow.

Penjualan mangkuk itu mengalahkan rekor sebelumnya yaitu $ 36m yang ditetapkan pada tahun 2014 yaitu sebuah cangkir anggur dari Dinasti Ming, yang dibeli oleh pemodal Liu Yiqian. Liu dulu merupakan seorang sopir taksi yang merupakan salah satu orang terkaya di China dan kolektor seni paling terkenal.

Simak Juga :  Marquez Taklukkan Sirkuit Aragon di Spanyol