Peningkatan Penjualan App Store, Apple Berani Bayar Pengembang US$ 20 Miliar!

Peningkatan Penjualan App Store, Apple Berani Bayar Pengembang US$ 20 Miliar!

286
BERBAGI
Peningkatan Penjualan App Store, Apple Berani Bayar Pengembang US$ 20 Miliar!

KotakNews.comPeningkatan Penjualan App Store, Apple Berani Bayar Pengembang US$ 20 Miliar!. Apple mengalami kenaikan 40% dari tahun sebelumnya. Para pengembang yang menjual aplikasi buatan mereka sendiri melalui Apple memperoleh pembayaran sebesar US$ 20 miliar pada tahun 2016 lalu.

Dalam App Store terdapat banyak game yang disukai oleh para gamer. Game tersebut yang telah membantu melonjaknya penjualan di App Store. Oleh Karena itu, keinginan para gamer ntuk meng-upgrade karakter mereka di game tersebut terus meningkat. Hal itu terjadi karena para gamer ingin melaju terus ke level berikutnya.

Tak dapat dipungkiri bahwa produk terlaris dalam App Store adalah Game, termasuk game yang sempat booming tahun lalu Pokemon Go dan Super Mario Run buatan Nintendo.

Jan Dawson selaku kepala analis di Jackdaw mengatakan bahwa pembelian yang dapat dilakukan dalam aplikasi sangat membantu dalam peningkatan penjualan di App Store. Hal tersebut seperti ketika ingin meng-upgrade karakter kita harus membayar terlebih dahulu

Jika dihitung sejak tahun 2008, para pengembang App Store telah mendapatkan penghasilan sebesar US$60 miliar.

Dawson mengatakan bahwa peningkatan yang dialami oleh Apple dapat dikaitkan dengan model bisnis yang telah dirancang sedemikian rupa dengan terus mengembangkan model bisnis tersebut. Hal tersebut dapat kita lihat dimana orang kini dapat mendownload aplikasi atau game tersebut secara gratis, namun ketika ingin membuka fitur lainnya harus membayar terlebih dahulu.

Pada tahun 2016, Apple telah mengubah kesepakatan yang telah dilakukan dengan Netflix atau HBO now. Isi keespakatan tersebut adalah adanya pembagian pendapatan dengan pengembang tersebut.

Pada awalnya, perjanjian menyebutkan pengembang akan mendapatkan 70 persen dari pendapatan sementara Apple hanya memperoleh 30 persen saja. Hal itu berubah menjadi Apple hanya mendapatkan potongan 15 persen lebih kecil dari sebelumnya sementara pengembang akan mendapatkan bagian yang lebih besar. Hal ini dimaksudkan agar pengembang mampu bekerja maksimal untuk mempertahankan minat pelanggan.

Simak Juga :  Game Pokemon GO Versi Terbaru Sudah Tersedia dan Bisa di Download di Play Store dan App Store (Versi 0.41.4 & 1.11.2)

Tahun 2016 yang lalu, pendapatan dari lektor layanan berlangganan meningkat sebanyak 74 persen menjadi US$27 miliar. Sedangkan dari sektor aplikasi yang tersedia meningkat 20 persen menjadi 2,2 juta aplikasi.

Hanya sekedar prediksi, dawson mengatakan bahwa pendapatan dari layanan berlangganan Apple akan jauh berkembang pesat dan pendapatan dari hasil penjualan iPhone, iPad dan Mac akan tepat berkembang namun agak sedikit lambat.