PT. Pertamina (Persero) : Ambil Alih Bisnis Petral Telah Hemat Rp. 286...

PT. Pertamina (Persero) : Ambil Alih Bisnis Petral Telah Hemat Rp. 286 Miliar

3920
BERBAGI

KotakNews.com Sejak awal tahun ini, PT Pertamina (Persero) telah mengambil alih peran bisnis PT Pertamina Energy Trading Ltd (Petral) yakni impor Bahan Bakar Minyak (BBM) dan minyak mentah.

Pasca mengambil alih peran Petral sejak awal tahun, Pertamina mengklaim sudah berhasil menghemat aktivitas pembelian BBM impor hingga US$ 22 juta atau sekitar Rp. 286 miliar. Dwi menerangkan, proses likuidasi Petral sudah berjalan sejak hari ini. Seluruh aktivitas bisnis Petral diambil oleh Integrated Supply Chain (ISC) Pertamina.

Direksi PT Pertamina ternyata tidak hanya membubarkan Pertamina Energy Trading Limited (Petral), tapi juga dua anak usaha Petral yang berdomisili di Hong Kong dan Singapura yakni, Pertamina Energy Services Pte Limited, yang sebelumnya Petra Oil Services Pte Ltd (PES), berdiri di Singapura 1992 dengan bisnis perdagangan minyak mentah.

Anak perusahaan kedua yakni, Zambesi Investments Limited (ZIL), yang didirikan di Hong Kong tahun 1979. ZIL mengurus bisnis investasi dan mengembangkan bisnis non minyak Petral. Direktur keuangan Pertamina Arif Budiman menambahkan, untuk total aset Petral dan anak usaha sampai saat ini mencapai US$ 2 miliar. Angka tersebut mayoritas didominasi aktivitas transaksi. (fap)

Simak Juga :  Pertamina Akan Bubarkan Petral Yang Banyak Dituding Menjadi Sarang Mafia Minyak