Mbah Gotho, Manusia Tertua di Dunia Asal Indonesia

Mbah Gotho, Manusia Tertua di Dunia Asal Indonesia

392
BERBAGI
mbah gotho, manusia tertua, manusia tertua asal indonesia, rekor manusia tertua

KotakNews.com – Mbah Gotho, Manusia Tertua di Dunia Asal Indonesia, Banyak yang tidak menyangka jika manusia tertua di dunia ada di Indonesia. Guinness World Record mencatat manusia tertua di dunia berumur 120 tahun, tetapi faktanya ada manusia yang lebih tua dari yang tercatat di Guinness World Record!.

Nama asli beliau adalah Sodimejo atau lebih akrab di sapa dengan nama Mbah Gotho. Menurut Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dimiliki Mbah Gotho, beliau lahir di Sragen, Jawa Tengah pada 31 Desember 1870. Jika di kalkulasi tahun 1870 sampai sekarang, Mbah Gotho telah berusia 145 tahun.

Dengan umur setua ini, Mbah Gotho telah mengalahkan rekor manusia tertua yang di pegang oleh perempuan asal Perancis yang berusia 122 tahun. Saat ini beliau tinggal di rumah sederhana di daerah Dukuh Segeran, Desa Cemeng, Kecamatan Sambungmacan, Sragen. Mbah Gotho hidup bersama cucu nya.

Mbah Gotho bercerita, saat beliau masih muda pernah menyaksikan peresmian Pabrik Gula Gondang, menurut sejarah Pabrik Gula Gondang di resmikan pada tahun 1880. ‘ Saya ingat saat itu saya sudah ikut datang menonton peresmian Pabrik Gula Gondang. Saat itu saya sudah besar dan bisa membantu bapak membajak sawah, umur 10 tahun saya sudah di ajari membajak,” ucapnya lancar. Beliau adalah saksi sejarah yang masih hidup dalam peresmian Pabrik Gula Gondang.

Meskipun tercatat sebagai manusia tertua, Mbah Gotho merasa tidak nyaman dengan umurnya. Harapan Mbah Gotho saat ini hanyalah ingin segera meninggal dengan tenang.”semua cucu saya sudah mandiri, saya juga sudah mengalami asam dan manisnya hidup sehingga tidak masalah jika di panggil oleh sang Ilahi,” ucap Mbah Gotho.

Simak Juga :  Berikut Uber Persiapkan Buka-bukaan Data Terkait Perencanaan Kota

Menurut Suryanto, cucu Mbah Gotho, sang kakek sudah mempersiapkan kematiannya sejak berusia 122 tahun, pihak keluarga juga telah menyiapkan makam untuk Mbah Gotho di dekat sang anak, namun takdir berkata lain sehingga beliau hanya pasrah jika sewaktu – waktu di panggil oleh yang maha kuasa.

Kisah tentang manusia tertua ini pun menyedot perhatian awak media asing. Sehingga banyak yang berdatangan untuk memastikan keadaan Mbah Gotho. Bisa saja sewaktu – waktu Mbah Gotho di nobatkan sebagai manusia tertua di dunia.