PLN Akan Bangun PLTU Besar Dengan Kapasitas 2.000 MW Di Banten

PLN Akan Bangun PLTU Besar Dengan Kapasitas 2.000 MW Di Banten

1804
BERBAGI

KotakNews.com Ancaman krisis listrik harus segera disikapi dan diatasi oleh pemerintah, jika tidak maka pertumbuhan ekonomi akan semakin melambat, investor juga akan berfikir dua kali untuk menanamkan investasinya di Indonesia.

Guna menjawab tantangan tersebut, PT. PLN (Persero) melalui anak usahanya PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) akan membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berkapasitas besar di Serang Banten. Pembangkit ini bakal dibangun dengan kapasitas sangat besar 2×1.000 MW. Hari ini, PT PJB melakukan audiensi dengan pemerintah Provinsi Banten. Dijadwalkan Plt Gubernur Banten Rano Karno akan menemui direksi dari PT PJB. Sebelumnya, tender untuk pembangunan PLTU ‘raksasa’ ini sudah dibuka sejak Desember 2014 lalu.

Pembangunan pembangkit ini dilakukan guna mengantisipasi pertumbuhan permintaan listrik di Jawa yang cukup tinggi, yakni sekitar 6,7% per tahun, dan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Saat ini beban puncak tertinggi di Jawa Bali yang pernah dicapai adalah 23.900 MW/hari.

Lahan untuk keperluan pembangunan pembangkit telah disediakan oleh PLN, ditargetkan pembangunan PLTU ini dapat dimulai pada semester I-2016 dan beroperasi pada 2020. ‎Pembangunan PLTU ini masuk ke dalam program pembangkit listrik 35.000 MW oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Lokasi proyek akan dibangun di Desa Terate, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Rencana pembangunan proyek ini sudah tercantum di dokumen Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2013-2022. (fap)

Simak Juga :  OC Kaligis Tepis Terlibat Dalam Penyuapan Hakim PTUN Yang Ditangkap KPK
BERBAGI
Seorang wiraswasta sekaligus juru ketik yang mencintai teknologi. Disarankan untuk mencari jodoh secepat mungkin.