Sambut Hari Tanpa Bayangan di Tugu Khatulistiwa

Sambut Hari Tanpa Bayangan di Tugu Khatulistiwa

447
BERBAGI
Sambut Hari Tanpa Bayangan di Tugu Khatulistiwa
Para Warga Berbondong-bondong Mengabadikan Fenomena ini

Kotaknews.com-Sambut Hari Tanpa Bayangan di Tugu Khatulistiwa. Tugu Khatulistiwa yang berada di Kalimantan Barat telah menjadi tempat unik yang dimana terjadi fenomena hari tanpa bayangan. Fenomena ini terjadi tepat pada pukul 11.05 WIB, banyak warga berbondong-bondong mendatangi Tugu Khatulistiwa tersebut.

Fenomena Hari Tanpa Bayangan ini disebut juga sebagai kulminasi matahari. Oleh karena itu, acara ini digelar dari tanggal 21 Maret hingga 23 Maret 2017. Meskipun cuaca disana sangat panas dan menyengat kulit, para warga tetap berdatngan ke Tugu Khatulistiwa tersebut dan menaruh benda tepat di atas keramik tugu tersebut.

Titik kulminasi matahari ini terjadi setiap tahunnya pada bulan Maret dan September. Fenomena ini hanya berlangsung 5 hingga 10 menit saja.

Melihat kesempatan emas ini, Syarif Saleh selaku Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Pontianak memanfaatkannya untuk memperkenalkan Kota Pontianak kepada seluruh warga yang berada di sekitarnya.

Dalam menyambut fenomena ini tidak ada perayaan khusus yang digelar. Namun, dalam hal ini para seniman, komunitas dan penjual makanan khas juga turut hadir untuk meramaikan suasana. Dan juga tidak sedikit warga yang datang mengeluarkan alat canggih mereka untuk mengabadikan momen langka ini.

Pemerintah Kota Pontianak juga berharap kegiatan ini terus berlanjut karena kulminasi matahari pada bulan Maret 2017 merupakan titik awal kebangkitan ekonomi kreatif di Kota Pontianak.

Dari awal digelarnya acara fenomena ini, jumlah para pengunjung terus meningkat. Dan pada bulan ini meningkat 10 persen.

Ternyata dalam menyambut hari tanpa bayangan ini juga diselenggarakan lomba swafoto yang bertemakan keramaian hari tanpa bayangan. Lomba ini sangat gampang, yaitu dengan cara setiap warga yang ingin berpartisipasi harus mengunggah foto tersebut ke media sosial masing-masing.

Simak Juga :  Wow !!! Saat Putus dari Kekasihnya, Artis Korea ini Diberi Hadiah Milyaran Rupiah

Hal ini dilakukan pemerintah Kota Pontianak agar para pelaku ekonomi lebih kreatif dalam membangun Kota pontianak dan mampu bersaing dengan daerah atau kota lainnya.