Respon Masyarakat Setelah Ahok Menyatakan Permintaan Maafnya

Respon Masyarakat Setelah Ahok Menyatakan Permintaan Maafnya

Bagaimana Tanggapan dan Respon Masyarakat Setelah Ahok Menyatakan Permintaan Maafnya?

140
BERBAGI
Basuki Tjahaja Purnama Ahok Minta Maaf kepada Masyarakat
Basuki Tjahaja Purnama

KotakNews.com – Kontroversi dan Respon Masyarakat Atas Permintaan Maaf Ahok, Selama ini Ahok memang dikenal tegas dan keras ketika memimpin Jakarta. Watak yang seperti ini menjadi kontroversi dan jadi bahan perbincangan orang banyak khususnya warga Jakarta dan tentunya lawan politiknya. Tidak hanya itu, selain memiliki watak dan perilaku yang tidak disukai banyak orang, Ahok juga merupakan orang yang cuek dan tidak pernah pusing akan penampilan, cukup dengan pakaian dan sepatu sederhana.

Namun akhir-akhir ini Ahok menjadi buah bibir yang cukup menggemparkan. Pasalnya, pria yang memiliki nama lengkap Basuki Tjahaja Purnama ini sedang dalam posisi mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta periode yang akan datang.

Basuki Tjahaja Purnama atau kerap kali disapa Ahok oleh masyarakat ini membuat geger seantero tanah air ketika videonya saat berada di Kepulauan Seribu pada Selasa (27/09/2016) lalu menjadi viral di media sosial. Ahok membuat sebuah pidato mengejutkan dengan menyatakan bahwa kebanyakan warga dibohongi oleh tafsiran Ayat 51 Surat Al Maidah. Terlihat warga yang datang mendengarkan seperti biasa saja. Namun ketika video ini diunggah ke media sosial dan menjadi viral, banyak masyarakat yang resah akan komentar pejabat yang saat ini masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Sekarang ini telah beredar video permintaan maaf Ahok terkait pernyataannya itu. Ahok menyatakan permintaan maafnya secara spontan dan tidak ada persiapan sama sekali sehingga jauh dari suasana formal. Beliau mengucapkan permintaan maaf tersebut melalui wawancara wartawan yang setiap hari menunggunya di pintu kantor.

“Saya sampaikan kepada semua umat Islam atau yang merasa tersinggung, saya sampaikan mohon maaf,” kata Ahok ketika berada di Balai Kota DKI, Senin (10/10/2016).

Simak Juga :  Demi Rezeki yang Halal, Mantan Wakil Menteri Ini Bekerja Full Time Sebagai Sopir di Melbourne

Tak hanya itu, pria berzodiak Cancer ini juga menambahkan pernyataan yang ditujukan kepada semua pihak untuk tidak meneruskan masalah ini karena hal itu bila dilanjutkan akan mengganggu ketentraman masyarakat dimasa iklim politik yang sedang berjalan menuju Pilkada DKI 2017. Dan Beliau berjanji tidak akan membahas atau mengungkit masalah agama dalam setiap waktu, kapanpun, dan dimana pun.

Namun permintaan Ahok ini dinilai terlambat. Ini dikarenakan sudah banyak pihak yang melaporkan tindakan Ahok ini. Banyak yang melaporkannya di pihak yang berwajib terkait dugaan tindak pidana penistaan agama sebagaimana dimaksud Pasal 156 A KUHP Juncto Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Selain itu, Ahok juga dinilai melanggar Pasal 15 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Inspektur Jenderal Pol. Boy Rafli Amar, menyatakan bahwa meskipun permintaan maaf bisa meredam keresahan di masyarakat dalam konteks isu agama, namun proses hukum terhadap beragam laporan masyarakat itu memiliki kondisi berbeda. Sebab Polri memiliki tugas untuk menindaklanjuti setiap dugaan pelanggaran hukum yang dilaporkan masyarakat.

Lalu bagaimana respon masyarakat setelah Ahok menyatakan permintaan maaf tersebut?

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Syuro Dewan Pimpinan Daerah Front Pembela Islam (FPI) Jakarta, Habib Novel Bamukmin, mengemukakan tak akan menarik laporan mereka atas terhadap pernyataan Gubernur DKI Jakarta. Mantan Wakil Menteri Agama RI, Nasaruddin, menilai kalimat itu dalam keseluruhan konteks jauh dari menghina ayat Al Qur’an. Namun, mengundang interpretasi lain.

“Saya mengimbau ada kearifan bagi orang yang keliru mendalami ayat, apalagi mereka yang tidak memahami (Al Qur’an),” ujarnya.

Simak Juga :  Stefano Lilipaly Siap Menghadapi Thailand dan Skor Sementara Indonesia Vs Thailand

Nasaruddin pun mengajak umat Islam bijak dalam merespons ujaran Ahok ini, dan tidak termakan isu maupun ajakan untuk melakukan aksi main hakim sendiri terhadap Ahok, dan menyerahkan kasusnya ke aparat penegak hukum.