Percaya atau Tidak, Inilah Bahayanya Kurang Tidur!

Percaya atau Tidak, Inilah Bahayanya Kurang Tidur!

655
BERBAGI
Percaya atau Tidak, Inilah Bahayanya Kurang Tidur!

KotakNews – Percaya atau Tidak, Inilah Bahayanya Kurang Tidur!, Pernahkah anda mendengar satu istilah “Tidur itu hanya untuk orang yang lemah” ? Ya, beberapa mungkin menganggap bahwa seseorang yang mengistirahatkan tubuh di sela-sela kegiatan dijuluki muka bantal atau juga tidak kuat melek. Dan mereka yang terjaga dianggap sebagai orang yang kuat. Tapi anda tahu tidak? Sebenarnya orang yang jam tidurnya kurang itu sama dengan membahayakan dirinya sendiri. Ingin tahu bahayanya kurang tidur? Yuk kita simak informasi selengkapnya!

 

Percaya atau tidak inilah beberapa akibat bahayanya orang yang kurang tidur

 

Daya Konsentrasi Menurun

 

Percaya atau Tidak, Inilah Bahayanya Kurang Tidur!Bagi anda yang doyan begadang karena alasan bermain game atau menonton film sampai larut malam, anda harus mulai mengurangi kegiatan diatas jam 12 malam nih. Karena faktanya tidur merupakan cara tubuh kita untuk menyegarkan memori pikiran. Sehingga jika kita kurang istirahat, otak akan kesulitan fokus pada memori jangka pendek saat kita sedang melakukan aktivitas tertentu. Contoh nyatanya banyak sekali kecelakaan lalu lintas akibat pengemudi yang sulit berkonsentrasi karena kurangnya waktu tidur standar yang ia butuhkan. Selain membahayakan diri sendiri, kurang tidur juga bisa membahayakan nyawa orang lain lho.

 

Jadi Mudah Lupa

Percaya atau Tidak, Inilah Bahayanya Kurang Tidur!Melupakan mantan (ehm..) itu sih oke-oke saja ya.Tapi kalau jadi lupa dengan hal penting seperti materi pelajaran, atau nama-nama klien tempat anda bekerja tentunya akan merugikan diri sendiri. Karena ketika kita tidur, otak tidak hanya istirahat dari perintah kegiatan fisik namun juga menguatkan memori jangka panjang. Nah proses itu akan meningkat disaat anda sedang tertidur. Jadi jika anda mulai merasa mudah lupa, sebaiknya segeralah atur jadwal kegiatan agar pola tidur tidak terganggu.

Simak Juga :  Waspadalah, Jika Gejala-gajala Ini Muncul Bisa Jadi Anda Terkena Maag

 

Depresi Bertambah

Percaya atau Tidak, Inilah Bahayanya Kurang Tidur!Ketika kita sedang dilanda banyak masalah, tentunya kita akan sulit untuk tidur. Jangankan tidur, sebelum memejamkan mata saja masalah kembali membebani pikiran. Biasanya orang yang sedang depresi cenderung mengalami insomnia atau sulit tidur. Tapi sebenarnya jika anda membiarkan insomnia berlanjut, anda akan semakin depresi seperti mudah bosan dan marah. Jika anda mengalami depresi yang bertambah, anda bisa mencoba minum segelas air putih sebelum berbaring di kasur, mendengarkan musik slow dengan volume kecil, atau bagi beberapa orang mendengarkan suara-suara tertentu dari ASMR (Autonomous Sensory Meridian Response) dapat membantu menenangkan pikiran.

 

Merusak Kulit

Percaya atau Tidak, Inilah Bahayanya Kurang Tidur!Percuma saja anda menggunakan kosmetik bermerek yang harganya selangit kalau pola tidur anda masih amburadul. Mengapa demikian? Karena ketika tidur, kulit akan beregenerasi memperbaiki sel-sel yang rusak setelah seharian beraktivitas. Nah jika anda kurang tidur tubuh kesulitan menghasilkan hormon pertumbuhan. Akibatnya kulit jadi kurang kenyal, lingkar hitam di bawah mata alias mata panda, dan warnanya menjadi pucat. Anda tidak mau kan terlihat buruk rupa hanya gara-gara marathon drama Korea semalaman?

 

Gairah Seks Berkurang

Percaya atau Tidak, Inilah Bahayanya Kurang Tidur!Bagi yang sudah berumah tangga, sering mendengar ‘keluhan’ dari pasangan anda? Mungkin kurang tidur penyebabnya. Kurangnya gairah seks ini bisa terjadi pada pria maupun wanita. Tubuh yang kurang istirahat, ditambah lagi dengan pekerjaan yang super melelahkan, membuat libido dan gairah anda melakukan hubungan intim pun menurun.

 

Menimbulkan Penyakit Serius

Percaya atau Tidak, Inilah Bahayanya Kurang Tidur!Begadang semalam karena deadline masih wajar, tapi kalau sudah jadi aktivitas rutin yang dilakukan terus-menerus bisa menyebabkan penyakit serius lho. Contohnya seperti diabetes, stroke, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi. Di umur berapapun anda sekarang, mulailah memperhatikan kesehatan tubuh, cukup dengan tidur teratur anda bisa lebih menikmati hidup.

Simak Juga :  Khasiat dan Manfaat Nanas Muda Bagi Kesehatan

 

Diabetes

Percaya atau Tidak, Inilah Bahayanya Kurang Tidur!Orang yang telah didiagnosis diabetes sangat tidak dianjurkan untuk begadang. Karena tingkat glukosa pada tubuhnya akan meningkat sebanyak sembilan persen saat waktu tidur yang kurang. Juga tingkat insulin dan resistensi insulinnya pun akan lebih tinggi dibandingkan dengan keadaan dimana pola tidurnya cukup.

 

Memperparah Kondisi Jantung

Percaya atau Tidak, Inilah Bahayanya Kurang Tidur!Penyakit ini memang terasa sangat mengerikan, karena jantung adalah organ vital yang menopang kehidupan manusia.  Tapi pernahkan anda sadari jika orang yang pola tidurnya jauh dari standar bisa memperparah kondisi jantung? Sebenarnya jam tidur yang proporsional bagi orang dewasa adalah minimal 6 sampai 8 jam. Di jam itu, jantung pada tubuh orang yang tertidur akan berdetak lebih lambat dari biasanya. Kemudian jika anda masih terjaga ketika larut malam, atau bahkan meminum bergelas-gelas kopi agar tetap melek, maka kerja jantung anda akan semakin meningkat. Padahal seharusnya organ-organ vital tersebut tidak semestinya terus bekerja keras. Intensitas debaran jantung yang bertambah secara terus menerus dapat berujung pada buruknya kondisi jantung anda.

 

Kegiatan yang alaminya dibutuhkan tubuh kadang kita anggap sepele. Tanpa kita sadari hal itu akan berimbas pada kinerja dalam hidup. Tapi semakin kita mengejar kesibukan, semakin sering pula kita mengabaikan tubuh yang hakikatnya diciptakan untuk dirawat dan dijaga. Oleh karena itu mulailah menjalani pola hidup sehat untuk masa depan yang lebih baik.