Mengejutkan, Perusahaan Sebesar Google Belum Bayar Pajaknya di Indonesia

Mengejutkan, Perusahaan Sebesar Google Belum Bayar Pajaknya di Indonesia

302
BERBAGI
Google

KotakNews.com – Mengejutkan, Perusahaan Sebesar Google Belum Bayar Pajaknya di Indonesia, Google Asia Pasific Pte Ltd perusahaan raksasa teknologi asal Amerika Serikat ini dikabarkan belum membayar pajaknya di Indonesia. Padahal perusahaan ini memiliki omset pendapatan yang sangat besar setiap tahunnya. Hampir seluruh penduduk dunia selalu menggunakan akses dari Google dalam melakukan segala aktivitasnya, apalagi para masyarakat di Indonesia.

Kabar tentang pajak Google yang belum terbayarkan ini mulai mencuat kembali dalam setahun ini. Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan pernyataan mengejutkan bahwa Google sepakat memenuhi kewajiban pajaknya pada awal pekan ini. Sudah ada kesepakatan dengan Google mengenai pembayaran pajak yang akan dilakukan. Perusahaan itu pun juga sudah siap mengikuti aturan pajak yang berlaku, termasuk melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak badan atau perusahaan yang beroperasi di Indonesia.

Namun sayangnya, pemerintah Indonesia masih belum bisa menjelaskan berapa pajak yang harus dibayarkan oleh Google. Selain itu, saat ini hal masih belum ada aturan yang jelas di Undang-undang perpajakan RI yang bisa mengatur tentang pajak Google. Apalagi dalam beroperasi di Indonesia status hukum Google bukanlah sebagai Badan Usaha Tetap (BUT). Sehingga tidak ada basis pajak yang bisa dikenakan untuk menarik pajak dari Google.

Mulyani sendiri mengungkapkan bahwa masalah berapa besarnya pajak yang harus dibayarkan Google pada pemerintah merupakan hal yang bersifat rahasia. Setiap individu maupun organisasi yang akan membayar pajak, pemerintah tidak punya hak untuk mengunkapkan besaran dari pajak yang mereka bayarkan. “Ini sesuatu yang sifatnya rahasia satu orang membayar berapa. Jadi kami tidak melakukan berapa, satu perusahaan, atau WP bayar berapa,” ujar Mulyani.

 

Simak Juga :  Apa ya Akibatnya Jika Kita Sekantor Dengan Pasangan?
BERBAGI
A kind girl who likes working hard.