Rencana Kunjungan Raja Swedia ke Indonesia

Rencana Kunjungan Raja Swedia ke Indonesia

486
BERBAGI
Rencana Kunjungan Raja Swedia ke Indonesia
KotakNews.com – Rencana Kunjungan Raja Swedia ke Indonesia, Pada tanggal 22 – 24 Mei mendatang, Raja Swedia Carl XVI Gustaf bersama Ratu Silvia direncanakan akan berkunjung ke Indonesia. Kedatangan raja Swedia tersebut berkaitan dengan kerjasama bilateral antara Indonesia dan Swedia guna memperluas peluang kerjasama ekonomi dan kebudayaan antar kedua negara berdasarkan keterangan resmi dari kantor Kepemerintahan Swedia. “Raja Carl XVI Gustaf akan berkunjung ke Indonesia sebagai respons dari undangan dari Presiden Joko Widodo,” bunyi pernyataan resmi di situs pemerintah Swedia yang diunggah Senin (20/3/2017).
Menurut Direktur Eropa II Kementerian Luar Negeri RI Tyas Baskoro Her Witjaksono Adji, kunjungan Raja Carl Gustaf bersama Sang Ratu ke Indonesia nanti terfokus pada penguatan investasi, perdagangan, kerjasama bidang energi baru dan terbarukan, serta riset teknologi antar kedua negara. Selain itu, kunjungan tersebut juga akan membawa delegasi bisnis yang terdiri dari 60 pengusaha dari 35 perusahaan di Swedia, saat beliau berada di Gedung Kemlu, Jakarta, Kamis (18/5/2017) seperti yang dikutip dari cnnindonesia.com. Menurut Witjaksono, selama 67 tahun hubungan bilateral Jakarta dan Stockholm terjalin, kerjasama ekonomi dan investasi kedua negara terus menguat. Hingga kini, tercatat investasi Swedia yang masuk ke Indonesia telah mencapai US$78 miliar. “Selain kesepakatan government to government, kunjungan Raja Swedia nanti juga bisa membuahkan kesepakatan ekonomi bisnis antara agency to agency,” ucap Witjaksono.

Selain Jakarta dan Bogor, Raja Swedia juga direncanakan akan berkunjung ke Center for International Forestry Research atau CIFOR di Bogor. Karena kehutanan, keanekaragaman hayati, dan terumbu karang memiliki perhatian tersendiri bagi Raja Swedia. Beliau juga akan berkunjung ke Bandung untuk makan siang bersama Wali Kota Ridwan Kamil. “Raja Swedia berkunjung ke Indonesia pada 22-25 Mei mendatang. Selain mengadakan pertemuan bilateral di Istana Bogor, Raja Swedia juga akan ke Bandung dan makan siang dengan Wali Kota Ridwan Kamil,” tutur Witjaksono. Di Bandung, Raja Swedia akan mengunjungi Institut Teknologi Bandung (ITB), salah satu kampus terbaik dalam bidang teknologi di Indonesia.

Simak Juga :  Harapan Pada Presiden Terpilih Joko Widodo

Senada dengan Witjaksono, Duta Besar RI untuk Swedia Bagas Hapsoro, juga mengatakan Swedia—sebagai pusat inovasi teknologi dunia—melihat Bandung sebagai salah satu kota yang telah menerapkan kota pintar dengan baik di Indonesia. Bagas juga mengatakan, Raja Swedia menganggap Wali Kota Ridwan Kamil sebagai salah satu inovator yang cukup berpengaruh di Indonesia. “Bandung itu dinilai Swedia sebagai salah satu smart city di Indonesia yang tata kotanya cukup terintegrasi mulai dari masalah transportasi, energi, dan pengelolaan limbah. Raja Swedia tertarik membicarakan soal penerapan sistem pengelolaan limbah yang bisa menghasilkan sumber energi di Indonesia,” katanya.