Masjid 99 Kubah Hasil Karya Ridwan Kamil Mulai Dibangun

Masjid 99 Kubah Hasil Karya Ridwan Kamil Mulai Dibangun

619
BERBAGI
Desain Masjid 99 Kubah

KotakNews.com – Masjid 99 Kubah Hasil Karya Ridwan Kamil Mulai Dibangun, Sulawesi Selatan akan terkenal dengan icon terbarunya yaitu Masjid dengan  99 Kubah yang akan dibangun tepat di kawasan strategis Centre Point of Indonesia (CPI) pada bagian barat Kota Makassar. Masjid ini ternyata didesain oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

Kadis Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) Sulsel, Andi Bakti Haruni mengatakan pada kapasitas rancangan masjid tersebut dapat menampung hingga 3.500 jemaah. “Masjid yang akan dibuat belum ada samanya. Unik, tetapi tetap menonjolkan bentuk kubah dalam desainnya,” kata Bakti, Minggu (31/7/2016) yang lalu.

Desain masjid yang akan dibangun ini sangat unik. Bentuk dasar masjid membentuk 9 sisi polygon dengan teras 9 lapis pula. Sementara kubah  masjid berjumlah 99 yang berarti 99 Asmahul Husna.Lantai salat masjid sendiri akan dibuat seluas 3.820 meter persegi dengan total luas masjid ini mencapai 14.820 meter persegi.

Sekretaris Provinsi Sulsel, Abdul Latif menjelaskan bahwa anggaran  yang dibutuhkan masjid ini mencapai Rp200 miliar. Pemprov Sulsel menyiapkan anggaran awal sebesar Rp20 miliar dari APBD 2016. “Tim itu nanti yang akan bertugas untuk menghimpun dana hingga masjid rampung. Kalau semua lancar, tahun 2017 sudah bisa dinikmati masyarakat,” ujar mantan Kadis Bina Marga Sulsel tersebut.

Ridwan Kamil membuat desain masjid tersebut atas permintaan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo. “Pak Gubernur tidak mau setengah-setengah. Makanya, beliau minta langsung Ridwan Kamil yang mendesainnya,” terang Bakti.  “Masjid ini akan menjadi destinasi keagamaan baru, sekaligus bisa menjadi bangunan rekreasi atas kemegahannya,” imbuhnya. Bangunan masjid pun akan dibuat hemat energi. Pencahayaan dan angin akan dimaksimalkan langsung dari alam. Selain itu, sekitaran masjid akan dijadikan  kawasan hijau untuk dinikmati masayarakat.

Simak Juga :  Wow! Ridwan Kamil Ajak Istri Ke Puncak Gunung Untuk Merayakan 20 Tahun Usia Pernikahan

Pada Kamis (1/6/2017) hari ini, pembangunan masjid  99 kubah itu dimulai dengan memasang pemancang. Pemancangan pertama ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo beserta muspida Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar.

“Pada tahap awal, pembangunan masjid 99 kubah mendapat anggaran Rp 60 miliar pada APBD 2017. Pemprov Sulsel juga menganggarkan Rp 30 miliar untuk penyelesaian Wisma Negara di kawasan CPI yang tak jauh dengan masjid 99 kubah,” ungkap Andi Darmawan Bintang Kepala Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang (DSDA-CKTR) Provinsi Sulsel.